Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengintip Kecanggihan NMax Baru, Motor Pertama yang ‘Terkoneksi’ dengan Pengendara

by Gentur Putro Jati on 6 Desember, 2019

Awal pekan ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat kejutan dengan meluncurkan skuter matik Yamaha All New NMax 155. Generasi kedua NMax dari versi terdahulu yang dijual ke pasar Indonesia sejak 2015, digadang manajemen YIMM memiliki sejumlah fitur canggih yang membuatnya menjadi motor pertama yang terkoneksi dengan pengendara.

Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto mengatakan peluncuran All New NMax 155 sengaja dilakukan di akhir tahun ini, demi menggenjot penjualannya mulai awal 2020.

“Yamaha Indonesia Motor sangat menunggu momen ini. Karena kami meluncurkan beberapa model baru kami yang kehadirannya begitu penting untuk 2020,” kata Morimoto saat meluncurkan produk anyar tersebut di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Ia melanjutkan, All New Nmax 155 mempunyai dua tipe yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax 155 Standard.

“Versi Nmax terkoneksi memungkinkan pengguna terhubung dengan sepeda motor melalui ponsel yang dikoneksikan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth,” ujarnya.

Fitur koneksi itu membuat pengguna lebih praktis dalam berkendara. Berikut beberapa kecanggihan teknologi yang bisa kamu rasakan jika memiliki All New Nmax 155:

  • Notifikasi Ponsel

Aplikasi Y-Connect memungkinkan kamu menerima notifikasi panggilan telepon, pesan, sampai email ketika sedang mengendarai All New Nmax 155, tanpa harus menggenggam ponsel kesayangan. Notifikasi akan ditampilkan pada layar speedometer motor tersebut, jika ada panggilan, pesan, atau email masuk ke ponsel.

(Baca juga: Musim Hujan, Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima)

Sehingga tidak ada lagi cerita, kamu mangkir dari kewajiban menjemput yayang dari kampus atau kantornya hanya karena tidak mendengar ada panggilan masuk ke ponsel saat sedang mengendarai motor.

  • Menemukan Lokasi Parkir

Aplikasi Y-Connect yang menghubungkan ponsel dengan All New Nmax 155 juga mampu menyimpan lokasi parkir motor berdasarkan titik terakhir saat motor unpair/disconnected dengan ponsel.

Sehingga kamu tidak perlu repot lagi mengingat dan mencari keberadaan motor saat diparkir di tempat ramai, misalnya mal. Cukup membuka aplikasi tersebut, maka kamu akan dipandu menuju lokasi parkir motor.

  • Pengingat Servis Reguler

Pemilik All New Nmax 155 juga akan diingatkan untuk melakukan perawatan berkala sepeda motor tersebut. Sebab, fitur yang ada di sepeda motor tersebut bisa membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) yang sekaligus memberikan rekomendasi untuk melakukan perawatan rutin.

  • Analisa Penggunaan BBM

Tidak cuma bisa menyedot Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk bergerak, All New Nmax 155 juga bisa menyajikan analisa pemakaian bahan bakar dan jarak tempuh saat berkendara melalui aplikasi Y-Connect.

  • Alarm Kerusakan

Saking canggihnya motor ini, bahkan ada sensor yang berfungsi mendeteksi jika terjadi masalah pada motor tersebut untuk segera mengirimkan notifikasi melalui email pemiliknya. Dengan demikian, diharapkan kerusakan tidak semakin parah.

  • Rangka dan Mesin 100% Baru

YIMM tampaknya tidak mau asal-asalan dalam melahirkan NMax Junior ini. Bukan hanya fokus pada peningkatan fitur eksterior, pabrikan otomotif asal Jepang itu juga mengoprek habis jeroan mesin All New Nmax 155.

Pabrikan menjamin mesin gambot 155 cc yang dipasang pada motor tersebut 100% baru, bukan mesin warisan NMax Senior.

All New Nmax 155 hadir dengan Total New Engine 155cc berteknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Kedua teknologi itu diklaim mampu menjaga mesin tetap efisien bahan bakar dan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin.

All New Nmax 155 juga sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Selain itu mesin baru itu memiliki desain air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15.

All New Nmax 155 juga dilindungi dengan dengan desain rangka baru, plus optimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Sehingga chassis motor tersebut bisa menghasilkan kenyamanan manuver saat berkendara yang lebih baik.

  • Anti Selip

Tak hanya itu, All New NMAX 155 juga dilengkapi fitur Traction Control System (TCS) yang menjadikannya motor pertama di kelas matik 150-155 cc yang memiliki fitur tersebut.

(Baca juga: Ternyata 5 Presiden Indonesia Anak Motor Lo! Ini Buktinya)

TCS adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

  • Empat Pilihan Warna

Produk baru ini tersedia dengan berbagai warna yang memberi kesan premium, termasuk edisi MAXI Signature yang menonjolkan warna hitam matte beraksen emas. All New Nmax 155 Connected/ABS terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, dan Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard tersedia dalam pilihan warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, dan Matte Red.

  • Harga Rp30 Jutaan

Sampai saat ini laman Yamaha-motor.co.id memang belum merilis berapa harga resmi All New NMax 155, namun Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor, Dionysius Beti, mengatakan harga NMax terbaru akan berada di kisaran Rp30 jutaan.

“Ada di kisaran Rp30 jutaan. Namun akan kami umumkan kembali karena ini model untuk tahun 2020,” kata dia.

Sebagai informasi, harga NMax model sebelumnya dijual on the road Jakarta antara Rp27,7 juta hingga Rp31 juta (untuk tipe ABS).

Gak sabar buat punya All New NMax 155? Sebelum meluncur ke diler Yamaha terdekat, jangan lupa lindungi diri dengan asuransi kendaraan dan asuransi jiwa yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com ya.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum