Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengintip Kekayaan Nadiem Makarim, Calon Menteri Baru Jokowi

by Sindhi Aderianti on 22 Oktober, 2019

Nadiem Makarim, pendiri PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek digadang-gadang menjadi Menteri kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin periode 2019-2024. Berita ini diperkuat dengan kedatangannya ke Istana Negara, Senin pagi (21/10/2019) kemarin.

Nadiem Makarim

Mengenakan kemeja putih, Nadiem masuk ke Istana sembari menebar senyum dan melambaikan tangan kepada para wartawan. Alumni pasca sarjana Harvard Business School itu tak membantah kedatangannya memang terikait permintaan untuk mengisi kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Atas panggilan ini, Nadiem pun menerima tawaran Presiden secara formal dan akan mengurus pengunduran dirinya dari Gojek sebagai Chief Executive Officer (CEO). Ia bahkan sudah membicarakan butir-butir visi ke depan seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, peningkatan investasi, dan lain-sebagainya.

Desas-desus tersebut sebenarnya telah lama terdengar sejak Presiden Jokowi menyatakan bakal merekrut menteri dari kalangan milenial. Nama pria 35 tahun itupun menjadi salah satu kandidat terkuat. Lantas, apa yang membuat Nadiem begitu spesial?

Sukses Bangun Gojek Hingga Decacorn

Usai bekerja di sejumlah perusahaan, pada 2011 Nadiem mencoba peruntungan dengan membangun startup ojek online yang ia beri nama Gojek.

Gojek pun tak hanya menyediakan jasa pesan ojek online. Namun, ada juga jasa antar barang (Go-Send), makanan (Go-Food), serta anak perusahaan Go-Life yang khusus melayani kebutuhan sehari-hari.

Selama 10 tahun  beroperasi, Gojek terhitung sudah 9 kali menggelar putaran penggalangan dana. Menurut Crunchbase, ada 24 investor yang menyuntik Gojek dengan total dana yang dihimpun USD3,1 miliar.

Kini, Gojek telah mengaspal di negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura dan Vietnam. Valuasi perusahaan itupun kabarnya sudah menembus angka USD10 miliar. Jumlah yang mengubah status valuasinya dari Unicorn menjadi Decacorn, terhitung per awal 2019 ini.

(Baca juga: Mau jadi Menteri Jokowi? Simak 4 Kriterianya Berikut Ini)
Milenial Terkaya di Indonesia

Nadiem adalah contoh milenial yang sukses di usia muda. Di usia yang masih kepala tiga, Nadiem sudah masuk ke dalam jajaran orang terkaya Indonesia yang bersaing dengan Hartono bersaudara, pemilik Grup Djarum dan BCA. Berkat prestasi luar biasanya, ia berhasil menyabet penghargaan Asian of The Year tahun 2012.

Tak dapat dipungkiri, Gojek memberi amat banyak sumbangsih bagi portofolio kesuksesannya. Hal ini turut memengaruhi pundi-pundi keuangan Nadiem dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dirilis dari Globe Asia tahun 2018 lalu, kekayaan Nadiem Makarim ditaksir mencapai USD100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Jumlah kekayaan yang fantastis itu berhasil membawa namanya ke dalam deretan orang terkaya peringkat ke-150 di dunia.

50 Sosok Menginspirasi Versi Bloomberg 2018

Memberi perubahan cukup besar dengan Gojek, Nadiem Makarim pun sempat masuk ke daftar Bloomberg 50. Daftar tersebut terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam dunia bisnis dan keuangan, entertainment, politik hingga teknologi dan ilmu pengetahuan di mana sosoknya bisa membawa perubahan besar di tahun 2018.

Pihak Bloomberg mengatakan, Gojek telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam waktu yang cepat. Secara teknis, Gojek juga cukup inovatif dalam mengembangkan fokus bisnisnya. Dari pemesanan ojek, bertambah menjadi one-stop application untuk membayar tagihan, memesan makan, layanan cleaning service, bengkel mobil online, hingga memanggil pijat dan salon ke rumah.

Dalam daftar nama tersebut, Nadiem masuk bersama para direktur The Fed Jerome Powell, Richard Clarida, John Williams, Randal Quarles dan Lael Brainard. Peraih nobel bidang fisika Donna Strickland hingga artis Taylor Swift juga masuk ke dalam daftar ini.

Melihat prestasi kelas dunianya yang membanggakan, tak heran bila Presiden Jokowi tergiur meminang Nadiem Makarim untuk menjadi salah satu pembantunya dalam Kabinet Kerja Jilid II.

(Baca juga: PNS Kementerian Keuangan dan 3 Instansi Lain Ikut Jokowi Pindah ke Ibu Kota Baru)

Jadi, kursi menteri apa yang akan diisi oleh Nadiem? Masih belum ada bocoran. Presiden Jokowi sendiri telah berjanji akan mengumumkan nama-nama calon menterinya, paling maksimal sehari setelah pelantikan.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami