Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mengintip Peluang Bisnis Essential Oil

by Sindhi Aderianti on 12 February, 2019

Tren hidup sehat kian menjamur. Dari mulai diet makanan sehat, beragam jenis olahraga sampai detoks menggunakan bahan alami.

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Meskipun butuh pengeluaran lebih, nyatanya orang-orang masih percaya akan khasiat dan lantas meminatinya. Anda penggemar aroma therapy? Minyak atsiri atau essential oil pastinya tak asing lagi.

Di Indonesia, aroma therapy sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan. Essential oil dikenal dikenal memiliki ragam khasiat.

Sederet benefit yang bisa didapat dari minyak ini, mulai dari aroma harum, segar, hingga rasa hangat. Penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu meneteskannya ke diffuser berisi air bersih, lalu aromanya segera menguap dan tercium melalui udara yang menghembus keluar.

Terkadang, ada juga yang lebih memilih untuk mengoleskannya langsung ke beberapa bagian tubuh. Tingginya permintaan pasar dan besarnya potensi bisnis yang ada dari penggunaan minyak atsiri membuat usaha bermodal mini ini semakin dilirik.

Apalagi jenis wewangian tersebut juga ramai digandrungi oleh beragam kalangan, baik itu dewasa hingga anak-anak. Alhasil berbisnis minyak atsiri sukses menjadi gula-gula yang menarik para pegiat bisnis.

Penggunaan minyak atsiri juga sudah merambah dunia internasional. Sebut saja Inggris, Amerika Serikat Kanada dan beberapa negara di belahan dunia lainnya juga sudah menggunakan minyak atsiri sebagai aroma therapy

(Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Rumahan? Lakukan 5 Pertimbangan Ini)

Apa itu Essential Oil?

Essential oil bukanlah minyak seperti pada umumnya, karena kandungan didalamnya tidak mengandung asam lemak sedikitpun. Komponen essential oil benar-benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya.

Adapun bagian tanaman yang diambil minyak astirinya meliputi daun, bunga, biji, akar, ranting, hingga kulit. Untuk memperoleh essential oil pada tanaman ada beberapa cara yang ditempuh, namun biasanya melalui penyulingan atau destilasi.

Prinsip destilasi adalah memisahkan komponen suatu cairan, berdasarkan tekanan uap atau titik didih masing-masing. Agak rumit memang jika merunut prosesnya lebih detil.

Sumber dan proses inilah yang kemudian membuat harga essential oil tergolong mahal. Per botol ukuran 15 ml saja, bisa dibanderol lebih dari Rp. 300 ribu.

(Baca juga: Bisnis Online Kena Pajak? Ini Kiat Antisipasinya!)

Manfaat Essential Oil untuk Kesehatan

Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran karena aromanya, essential oil juga bisa jadi obat penawar berbagai penyakit. Untuk yang memiliki anak kecil, essential oil kerap dijadikan media alternatif penyebuh flu paling ampuh.

Apalagi dengan menggunakan minyak atsiri yang berbahan dasar alamo, dapat mengurangi efek buruk penggunaan obat kimia pada anak.

Namun tiap-tiap jenis essential oil memberi manfaat yang berbeda. Berikut ini adalah deretan khasiat essential oil yang bisa Anda dapatkan berdasarkan kandungan bahan alaminya:

  • Peppermint: Usir masalah pencernaan

Oil dengan ekstrak peppermint mengandung senyawa yang dapat menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut. Jadi bila sedang mual, diare, atau kram perut, coba oleskan perut dengan peppermint oil ini.

  • Lavender: Atasi susah tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang terkait dengan relaksasi dan tidur nyenyak. Bahkan dengan mengoleskannya ke atas perut sembari dipijat, essential oil ini bisa juga meringankan meringankan gejala PMS (Premenstrual Syndrome).

  • Tea Tree: Mencegah infeksi

Tea tree oil adalah salah satu essential oil yang banyak dipilih untuk melawan infeksi kulit berkat sifat antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Untuk mengatasi ketombe misalnya, oleskan beberapa tetes essential oil ini di kepala secara langsung atau campurkan dengan shampoo sebelum digunakan untuk keramas.

  • Lemon: Perbaiki mood

Berdasarkan penelitian di Jepang, aroma essential oil lemon dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Bahkan, penggunaannya mampu kurangi pemakaian obat antidepresan pada penderita depresi.

Karena aroma yang dihasilkan dapat menaikkan suasana hati, minyak yang satu ini juga baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

Selain itu, essential oil bisa juga dicampurkan bersama produk pembersih rumah, bahkan teh hangat. Namun lagi-lagi, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh saat hendak menggunakannya.

(Baca juga: 5 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Kawasan Stasiun KRL)

Cara Memulai Bisnis Essential Oil

Harga essential oil sebagai bahan baku memang terhitung mahal. Makanya untuk terjun ke bisnis tersebut paling tidak modal Rp 10 juta harus dimiliki.

Apa masih bisa dikatakan bisnis modal kecil? Tentu saja iya, karena potensi keuntungannya yang nanti Anda peroleh akan berlipat ganda.

Lagipula, modal tersebut bersifat produktif karena digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan bisnis. Mulai dari minyak esensial, tungku pembakaran, lilin tea light, bunga-bunga dan batang-batang kering, pewarna bunga kering, packaging dan lain-lain.

Bila perlu, minta bantuan dari aroma terapis yang sudah tersertifikasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap formula dan racikannya benar-benar aman.

Itu kalau Anda ingin membuat brand sendiri ya, berbeda jika menjadi reseller.

Pasalnya, saat ini beberapa pelopor essential oil sudah membuka kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi reseller produk mereka. Mekanismenya, Anda harus mendaftarkan diri sebagai member terlebih dahulu.

Setelah bergabung pada Wholesale Membership, diskon sebesar 24% bisa Anda dapat untuk setiap pembelian produk essential oil, entah dalam bentuk eceran atau paket.

(Baca juga: Kiat-Kiat Berbisnis Tas Branded)

Keuntungan Berbisnis Essential Oil

Dalam survei Market Demand of Essential Oils Worldwide from 2010 to 2020, menunjukkan bahwa permintaan essential oil meningkat cukup signifikan di setiap tahun.

Pada 2015,  Amerika Serikat menjadi salah satu pasar terbesar essential oil dengan nilai mencapai 3,36 miliar dolar US. Potensi itupun akhirnya melahirkan tren bisnis yang turut menyambangi Tanah Air, terutama pada setahun belakangan.

Sebenarnya bisnis modal kecil ini terbilang minim kendala. Soal ketersediaan bahan baku, Indonesia sebagai penghasil rempah yang bergelimang tentu tak akan mengalami krisis dalam hal tersebut.

Hanya ada beberapa jenis essential oil saja yang kemungkinan perlu dibeli lewat importir lantaran keterbatasan jumlahnya, seperti lavender dan avocado.

Rata-rata orang yang sudah menjajal bisnis essential oil, mereka bisa meraup keuntungan bersih sebanyak 40 persen dari omset.

Dari keuntungan ini, banyak pula diantara mereka yang kemudian sudah balik modal pada tahun kedua usaha.

Kesimpulannya, penggunaan aroma therapy kini sudah amat luas. Bukan lagi identik dengan tempat spa atau salon kelas menengah atas.

‘Oase’ bagi kesehatan jasmani dan rohani, begitulah kira-kira imej yang melekat pada essential oil. Ketika ini menjadi tren yang benar-benar memberi khasiat, semua orang lantas mendambakannya.

Nah, jika Anda bisa menyuplai demand tersebut, tentu essential oil akan menjadi bisnis modal kecil yang berbuah untung melimpah.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami