Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

by Nadhillah Kusindriani on 11 Juni, 2020

Meskipun pandemi Virus Covid-19 di Indonesia belum mereda, namun nyatanya saat ini kita telah memasuki era new normal atau tatanan kehidupan baru. Hal tersebut tentu saja dilakukan agar perekonomian tetap berjalan dengan baik. Namun ternyata, adanya pandemi virus Covid-19, justru membuat beberapa ide bisnis saat new normal hadir di antara kita. Lantas, apa saja ide bisnis tersebut? Yuk, simak bersama-sama ulasannya berikut ini.

Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

8 Ide Bisnis saat New Normal

Sebuah fakta menarik, di mana orang cenderung akan lebih kreatif apabila berada dalam keadaan terdesak. Hal semacam itu nyatanya terjadi saat ini, tepatnya di tengah pandemi virus Covid-19.

Karena seperti yang diketahui, sejak adanya pandemi virus Covid-19 di Indonesia, beberapa perusahaan harus melakukan efisiensi pegawai. Dengan begitu, banyak pegawai yang harus kehilangan pekerjaan dan kondisi perekonomian menjadi semakin tidak stabil.

Maka dari itu, salah satu cara yang pemerintah lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan sistem new normal. Yang mana, pemerintah secara perlahan akan mulai mengaktifkan kembali beberapa perusahaan, sekolah, mall dan lain sebagainya untuk bisa beroperasi seperti biasa.

Namun tentu saja, semua itu akan berjalan dengan iringan protokol kesehatan yang telah pemerintah buat. Tidak hanya itu, diterapkannya sistem new normal juga nyatanya menghadirkan banyak ide-ide bisnis saat new normal.

Beberapa ide bisnis tersebut di antaranya, yaitu pelatihan online, penjualan produk anti bakteri, penjualan masker, makanan dan minuman herbal, hingga makanan frozen yang dijual secara online.

Meski begitu, ide-ide bisnis tersebut sebenarnya sudah ramai dan banyak digunakan, sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk masyarakatnya melakukan karantina diri #dirumahaja.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba beberapa ide bisnis saat new normal, yuk simak ulasan delapan ide bisnis tersebut yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu berikut ini.

(Baca Juga: Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan)
1. Pelatihan Seputar Finansial

Pelatihan Seputar Finansial - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Ide bisnis saat new normal yang pertama adalah pelatihan seputar finansial. Pelatihan yang satu ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh beberapa akun pembelajaran di media sosial, seperti misalnya Instagram.

Umumnya, mereka akan melakukan pelatihan melalui fitur live Instagram. Di mana, mereka akan memberikan edukasi-edukasi terkait finansial, mulai dari cara mengatur keuangan, dana darurat hingga tips melakukan investasi.

Ide bisnis saat new normal yang satu ini sangat bagus untuk kamu coba.  Sebab, di masa-masa seperti ini orang akan semakin hati-hati dalam mengatur keuangan.

Maka dari itu, dengan kamu menyediakan sarana pelatihan finansial, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

2. Makanan dan Minuman Herbal

Makanan dan Minuman Herbal - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Ide bisnis saat new normal yang selanjutnya adalah menjual makanan dan minuman herbal. Karena seperti yang diketahui, di tengah pandemi virus Covid-19 saat ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus.

Untuk itu, ide bisnis makanan dan minuman herbal ini menjadi salah satu ide yang bisa kamu coba. Mengingat, Presiden Joko Widodo juga sempat menyarankan masyarakat untuk rutin mengonsumsi jamu setiap harinya.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang belakangan ini mengonsumsi minuman jahe, temulawak, kunyit dan lain sebagainya yang diracik sendiri.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan makanan dan minuman herbal dalam bentuk kemasan yang lebih praktis.

3. Produk Kecantikan Rumah

Produk Kecantikan Rumah - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Bagi sebagian besar orang, merawat serta menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, karena pandemi virus Covid-19 kemarin, banyak orang yang tidak bisa melakukan perawatan ke salon.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki bisnis salon, bisa memanfaatkan peluang yang satu ini untuk menyediakan dan menjual produk-produk salo ke dalam bentuk kemasan. Sehingga, bisa digunakan oleh banyak orang di rumah untuk perawatan diri.

4. Menjual Produk Antibakteri

Menjual Produk Antibakteri - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Ide bisnis saat new normal yang keempat adalah menjual produk antibakteri. Di mana, produk-produk tersebut, belakangan ini sedang banyak dicari. Mulai dari hand sanitizer, sabun antiseptik, pembersih antibakteri dan lain sebagainya.

Apabila kamu menjual produk antibakteri di saat -saat seperti ini, peluang untuk usahamu berjalan lancar dan sukses akan lebih besar dari biasanya.

5. Menjual Masker

Menjual Masker - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Selain menjual produk antibakteri, nyatanya menjual masker juga menjadi salah satu ide bisnis saat new normal yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, pasalnya pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk selalu menggunakan masker, apabila beraktivitas di luar rumah.

Dengan begitu, penjualan masker secara tidak langsung meningkat dari biasanya, baik itu masker kain maupun masker bedah. Sebab, masker kini menjadi bagian dari fashion saat new normal.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan bisnis yang satu ini sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan keuntungan yang menggiurkan.

6. Pelayanan Kesehatan Online

Pelayanan Kesehatan Online - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Ide bisnis saat new normal yang keenam adalah pelayanan kesehatan online. Layanan kesehatan yang satu ini, mungkin sudah banyak dikeluarkan oleh beberapa perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi dokter via aplikasi.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan kesehatan online tersebut, bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui AppStore dan PlayStore secara gratis. Setelah itu, masyarakat bisa langsung menggunakannya untuk konsultasi, pembelian obat dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh layanan kesehatan online, rasanya sangat penting bagi kamu untuk mencoba ide bisnis saat new normal yang satu ini.

7. Makanan Frozen

Makanan Frozen - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Selain enam ide bisnis saat new normal di atas, ada pula bisnis makanan frozen yang bisa kamu coba peruntungannya. Karena seperti yang diketahui, belakangan ini makanan frozen memiliki banyak peminat, karena sifatnya yang tahan lama.

Selain itu, makanan frozen juga menjadi salah satu hidangan praktis. Sebab, kamu tidak perlu menghabiskannya dalam satu hari. Kamu bisa mengonsumsi makanan tersebut untuk hari-hari berikutnya, hanya dengan menyimpannya di dalam frozen.

8. Sayur dan Buah Online

Sayur dan Buah Online - Mengulik Lengkap 8 Ide Bisnis saat New Normal yang Bisa Dicoba

Ide bisnis saat new normal yang terakhir adalah menjual sayur dan buah online. Pasalnya, di masa pandemi virus Covid-19 dan new normal permintaan akan sayur dan buah online meningkat dari biasanya.

Hal tersebut dikarenakan, banyak dari masyarakat yang belum berani pergi ke swalayan ataupun tempat ramai lainnya untuk membeli buah dan sayur. Namun di sisi lain, masyarakat juga memerlukan buah dan sayur sebagai panganan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, membeli sayur dan buah secara online menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi ke tempat-tempat ramai. Dengan begitu, ide bisnis sayur dan buah online ini bisa kamu coba.

(Baca Juga: 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan)
Perubahan Perilaku di Era New Normal

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui delapan ide bisnis saat new normal yang bisa kamu coba. Di mana, ide bisnis tersebut sejatinya muncul karena adanya perubahan perilaku masyarakat di era new normal, akibat dari karantina pandemi virus Covid-19.

Maka dari itu, di pembahasan kali ini, CekAja.com akan mengulas beberapa perubahan perilaku masyarakat di era new normal. Adapun beberapa perubahan perilaku tersebut, di antaranya, yaitu:

Memilih untuk Tetap Beraktivitas di Rumah

Perubahan perilaku yang pertama adalah masyarakat akan tetap lebih memilih untuk banyak beraktivitas di rumah dibandingkan di luar, meskipun kini sudah new normal.

Hal tersebut dikarenakan, orang-orang sudah terbiasa beraktivitas di rumah atau merasa belum yakin dengan kondisi di luar rumah yang sudah aman dari virus Covid-19.

Berhati-hati dalam Mengatur Keuangan

Perubahan perilaku yang kedua adalah masyarakat akan semakin berhati-hati dalam mengatur keuangan. Karena seperti yang diketahui, selama masa pandemi virus Covid-19, kondisi perekonomian menjadi tidak stabil.

Bisa dilihat dari banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan, beberapa perusahaan melakukan efisiensi pegawai, hingga banyaknya bisnis yang jatuh berguguran. Maka dari itu, tidak heran apabila masyarakat kini menjadi lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan yang mereka miliki.

Tetap Memilih Menggunakan Layanan Kesehatan Online

Adanya pandemi virus Covid-19 membuat masyarakat enggan datang ke rumah sakit apabila sakit dan membutuhkan pengobatan. Sebab, masyarakat masih merasa takut tertular virus Covid-19 apabila datang ke rumah sakit besar.

Oleh karena itu, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan layanan kesehatan online untuk melakukan konsultasi.

Selain prosesnya yang cepat, konsultasi melalui layanan kesehatan online juga lebih aman, karena kamu bisa melakukannya dari rumah tanpa harus berkomunikasi secara langsung dengan orang lain, dan berada di tengah-tengah keramaian.

Aktivitas secara Online akan Tetap Berjalan

Perubahan perilaku saat new normal yang terakhir adalah aktivitas online yang tetap akan berjalan. Meskipun new normal kini telah diberlakukan di beberapa daerah, namun nyatanya ada sebagian kegiatan yang masih dilakukan dari rumah, seperti misalnya bekerja.

Walaupun, ada beberapa kantor yang tetap mengharuskan pegawainya masuk kerja, meski berbagi shift atau tidak full-time. Selain itu, aktivitas online lainnya yang dirasa akan terus berjalan adalah kebiasaan belanja online.

Nah, beberapa informasi terkait ide bisnis saat new normal dan beberapa perubahan perilaku masyarakatnya telah kamu ketahui. Beberapa ide bisnis tersebut bisa kamu jadikan referensi untuk berbisnis.

Namun tentu saja, sebelum memulai bisnis, ada baiknya kamu mempersiapkan modalnya terlebih dahulu. Tetapi, apabila modal yang kamu miliki saat ini belum cukup, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA dengan mudah dan proses yang cepat melalui CekAja.com. Tidak hanya itu, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis