Menghitung Berat Badan Ideal Serta Cara Efektif Menjaganya

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Hanya saja, banyak diantara kita yang salah mempersepsikan cara memiliki berat badan ideal.

Meskipun melakukan diet ketat ataupun berolah raga secara berlebihan memang dikenal ampuh dalam menjaga tubuh agar tetap langsing dan berbentuk, namun kedua cara tersebut secara tidak langsung juga dapat berdampak pada kesehatan lho.

Perlu diketahui bahwa tubuh yang ideal tidak hanya dilihat sebatas angka timbangan saja, tetapi juga harus diliat dari tinggi badan. Maka dari itu sebelum melakukan diet atau olah raga keras untuk bisa mendapatkan berat badan ideal, ada baiknya jika kamu melakukan perhitungan yang tepat. Sesuaikanlah tinggi badan dengan berat badan yang seharusnya. Perlu diingat bahwa kurus bukan berarti kamu sudah memiliki berat badan ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Jika kamu ingin mengetahui berat badan yang sesuai dengan tinggi badan yang kamu miliki, kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan beberapa rumus yang akan kita bahas kali ini.

1. Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah salah satu cara mudah dalam menghitung berat badan ideal yang didasari dengan tinggi badan dan berat badan yang kamu miliki. Untuk penghitungannya itu sendiri, berat badan harus dihitung dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter (m).

Sebagai contoh:

Berat badan = 70 kg

Tinggi badan = 160 cm (1,6 m)

Maka kalikan tinggi badan dalam kuadrat,

1,60 x 1,60 = 2,56

Kemudian bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan,

70 : 2,56 = 23,4

(Baca juga: Yuk Cek! Olahraga Apa yang Bisa Menurunkan Berat Badan?)

Jika dilihat berdasarkan standar WHO, maka kamu termasuk normal. Dilansir dari Joslin Diabeter Center, BMI untuk kawasan Asia yang baik sebagai berikut:

  WHO (BMI) Asia-Pasific (BMI)
Kurus <18.5 <18.5
Normal 18.5 – 24.9 18.5 – 22.9
Overweight 25 – 29.9 23 – 24.9
Obesitas >30 >25

Pada intinya, semakin lebih berat tubuh kamu maka akan semakin tinggi pula hasil penghitungan BMI dan tinggi untuk terserang obesitas.

2. Cara Menghitung Berat Badan Pakai Rumus Broca

Rumus Broca ditemukan oleh Dr. Pierre Paul Broca pada tahun 1871 dan dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada tahun 1970-an. Untuk cara penghitungan berat badan ideal menggunakan rumus Broca adalah sebagai berikut ini:

Wanita = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Contoh:

Tinggi badan = 155 cm

(155 – 100) – (15% x (155 – 100)) = 55 – 15 = 40

Maka, berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 155 cm adalah 40 kg

Pria = (tinggi badan – 100) – (10% x (tinggi badan – 100))

Contoh:

Tinggi badan = 180 cm

(180 – 100) – (10% x (180 – 100)) = 80 – 8 = 72

Maka, berat badan ideal pria dengan tinggi badan 180 cm adalah 72 kg

Namun, perlu diketahui bahwa menghitung berat badan ideal baik itu melalui cara BMI ataupun rumus Broca tidak selalu akurat karena sepenuhnya turut dipengaruhi oleh faktor usia, faktor berat tulang, serta proporsi tubuh.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal, maka kamu juga harus tahu pula mengenai cara menjaga berat badan yang baik dan benar agar tidak memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan.

1. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Mungkin banyak orang awam yang belum memiliki pengetahuan banyak mengenai diet dan menganggap bahwa melewatkan sarapan akan membantu dalam mendapatkan berat badan ideal. Padahal nyatanya, melewatkan sarapan justru akan memberikan sejumlah kerugian lho.

Melewatkan sarapan akan memperlambat metabolisme tubuh yang tentunya akan berdampak pula pada pencapaian kamu dalam menjaga berat badan ideal. Jadi, jangan pernah lupa untuk selalu sarapan sebelum mulai beraktivitas. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, dan gizi, seperti sayuran, putih telur, ataupun susu.

2. Selalu Mengutamakan Air Putih

Perlu diketahui bahwa air putih memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga berat badan ideal. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang juga akan turut menunjang proses metabolisme tubuh. Setiap harinya, kamu disarankan untuk setidaknya meminum 8 gelas air putih per hari

Selain itu, ada baiknya jika kamu juga membiasakan diri untuk meminum air putih setiap bangun pagi untuk membantu dalam detoksifikasi. Minum juga satu gelas air putih setiap sebelum makan siang untuk memberikan efek kenyang agar hal tersebut juga akan mengurangi porsi makanmu.

3. Banyak Bergerak dan Olah Raga Rutin

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga memang dapat membantu dalam menjaga berat badan ideal. Jika kamu memiliki waktu senggang, kamu bisa melakukan olahraga kecil setiap akhir pekan secara rutin, seperti jogging, bersepada, ataupun yoga.

(Baca juga: Ingin Berat Badan Turun 10 Kg di Awal Tahun? Ikuti Cara-cara Berikut!)

Namun, apabila kamu tidak memiliki waktu sama sekali, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan yang dianggap dapat menurunkan kalori, seperti lebih memilih naik tangga dibandingkan lift, menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi, ataupun berjalan-jalan di ruang kerja sembari melakukan stretching untuk merenggangkan otot-otot tubuh sekaligus melancarkan peredaran darah.

4. Ganti Makanan Karbohidrat Sederhana menjadi Kaborhidrat Kompleks

Meskipun mengkonsumsi karbohidrat sangatlah penting bagi tubuh untuk menambah energi, namun ternyata beberapa makanan karbohidrat itu sendiri juga menjadi pemicu menambahnya berat badan lho. Seperti nasi, mie, pasta dan jenis-jenis lainnya dikenal sebagai jenis karbohirat sederhana yang sedikit sulit diserap sehingga cenderung tertimbun di dalam tubuh.

Maka dari itu, bagi kamu yang tengah mencoba untuk menjaga berat badan ideal, sanga disarankan atau justru diwajibkan untuk mengganti menu karbohidrat seperti yang baru saja kita sebut menjadi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oat meal, sereal, dan jenis kacang-kacangan.

5. Makan Tepat Waktu

Perlu diingat bahwa menjalankan diet bukan berarti kamu harus melewatkan makan selama berhari-hari. Justru, diet yang tepat ialah ketika kamu sama sekali tidak pernah melewatkan makan, baik itu makan pagi, siang, ataupun malam. Hanya saja, cobalah untuk makan secara tepat waktu.

Orang yang telat makan biasanya akan merasa lebih lapar ketika sedang makan, sehingga akan sulit dalam menahan diri dan membuat porsi makan menjadi lebih banyak dari biasanya. Nah, hal inilah yang sering kali dianggap sepele tapi juga menjadi salah satu kendala dalam menjalankan diet.

Cara apa pun yang kamu akan lakukan untuk menjaga berat badan ideal, ada baiknya diimbangi juga dengan memiliki asuransi kesehatan yang akan melindungi diri dan keluarga dari risiko yang mungkin terjadi. 

Pilih dan ajukan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan kamu dan keluarga hanya melalui CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha