Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengungkap Penyebab Penyebaran Corona Sangat Cepat

by Kyla Damasha on 6 April, 2020

Banyak yang ingin mengetahui alasan dibalik penyebab penyebaran corona sangat cepat. Pasalnya, dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan, virus corona Covid-19 ini sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia dan menginfeksi lebih dari 10.000 masyarakat.

penyebab penyebaran corona

Tentu saja hal ini membuat petinggi dari berbagai negara begitu gencar membangun strategi guna menghalau penyebaran virus yang diduga datang dari Kota Wuhan, Cina yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Bahkan, tidak hanya petinggi dan aparat negara saja yang merangkai strategi penyebaran, masyarakat pun dituntut untuk bisa saling bekerjasama dan mematuhi aturan yang berlaku agar pandemi corona bisa cepat berlalu.

Dilansir dari liputan6, World Health Organization (WHO) sudah mengeluarkan peringatan untuk seluruh masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan corona, yaitu salah satunya dengan cara selalu rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air ataupun dengan membersihkan permukaan tangan yang sering tersentuh dengan hand sanitizer.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan social distancing untuk sementara waktu, hingga pandemi corona menghilang seiring dengan berjalannya waktu.

Dikarenakan hal itulah, banyak perusahaan yang memberlakukan work from home (WFH) guna membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus yang semakin meluas.

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya, apa penyebab penyebaran corona sangat cepat? Dan mengapa mencuci tangan dijadikan sebagai salah satu bentuk pencegahan?

Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa pertanyaan seputar corona yang mungkin masih mengundang rasa penasaran masyarakat awam. Yuk disimak bersama-sama.

(Baca Juga: Asuransi yang Tepat Untuk Pekerja Medis di Kala Corona Merajarela)

Penyebab Penyebaran Corona Sangat Cepat

Dilansir dari liputan6, seorang ahli virologi structural dari Universitas Washington bernama David Veesler mengungkapkan bahwa memahami penularan virus merupakan kunci yang dapat membantu dalam membatasi sekaligus pencegahan dari virus itu sendiri, tidak hanya untuk saat ini melainkan juga di masa yang akan datang.

Banyak peneliti yang mengakui bahwa virus corona Covid-19 memang dapat menyebar jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan jenis virus lainnya. Untuk penyebab penyebaran corona sangat cepat, penjelasannya dapat dilihat sebagaimana berikut ini yang dilansir dari kompas.com, yaitu:

1. Bentuk Virus

Angela Rasmussen yang berasal dari Columbia University mengungkapkan bahwa struktur dari virus corona bisa memberikan petunjuk mengenai penyebab penyebaran virus corona sangat cepat.

Menurutnya, virus corona Covid-19 ini memiliki bentuk bola runcing layaknya paku. Paku-paku ini kemudian mengenali dan menempel pada protein ACE2 yang terdapat pada permukaan sel manusia. Nah, inilah yang dianggap menjadi langkah awal terjadinya infeksi beserta penyebarannya.

Perlu diketahui bahwa ACE2 merupakan enzim yang menjadi perantara perubahan angiotensin atau hormon untuk mengerutkan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

ACE2 inilah yang menjadi pintu masuknya dari beberapa jenis virus corona ke dalam sel tubuh manusia, termasuk SARS-CoV yang menyebabkan virus SARS.

2. Sifat Virus

Selain dapat dilihat dari bentuk virus, ternyata mengungkap penyebab penyebaran virus corona sangat cepat juga dapat dilihat dari sifat virus itu sendiri. Sebagai contoh, sebagian besar virus pernapasan cenderung menginfeksi saluran udara bagian atas atau bawah.

Secara umum, virus yang menyerang saluran pernapasan atas dapat menyebar lebih luas namun memberikan gejala yang lebih ringan. Sebaliknya, virus yang menginfeksi saluran pernapasan bawah lebih sulit ditularkan, tetapi justru memberikan gejala yang lebih parah.

(Baca Juga: Benarkah Perokok dan Vapers Rentan Terkena Corona?)

Maka dari itu, jika dilihat dari sifatnya, dapat disimpulkan bahwa virus corona Covid-19 yang tengah mewabah saat ini memiliki sifat keduanya, yaitu menyerang saluran pernapasan atas dan pernapasan bawah.

Mengapa? Karena virus ini dapat tersebar dengan begitu cepatnya dan bisa memberikan dampak cukup parah bagi yang terinfeksi.

Apabila infeksi terus berlanjut, maka secara perlahan paru-paru akan tersumbat dengan sel-sel mati dan cairan serta membuat pernapasan menjadi lebih sulit pula. Dalam kondisi ini, sistem kekebalan tubuh akan melawan dan menyerang virus sehingga menyebabkan peradangan dan demam.

Namun di kasus yang lebih ekstrim, sistem kekebalan tubuh justru mengamuk dan menyebabkan kerusakan yang lebih dalam lagi dari virus yang sebenarnya. Dampak terburuknya, yaitu dapat mengarah pada kematian.

3. Reaksi Tubuh Terhadap Virus

Reaksi berlebihan yang merusak ini disebut sebagai badai sitokin. Merekalah yang secara historis bertanggung jawab terhadap banyak kematian dari beberapa pandemi virus yang pernah terjadi, seperti flu 1918, flu burung H5N1, dan wabah SARS yang terjadi pada tahun 2003.

Selama terjadinya badai sitokin, sistem kekebalan tubuh tidak hanya mengamuk tetapi juga cenderung menyerang sesuka hati tanpa mengenai target yang tepat. Nah, inilah yang menjadi salah satu penyebab penyebaran virus corona sangat cepat.

Badai sitokin juga dapat mempengaruhi organ-organ lainnya seperti paru-paru, terutama untuk orang yang memang sudah memiliki penyakit kronis sebelumnya. Inilah yang bisa menjadi penyebab mengapa beberapa pasien dari virus corona Covid-19 justru berakhir dengan komplikasi seperti masalah jantung dan infeksi sekunder.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa virus corona dapat berkembang biak setiap sepanjang tahun. Menurut Lisa Gralinski, seorang ilmuwan dari Universitas North Carolina berkata bahwa pergantian cuaca belum tentu dapat memberikan efek penyebaran virus.

Disisi lain, ia mengungkapkan bahwa salah satu cara yang dapat memperlambat penyebaran adalah dengan melakukan social distancing atau menjaga jarak aman dalam berkontak dengan orang lain.

Tidak hanya melakukan social distancing saja, ketika keluar rumah pun kamu juga harus mengenakan atribut yang lengkap agar tidak tertular atau menularkan virus ke orang lain yang kita temui, seperti dengan selalu memakai masker dan sarung tangan.

Selain itu, mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer juga dijadikan sebagai langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran virus. Di saat virus corona masih mewabah, tentunya kamu ingin bisa melindungi diri dan keluarga dari datangnya penyakit yang tidak diinginkan, bukan?

Dari pada bingung, yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu di CekAja.com dan lindungilah diri beserta keluarga yang dicintai.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda