Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengintip Kedekatan Konglomerat Hary Tanoe dengan Donald Trump

by Miftahul Khoer on 19 Juni, 2019

Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo alias Hary Tanoe tengah menjadi perbincangan. Hary Tanoe membenarkan telah membeli properti mewah di kawasan Beverly Hills, California, AS milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebesar 13,5 juta dolar AS atau sekitar Rp193 miliar (kurs Rp14.300).

Hary Tanoe Donald Trump

Hasil penjualan properti mewah tersebut dikabarkan menguntungkan Donald Trump hampir dua kali lipat karena sebelumnya properti tersebut dibeli pada 2007 senilai 7 juta dolar AS. Namun, proses jual beli properti ini cukup memunculkan kontroversi karena Trump dinilai melanggar aturan yang berlaku.

Urusan bisnis, Hary Tanoe dan Trump memang bukan kali pertama mereka lakukan. Jauh sebelumnya duet konglomerat dan orang nomor satu di Amerika Serikat ini telah menggemparkan publik atas aksi kerja samanya mengembangkan proyek properti di Indonesia. Bagaimana kedekatan Hary Tanoe dan Donald Trump dalam dunia bisnis? Yuk simak!

Proyek ‘Disneyland’ di Lido, Bogor

Beberapa tahun terakhir, nama Hary Tanoe dan Donald Trump sempat menjadi perhatian publik seiring dengan rencana pengembangan pusat hiburan dan hunian berkonsep Disneyland di kawasan Lido, Kabupaten Bogor yang juga berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi. Di proyek yang dinamakan MNC Lido City ini terdapat lahan sekitar 3.000 hektare yang akan menjadi sebuah tempat tinggal, bekerja hingga tempat liburan yang megah.

Seperti dilansir dari laman resmi MNC Land, di lahan tersebut bakal ada Trump Resort & Residence pertama di Asia. Ada juga MNC World Lido Theme Park Resort berkelas yang juga diklaim pertama di dunia. Selain itu akan dibangun juga kawasan residensial premium, komersial, pusat keagamaan, pendidikan, rumah sakit hingga sirkuit internasional dan movie land.

Tampaknya, pusat hiburan dan hunian ke depan gak hanya berada di kawasan Jakarta, tetapi akan hadir juga di kawasan Lido yang semula tak pernah dilirik sebagai lokasi ‘peradaban’. Kawasan MNC Lido City ini berada sekitar 70 km dari Jakarta dan berlokasi di lembah antara Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Saat ini, untuk mengakses kawasan ini jadi lebih mudah karena sudah terbangun akses jalan tol Bogor – Ciawai – Sukabumi atau Bocimi.

Pada 2015 lalu, MNC Land menyetujui kerja sama dengan Trump Organization untuk mengoperasikan luxury highend di Lido dan juga Bali. Dalam kawasan tersebut, akan ada Trump International Resort & Golf Lido dengan memuat 120 kamar kelas mewah. Lainnya, bakal ada 258 unit vila dan 180 unit kondominium bernama Trump Residence Lido.

(Baca juga: Yuk! Intip Kehidupan 5 Anak Konglomerat Indonesia)

Proyek Properti di Bali

Selain membangun proyek properti megah di Lido, Bogor, Hary Tanoe dan Donald Trump juga menjalin kerja sama untuk mengembangkan Trump International Hotel & Tower Bali yang berlokasi di kawasan Tanah Lot. Diperkirakan, total investasi Trump untuk proyek ini mencapai sekitar 1 milar dolar AS.

Data dari MNC Land, proyek ini akan dikembangkan di lahan seluas 108 hektar yang berada di kawasan MNC Bali Resort. Di resort ini nantinya bakal ada hotel mewah berbintang 6, lapangan golf, beach club, dan vila residensial.

Hary Tanoe Hadiri Pelantikan Donald Trump

Kedekatan Hary Tanoe dan Donald Trump memang gak bisa diragukan lagi. Keduanya sama-sama memiliki hubungan bisnis yang erat. Pada pelantikan Trump sebagai presiden Amerika Serikat ke-45 pada 2017 lalu di Washington DC, Trump mengundang Hary sebagai salah satu tamunya.

Tak tanggung-tanggung, Hary Tanoe diberi fasilitas akomodasi yakni salah satunya penginapan mewah yang tak jauh dari Gedung Capitol sebagai tempat sumpah Trump menjadi presiden AS. Selain itu, kedatangan Hary Tanoe ke Amerika Serikat saat itu juga sekaligus menggelar pertemuan dengan para investor di negara tersebut.

(Baca juga: Konglomerat Batu Bara di Indonesia: Dari Boy Thohir Hingga Kiki Barki)
Bisnis Hary Tanoe dan Donald Trump

Hary Tanoe dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan menurut Forbes mencapai 1,1 milar dolar AS atau sekitar Rp15,6 triliun. Harta kekayaan Tanoe berasal dari sejumlah bisnis yang ia geluti.

Beberapa perusahaan di bawah bendera MNC Group yang ia kembangkan antara lain MNC Media yang mencakup beberapa perusahaan media cetak, radio, online hingga televisi. Selain itu ada juga MNC Financial Services yang meliputi perbankan, asuransi, sekuritas, hingga leasing. Ada juga MNC Property dan juga Finansial Investmen.

Sementara itu, kekayaan Donald Trump menurut Forbes mencapai sekitar 3,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp44 triliun. Selain sebagai presiden, Trump juga diketahui sebagai pengusaha di bawah naungan The Trump Organization LLC yang memimpin lebih dari 530 perusahaan di seluruh dunia. Beberapa bidang usaha Trump meliputi real estate yang berada di Hawaii, Connecticut, New York, California, Nevada, New Jersey, Florida, hingga Virginia. Trump juga punya properti di Indonesia, Turki, Korea Selatan hingga Uruguay.

Selain properti, Trump juga punya unit bisnis lapangan golf, kasino, agensi model, penyewaan jet pribadi, rumah produksi televisi hingga parfum.

Nah, itulah ulasan kedekatan antara konglomerat Indonesia, Hary Tanoe dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Siapa pun bisa bermimpi untuk bisa menjadi pengusaha bahkan presiden sekaligus mewujudkannya menjadi kenyataan. Asalkan kamu yakin dan berdoa diiringi kerja keras dan usaha yang maksimal. Dan tentunya takdir mengizinkan kamu menjadi orang yang kamu cita-citakan.

Cek panduan finansial di CekAja.com untuk mewujudkan mimpimu jadi pengusaha sukses!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami