Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengintip Kehadiran New Avanza 2019

by Miftahul Khoer on 16 Januari, 2019

Akhirnya, mobil sejuta umat keluaran baru yang ditunggu-tunggu resmi dirilis. Ya, Toyota Avanza 2019 baru saja meluncur pada Selasa 15 Januari 2019.

kredit mobil - CekAja.com

Generasi pertama Avanza mengaspal di Indonesia pada 2003 hingga 2011. Kemudian, meluncur Veloz sejak 2012. Konsumen mungkin banyak mempertanyakan kehadiran generasi Avanza berikutnya.

Maklum, tetangga sebelah yakni Mitsubishi telah berhasil memperkenalkan Xpander. Untungnya, New Avanza 2019 telah hadir saat ini sebagai jawaban.

Banyak Kritik

Sebelum resmi diluncurkan, bocoran New Avanza 2019 telah beredar di dunia maya. Langsung saja banyak komentar yang pro dan kontra dengan tampilan mobil sejuta umat tersebut. Ada yang bilang tampak depannya meniru Xpander, dan ada juga yang bilang mirip dengan Toyota Vellfire.

Sejatinya tak banyak yang berubah dari mobil keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut. Hanya saja, pabrikan menghadirkan facelift dari mobil yang berturut-turut menyandang predikat paling laris ini.

Yang paling kentara dari perubahan Avanza baru dengan generasi sebelumnya adalah pada tampilan depan. Hal ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.

(Baca juga: Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Mengaspal di 2019)

Lebih Segar

Setiap produk yang diluncurkan pasti mendapat respons yang beragam, tak terkecuali New Avanza 2019. Meski sebagian ada yang bilang mirip mobil pesaingnya, tapi toh banyak juga yang mengakui Avanza terbaru ini lebih segar dengan kehadiran fitur-fitur barunya.

Beberapa hal baru yang hadir di New Avanza ini misalnya head lamp yang sudah menggunakan LED. Itu artinya Avanza menjadi mobil LMVP yang menggunakan lampu LED.

Penyegaran pada New Avanza di bagian luar dan interior misalnya telah memberikan perbedaan dengan generasi sebelumnya. Setidaknya, rasa penasaran para komunitas pecinta mobil dan masyarakat pada umumnya sudah terjawab.

Beberapa perubahan yang cukup mencolok ada pada bagian depan yakni di bumper. Sementara untuk interior, beberapa perubahan ada pada engine start stop yang belum tersedia di generasi sebelumnya.

Untuk head unit, New Avanza juga lebih modern dengan menghadirkan versi digital dan layar sentuh. Sementara untuk jok mobil terlihat pada jahitannya yang lebih sporty.

Pada mesin, Avanza terbaru masih menggunakan mesin lama. Hanya saja pabrikan memberikan sedikit perubahan sehingga RPM yang baru lebih bertenaga. Ada juga perubahan di suspensi dan di stir yang lebih eletronic power steering serta kaki-kaki yang lebih elegan.

(Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Bujet Cuma Rp80 Juta? Beli Mobil Ini Saja)

Varian New Avanza

New Avanza 2019 menghadirkan tiga varian yakni 1.3 E, 1.3 G dan 1.5 G. Untuk varian pertama, mobil ini merupakan tipe paling murah yang dibanderol sekitar Rp191,1 juta (MT) dan Rp202,3 juta (AT).

Varian pertama ini hampir sama dengan generasi sebelumnya, hanya saja desain belakang telah menggunakan lampu kombinasi, bumper dan pelek yang sudah baru. Sementara di dalam kabinnya, penumpang bisa menikmati beberapa fasilitas hiburan mulai dari pemutar CD, radio, juga koneksi USB dan bluetooth.

Untuk varian Avanza 1.3 G, terdapat lumayan banyak perubahan dari model sebelumnya terutama pada perangkat keselamatan. Sementara untuk bagian dalam, varian ini dilengkapi head unit layar sentuh yang sudah lebih modern. Harga untuk varian ini dibanderol mulai Rp208,9 juta (MT) hingga Rp219,65 juta (AT).

Varian terakhir adalah New Avanza 1.5 G yang hanya tersedia untuk transmisi manual yang dibanderol Rp221,25 juta atau paling tinggi harganya dibandingkan dengan varian lain. Tampilan depan mobil ini dilengkapi grille dengan garnish krom yang terlihat elegan seperti halnya Vellfire.

Adapun untuk bagian dalamnya tidak jauh berbeda dengan varian lain. Soal fitur keselamatan, Toyota tampaknya masih mempertahankannya untuk tetap dihadirkan pada New Avanza. Beberapa perangkat seperti dual SRS airbag, seatbealt hingga 3-point sabuk pengaman masih menjadi fitur di Avanza terbaru ini.

(Baca juga: Ingin Balik Nama Mobil? Ini Ketentuan dan Rincian Biayanya)

Ekspor ke Puluhan Negara

Pabrikan tampaknya tak hanya ingin menjadikan Avanza mobil paling laris di Indonesia. Nyatanya, pihak Toyota berencana mengekspor New Avanza ke hampir 30 negara.

Data Gaikindo pada Januari – November 2018 mencatat, ekspor Avanza ke berbagai negara mencapai 32.536 unit. Beberapa negara tujuan ekspor Avanza antara lain Amerika Latin, Timur Tengah dan beberapa negara tetangga dengan melabelkan dalam mobilnya Made in Indonesia.

Veloz 2019

Selain meluncurkan New Avanza 2019, TAM resmi menghadirkan Veloz 2019. Tak ada yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Namun beberapa fitur terbaru juga hampir sama dengan New Avanza.

Misalnya, Veloz 2019 juga menggunakan teknologi smart entry, touchscreen pada head unit hingga fitur-fitur keselamatan yang masih sama. Veloz 2019 dirilis bersamaan dengan New Avanza sebagai perayaan kehadiran 15 tahun mobil sejuta umat tersebut.

Soal harga, Anda bisa memilih varian Veloz mulai dari Rp215,6 juta hingga Rp239,4 juta. Nah, apakah Anda sudah siap memboyong New Avanza atau Veloz?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami