Menggiurkan! Ini Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

3 min. membaca Oleh CekAja on

Dalam kurang dari 24 jam, seluruh umat muslim akan memasuki bulan suci. Hanya saja, Ramadan tahun ini akan terasa berbeda. Sebab, pandemi corona masih menyelimuti dan membuat khawatir banyak orang di dunia. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pun diperpanjang hingga 22 Mei 2020, dimana berarti semua kegiatan ibadah akan berlangsung di rumah saja hingga lebaran.

4 Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

Wabah ini bahkan berdampak serius terhadap penghasilan banyak orang. Jumlah pengangguran di Indonesia misalnya, semakin bertambah akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) yang merundung banyak perusahaan. Begitu juga sektor informal. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memukul banyak bidang usaha baik usaha kecil, menengah, hingga besar.

Buat kamu yang ingin tetap mendapat penghasilan selama Ramadan, ada banyak ide dan cara usaha untuk meraup pundi-pundi rupiah. Selama  corona ini tentu banyak orang lebih memilih untuk tetap berdiam di rumah. Nah, inilah saatnya kamu memutar otak untuk memulai bisnis pesan antar. Yuk, intip 5 ide usaha yang menggiurkan ini selama bulan puasa!

1. Takjil

Takjil - Menggiurkan Ini Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

Ide berjualan menu takjil sudah pasti digeluti banyak orang. Biasanya setiap menjelang waktu berbuka, orang-orang akan keluar rumah dan berburu makanan pencuci mulut ini di jalanan atau ke tempat makan. Namun, situasi dan kondisi saat ini berbeda karena mengharuskan orang untuk tetap berada di rumah.

Manfaatkan peluang tersebut untuk memulai bisnis pesan antar takjil langsung ke pelanggan. Beberapa menu takjil yang bisa kamu bikin antara lain gorengan, aneka kolak, sop dan es buah, hingga buah-buahan. Kamu juga bisa menerima pesanan sesuai request dari pelanggan.

2. Menu sahur dan buka puasa

Menu sahur dan buka puasa - Menggiurkan Ini Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

Hampir sama dengan menu takjil, salah satu kuliner paling laku di bulan Ramadan adalah menu untuk sahur dan berbuka puasa. Di tengah pandemi dan aturan PSBB saat ini, semua orang tentu akan sulit untuk keluar rumah sehingga memesan lauk atau hidangan lain menjadi solusi terbaik.

Peluang bisnis pesan antar ini juga cukup besar buat kamu lakoni. Kamu bisa membuka usaha lauk untuk sahur dan berbuka, lalu menjualnya lewat aplikasi ojek online GoFood atau GrabFood. Selain itu, kamu juga bisa langsung antar  makanan tersebut ke rumah pelanggan terdekat seperti tetangga, saudara hingga kerabat-kerabat kamu.

(Baca Juga: Menu Takjil yang Mudah Dibuat untuk Berbuka Puasa)

3. Sayuran

Sayuran - Menggiurkan Ini Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

Ide bisnis pesan antar sayuran nampaknya juga cukup prospektif. Ini bisa dilakoni setiap orang selama Ramadhan di tengah pandemi corona. Pilihan orang memasak di rumah akan sangat tinggi. Bahkan, bukan tidak mungkin, ibu-ibu rumah tangga khususnya akan lebih banyak menyetok sayuran untuk beberapa hari.

Dalam situasi PSBB seperti saat ini, tentu agak sulit ke pasar sendiri ketika ingin membeli sayuran untuk dimasak sebagai lauk sahur dan berbuka. Nah, di sinilah kesempatanmu! Tawarkan bisnis pesan antar sayuran via media sosial atau  orang-orang yang berada di sekitar lingkunganmu. Lalu, pesanan tinggal diantar langsung ke rumah pembeli. 

4. Kebutuhan sembako

Kebutuhan sembako - Menggiurkan Ini Ide Bisnis Pesan Antar di Bulan Ramadan

Tingkat konsumsi sembako di kala Ramadan, bisa dipastikan juga akan semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan dapur seperti beras, telur, terigu, minyak goreng, dan masih banyak lagi. Bahkan peralatan mandi mulai dari sabun, pasta gigi, hingga sampo pun demikian.

Memang, biasanya orang-orang lebih puas belanja langsung ke pasar atau supermarket untuk memilih sembako. Tapi karena situasinya kini berbeda, maka orang-orang akan menahan diri untuk tidak pergi ke tempat kerumunan macam tempat belanja. Oleh sebab itu, mengapa tidak jika kebutuhan-kebutuhan pokok yang banyak diincar masyarakat ini kamu sediakan melalui layanan pesan antar. 

Eits, Tetap Perhatikan Aturannya Ya!

Kalau diperhatikan, ide bisnis pesan antar di atas memang cukup menggiurkan. Pelanggan cukup diam di rumah dan kita saja yang anterin barang pesanan mereka. Tapi, ingat ya kita sedang dalam pandemi corona. Semua yang berkaitan dengan peraturan dan imbauan harus diperhatikan dan dilaksanakan.

Menjalankan bisnis ini, berarti kamu akan banyak ketemu dan kontak dengan banyak orang. Agar tetap terhindar dari penularan Covid-19, lindungi selalu dirimu dengan menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun setiap kali melakukan transaksi dengan pelanggan. Jangan sampai kamu semangat berbisnis tapi kesehatan kamu justru tidak dijaga. Kuy! Jalankan ide bisnisnya, ikuti prosedur keselamatannya. 

Punya ide bisnis, segera realisasikan sebelum peluang diambil orang lain. Jangan khawatir urusan modal, ajukan fasilitas KTA Standard Chartered Bank saja melalui CekAja.com. Dana hingga puluhan juta rupiah siap membantu wujudkan impianmu untuk berbisnis!

(Baca Juga: 5 Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadan dan Perkiraan Modal Awalnya)

Tentang kami

CekAja

CekAja