Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengintip Sejumlah Fakta Xpander Cross, Jagoan Baru Mitsubishi di Segmen SUV

by Gentur Putro Jati on 13 November, 2019

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kemarin meluncurkan varian baru Xpander bergaya Sport Utility Vehicle (SUV), yang diberi nama Xpander Cross. Manajemen MMKSI meyakini produk anyar tersebut mampu dengan cepat meramaikan pangsa pasar SUV yang dalam dua tahun terakhir dikuasai Toyota Rush dan Honda BR-V.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah fakta terkait Xpander Cross:

1. Punya tiga perbedaan eksterior dibanding Xpander LMPV

Dilihat secara kasat mata, MMKSI memberikan sejumlah perubahan sentuhan pada desain bodi Xpander Cross dibandingkan pendahulunya Xpander LMPV.

Pertama, gril Xpander Cross dibalut warna black chrome dengan garis horizontal lebih besar dibandingkan versi LMPV.

Kedua, sentuhan baru juga terasa pada bagian bumper yang berubah total, terlihat dari aksen dynamic shield yang mirip dengan New Mitsubishi Triton.

Terakhir, pada bagian depan nampak jelas lampu LED pada seluruh pusat penerangan menjadi daya tarik tersendiri. Sebab versi LMPV-nya saat ini masih menggunakan lampu halogen untuk pencahayaannya.

2. Tiga varian harga

MMKSI mengemas Xpander Cross dalam tiga pilihan tipe, yaitu A/T, M/T, dan A/T dengan tambahan paket leather seat premium.

Untuk harga Xpander Cross tipe teratas, yaitu A/T leather seat premium package dibanderol Rp286.700.000, tipe A/T Rp277.700.000, dan tipe M/T Rp267.700.000. Harga tersebut berstatus OTR (On The Road) Jakarta.

(Baca juga: 5 Film Hollywood yang Mempengaruhi Tren Berkendara Pecinta Otomotif)

Sebagai pembanding, Xpander LMPV Ultimate yang jadi varian tertinggi dijual dengan kisaran harga Rp265.100.000 per Oktober 2019 (di Jakarta). Di bawahnya ada tipe Sport (AT) yang dibanderol Rp256.400.000, lalu Sport (MT) Rp246.400.000 dan Exceed (AT) Rp244.200.000.

3. Lima pilihan warna

Buat kamu yang tergiur buat segera memiliki Xpander Cross, bisa memilih warna favorit juga. Sebab MMKSI membalutnya dengan lima pilihan warna yaitu Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic.

4. Spesifikasi lengkap Xpander Cross

Buat kamu yang ingin tahu lebih detail mengenai spesifikasi sebuah mobil sebelum memutuskan untuk membelinya, berikut spesifikasi lengkap Xpander Cross:

  • Dimensi

Panjang : 4.500 mm

Lebar : 1.800 mm

Tinggi : 1.750 mm

Ground Clearance : 225 mm

Kapasitas tempat duduk : 7 penumpang

  • Mesin

Tipe Mesin : 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve

Kapasitas : 1.499 cc

Tenaga : 10 PS pada 6.000 rpm

Torsi : 141 Nm pafa 4.000 rpm

Kapasitas tangki Bahan Bakar : 45 liter

  • Performa

Transmisi : 4 percepatan (matik) 5 percepatan (manual)

Cruise Control : Hanya tersedia untuk varian matik

Rem : Disc Brake

Suspensi : MacPherson Strut with Coil Spring (depan) dan Torsion Beam (belakang).

  • Fitur Keamanan

ABS + EBD

Brake Assist

Dual SRS Airbags

Hill Assistan System

Keyless Operation System

Parking Sensor + Rear View Kamera

Active Stability dan Traction Control

5. Harga lebih mahal dari kompetitor

Cara MMKSI memasuki pangsa pasar segmen mobil SUV di tanah air terbilang nyentrik. Sebab, jika pabrikan lain menawarkan harga yang lebih murah dengan fitur bersaing, bukan begitu strategi yang diambil dalam memperkenalkan Xpander Cross.

(Baca juga: Mau Berburu Mobil di Pameran Otomotif? Cek Kiat-kiatnya!)

MMKSI terlihat sangat pede dengan desain Xpander Cross, sampai berani menempatkan harganya di atas kompetitor. Seperti disinggung di atas, varian terendah Xpander Cross yaitu tipe M/T dibanderol dengan harga Rp267.700.000.

Sementara banderol harga pemain lama lebih murah, yaitu Toyota Rush dilego dikisaran Rp244,25 juta – Rp265,65 juta, Daihatsu Terios Rp202,3 juta, dan Honda BR-V Rp248,5 juta – Rp290,7 juta.

Director Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro meyakini, pembeli tidak akan merasa rugi membeli Xpander Cross meskipun harganya lebih mahal dibanding kompetitor.

“Harga tersebut sudah termasuk jasa dan gratis suku cadang (perawatan berkala) selama empat tahun atau 50 km, garansi ban satu tahun, dan asuransi kecelakaan selama satu tahun,” kata Irwan.

Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura menambahkan, “Harga yang lebih mahal, namun dengan segala sesuatu yang lebih baik dari kompetitornya,” ucap Nakamura.

Jadi, sudah siap ke diler Mitsubishi terdekat buat menebus Xpander Cross anyar besutan MMKSI? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi terbaik sebelum berkendara ya.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum