Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan

by Kyla Damasha on 14 November, 2019

Ingin mencari pekerjaan paling dibutuhkan dalam jangka waktu yang panjang? Maka pekerjaan jurusan teknik perminyakan jawabannya. Tidak hanya dibutuhkan oleh hampir di seluruh negara yang ada, pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga memiliki peluang yang sangat luas bagi para lulusannya lho.

Selain itu, pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga dikenal sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi, khususnya di Indonesia. Sebut saja seperti Pertamina, Chevron, dan Conoco Phillips yang merupakan beberapa perusahaan besar yang dikenal dengan gajinya yang tinggi serta fasilitasnya yang tidak main-main untuk para karyawannya.

Jika kamu tertarik dengan bidang teknik, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di pekerjaan jurusan teknik perminyakan ini. Lalu, sebenarnya apa sih yang dipelajari oleh jurusan teknik perminyakan serta prospek pekerjaan seperti apa yang menanti para lulusan ini? Yuk kita cari tahu bersama-sama

Pengertian Jurusan Teknik Perminyakan

Pada dasarnya, jurusan teknik perminyakan mempelajari cara menambang mineral dengan sifat cair yang paling berharga, yaitu minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Sebenarnya jurusan perminyakan ini sangat mirip dengan teknik pertambangan, namun yang membedakan ialah jenis bahan yang ditambang itu sendiri.

Proses penambangan yang akan dipelajari tidak hanya mencari sumber minyak bumi saja, melainkan juga mencakup tahapan survey, studi kelayakan investasi, pengeboran, completion, produksi, hingga well intervention, yang sepenuhnya akan dipelajari oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan ini.

(Baca Juga: Kartu Pra Kerja Siap di Rilis, Anggarannya Sampai Rp10 Triliun!)
Mata Kuliah yang Dipelajari

Fisika, kimia dan matematika merupakan tiga mata kuliah wajib yang harus dikuasai oleh masing-masing mahasiswa. Namun, selain ketiga mata kuliah itu kamu juga akan mempelajari berbagai ilmu lainnya, seperti ekonomi dan bahasa.

Jurusan teknik perminyakan juga akan mempelajari ilmu-ilmu dasar perminyakan seperti geologi, pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya belajar di dalam kelas, para mahasiswa juga akan sering menghabiskan waktu di laboratorium untuk melakukan eksperimen dan analisa. Perlu diketahui bahwa pekerjaan jurusan teknik perminyakan sangat menuntut yang namanya kerja sama tim, menulis laporan dan proposal, sehingga kemampuan berkomunikasi juga menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para lulusannya.

Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

Satu hal yang menjadi nilai plus bagi para mahasiswa lulusan teknik perminyakan yaitu bahwa pekerjaan jurusan teknik perminyakan tidak hanya memiliki peluang besar di Indonesia, melainkan juga di mancanegara, sehingga tidak menutup kemungkinan kamu bisa masuk ke ranah internasional lho, dengan bekerja di beberapa perusahaan perminyakan terbesar di dunia.

1. Saudi Aramco

Perusahaan yang dibentuk pada tahun 1944 ini mampu menghasilkan lebih dari 12 juta barrel minyak per harinya, dengan pendapatan yang mencapai 1 miliar dollar As per hari. Untuk saat ini, seluruh saham dari Saudi Aramco dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi itu sendiri.

Begitu kayanya perusahaan minyak satu ini, mereka bahkan memiliki pelayanaan udara sendiri yang dilengkapi dengan pesawat terbang, helikopter, dan dua bandara yang terletak di Amerika Serikat.

2. Gazprom

Di Eropa, ada perusahaan Gazprom yang turut memasuki jajaran perusahaan minyak terbesar di dunia. Untuk saat ini, mayoritas saham dimiliki oleh Rusia sedangkan sebagian kecilnya dimiliki oleh individu atau perorangan.

Secara resmi Gazprom dikenal sebagai saham terbuka yang dimana saham tersebut dapat perjual-belikan oleh individu atau kelompok yang ingin ikut berinvestasi.

