Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengintip Peruntungan Shio dan Bisnis di Tahun Babi Tanah

by Miftahul Khoer on 3 Januari, 2019

Tahun 2019 sedang kita jalani. Menurut kalender China, kita sudah bersiap untuk memasuki tahun babi tanah. Tahun baru China ini secara otomatis akan menggantikan tahun anjing yang telah dijalani pada 2018 lalu.

Shio Zodiak China - CekAja

Bagi yang percaya kalender China, kehadiran shio-shio ini diyakini berpengaruh terhadap perilaku bisnis hingga karir seseorang, apakah usahanya akan berjalan mulus atau malah mundur.

Nah, kali ini Cekaja akang mengulas tentang bisnis apa saja yang bisa moncer sepanjang tahun babi tanah. Yuk simak!

Bisnis di sektor digital

Dengan kehadiran sistem teknologi dan informasi yang begitu pesat, bisnis di sektor digital akan memungkinkan Anda untuk mendapat cuan yang menjanjikan.

Terbukti, dalam beberapa waktu ke belakang para pemain industri digital semakin membludak dan bersaing satu sama lain. Ini artinya pasar industri digital semacam bisnis aplikasi, game, dan yang berbasis internet lainnya dinilai bisa menguntungkan.

Kita bisa melihat dalam perkembangan terakhir bisnis kendaraan umum berbasis aplikasi semakin menggeliat. Begitu juga dengan toko online atau marketplace yang melayani orang belanja via online tanpa harus ke toko fisiknya.

Bisnis-bisnis semacam ini diperkirakan akan semakin meriah di tahun babi tanah dan bisa memberikan cuan kepada para pelaku usahanya.

(Baca juga: Ini 5 Usaha Potensial di Tahun 2019. Yuk Mulai!)
Sektor pertanian

Bisnis yang juga dianggap bakal moncer di tahun babi tanah adalah di sektor pertanian. Ahli Feng Shui, Suhu Yo seperti dikutip dari Okezone mengatakan bisnis di pertanian bisa memebrikan keuntungan yang menjanjikan seiring faktor cuaca dengan intensitas hujan yang tinggi membuat kesuburan tanah bakal mempengaruhi hasil tanam di sektor pertanian.

Beberapa inspirasi bisnis yang bisa dilakoni adalah menanam padi, sayuran hingga buah-buahan. Intinya hasil bumi yang berasal dari tanah bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan di tahun ini.

Sektor pertambangan

Masih dalam bisnis di sektor hasil bumi, peruntungan buat yang memiliki usaha pertambangan terutama emas diperkirakan bakal mendapat cuan lebih banyak di tahun ini.

Sekedar gambaran, harga emas di sepanjang tahun 2018 cenderung naik. Dengan demikian pada 2019 harga emas diperkirakan akan terus naik hingga mencapai Rp700.000 per gram.

(Baca juga: 5 Mobil Paling Laris Sepanjang 2018)
Bisnis yang kurang moncer

Jika sektor teknologi informasi, pertanian dan pertambangan diperkirakan bakal menjadi bisnis yang bagus pada tahun 2019, maka sektor properti dinilai tetap kurang menguntungkan di tahun ini.

Tahun 2019 masih mengusung unsur tanah sama seperti tahun 2018 yakni anjing tanah. Unsur tanah dinilai belum menguntungkan untuk bisnis properti termasuk juga yang jual beli tanah masih diperkirakan bakal kurang bagus.

Menurut Suhu Yo, bisnis properti tahun ini masih mengalami kejenuhan terutama untuk properti yang harganya di atas Rp300 juta. Sementara yang masih bertahan adalah properti yang harganya mencapai sekitar Rp150 juta hingga Rp300 juta.

Shio yang bakal beruntung

Suhu Yo juga memperkirakan orang-orang yang memiliki shio kerbau dan naga diperkirakan bakal memiliki keberuntungan.

Shio kerbau adalah orang yang lahir di tahun 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009. Sementara shio naga yaitu orang yang lahir di tahun 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012.

Nah, itulah sekilas tentang tahun babi tanah yang menurut kalender China dimulai pada 5 Februari 2019. Namun, bukan berarti Anda harus 100 persen meyakini dengan perkiraan peruntungan di atas ya.

Namun tetap saja, urusan karir, jodoh dan juga kematian tidak ada yang benar-benar bisa memprediksinya. Yang jelas jika ingin sukses dalam bisnis atau karir, Anda harus bekerja keras sampai Anda mencapai semua yang dicita-citakan. Setuju?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.