3. National Iranian Oil Company

Pada awalnya, National Iranian Oil Company dimiliki oleh Inggris pada abad ke-20. Namun, setelah munculnya nasionalis Iran pada tahun 1951 dan revolusi islam Iran pada tahun 1979, seluruh orang asing yang berada di Iran meninggalkan negara tersebut sehingga produksi minyak diambil alih sepenuhnya oleh karyawan domestik.

4. PetroChina

PetroChina merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di Cina. Didirikan pada tahun 1999, pendapatan tahunan perusahaan tersebut bahkan sudah mencapai 325 miliar dollar AS, yang kemungkinan akan jauh lebih tinggi setelah data pasar dirilis akhir-akhir ini. Dalam pembangunannya, PetroChina terlibat di Afrika dan Australia yang mana mereka menandatangani kontrak senilai 50 miliar untuk gas alam.

5. Chevron

Berbicara mengenai perusahaan minyak terbeas di dunia, jelas kita tidak boleh melupakan Chevron. Pada tahun 2010, perusahaan ini membeli Atlas Petroleum sebesar 4,3 miliar dollar AS. Aktif di lebih dari 180 negara, Chevron juga baru-baru ini pindah ke bidang energi bersih sektor dan menjadi pemain utama dalam produksi energi panas bumi.

Pendapatan Chevron pada tahun 2013 telah mencapai 220 miliar dollas AS yang ditambah pula dengan produksi minyak-gas gabungan harian sebesar 3,5 juta barrel per harinya. Sekadar informasi, Chevron juga memiliki perusahaan di Indonesia dan sangat terbuka bagi para lulusan yang ingin terjun ke pekerjaan jurusan teknik perminyakan.

(Baca Juga: 6 Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang Miliki Prospek Kerja Tinggi)
Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan
1. Ahli Tambang

Pekerjaan jurusan teknik perminyakan ternyata tidak hanya di ranah perminyakan saja lho. Para lulusannya juga bisa merambah ke bidang pertambangan. Tugas seorang ahli tambang yaitu melakukan survey lapisan permukaan yang berfungsi untuk mengidentifikasi karakteristik tanah. Di awal karir, kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp. 4,5 juta hingga 6,8 juta per bulannya. Untuk fresh graduate, jelas angka tersebut sudah termasuk cukup besar, bukan?

2. Ahli Teknik Minyak Bumi

Dikarenakan jurusan teknik perminyakan itu sendiri memang merupakan salah satu jurusan yang paling dibutuhkan, maka tak heran apa bila pekerjaan jurusan teknik perminyakan tidak akan terlalu jauh dengan sebutan ‘ahli’, seperti ahli teknik minyak bumi.

Ahli teknik minyak bumi memiliki tugas untuk merancang metode yang pada nantinya dapat meningkatkan ekstraksi minyak dan gas serta produksi untuk memodifikasi desai peralatan. Gaji pekerjaan jurusan teknik minyak satu ini tak kalah tinggi untuk para fresh graduate, yakni mulai dari Rp. 5,1 juta hingga mencapai Rp. 6,6 juta.

3. Insinyur Perminyakan

Selanjutnya ada insinyur perminyakan yang merupakan salah satu pekerjaan jurusan teknik perminyakan yang bisa kamu pilih. Tugas dari seorang insinyur perminyakan yaitu memperkirakan kemampuan pembuatan serta nilai ekonomis yang terdapat pada sumur minyak dan gas.

Tidak hanya itu, kamu juga akan turut bekerja untuk pengembangan rencana pengeboran ladang minyak dan gas. Gaji rata-rata yang akan didapat oleh seorang insinyur perminyakan yaknis berkisar mulai dari Rp. 5,1 juta hingga Rp. 6,6 juta per bulannya.

4. Geological Data Technician

Bisa memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp.3,1 juta hingga Rp. 5 juta untuk frash graduate, profesi geological data technician patut kamu jadikan sebagai pekerjaan jurusan teknik perminyakan yang dipertimbangkan. Tugas utama dari seorang geological data technician adalah mengoperasikan atau menyesuaikan peralatan yang digunakan untuk mendapatkan data geologi.

Nah, perlu diingat bahwa mau seberapapun gaji yang kamu dapatkan, jangan lupalah untuk berinvestasi dan menabung. Ingin mengetahui berbagai produk investasi yang sesuai? Yuk ajukan saja di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda