Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menikmati Hutan Wisata Tersembunyi di Batam!

by Teti Purwanti on 1 Agustus, 2019

Indonesia memiliki beragam tujuan wisata, namun banyak yang belum diketahui banyak orang. Misalnya, wisata ke kebun binatang, sebab, bagi sebagian besar orang, tren wisata tengah bergerak pada eksplorasi daerah baru dan mengunjungi destinasi yang menyajikan pemandangan menarik nan ciamik sebagai latar foto alias Instagramable.

Namun, anggapan tersebut bisa saja berubah tatkala sudah mengetahui salah satu destinasi wisata di daerah Batam, Provinsi Kepulauan Riau, ini. Dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan mini-zoo, Batam memberikan alternatif destinasi wisata dalam wujud kebun binatang berjuluk Hutan Wisata Mata Kucing.

Arti Nama Mata Kucing

Nama “Mata Kucing” konon berasal dari penghalusan istilah “harimau” bagi masyarakat setempat pada zaman dahulu. Saat memasuki hutan ini dahulu kala pada malam hari, masyarakat sering melihat cahaya-cahaya terang yang seolah mengincar atau melihat mereka.

Mereka meyakini bahwa cahaya tersebut berasal dari mata seekor harimau. Namun, adat setempat menganggap pantang untuk untuk menyebut kata “harimau”.

Karena itulah, kata “harimau“ diganti dengan “kucing” dan tersebarlah nama kawasan ini dengan sebutan Hutan Mata Kucing.

Terletak di Jalan Letjen R. Soeprapto, Sekupang, kebun binatang mini Hutan Wisata Mata Kucing ini tampil beda jika dibandingkan dengan kebun binatang lainnya. Mengunjungi destinasi wisata ini, wisatawan akan merasakan seolah menemui para hewan tersebut di habitatnya.

Sebab, kebun binatang Hutan Wisata Mata Kucing berada di tengah hutan. Hanya, sebagaimana kebun binatang lainnya, beberapa hewan tertentu jelas ditempatkan di kandangnya demi keamanan pengunjung.

(Baca juga: Menjelajah 8 Objek Wisata di Daerah Calon Ibu Kota Baru Indonesia)
Cocok untuk Liburan Keluarga

Meski letaknya di tengah hutan dan banyak hewan yang dilepasliarkan, bukan berarti wisata ini tidak ramah keluarga. Kebun binatang ini cukup representatif untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Memasuki destinasi ini, wisatawan akan disambut oleh tiga kandang berukuran besar yang dihuni oleh kera. Tingkah mereka yang berisik seolah menyambut kedatangan para wisatawan.

Bergeser ke bagian dalam area, wisatawan dapat menemui buaya dengan ukuran yang terbilang besar. Meski berbadan besar, pengunjung kerap juga terkecoh oleh keberadaan reptil yang satu ini karena warna kulitnya yang begitu saru dengan lingkungan tempatnya berdiam.

Kolam ikan besar yang berada di kawasan ini juga menjadi salah satu spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Hutan Wisata Mata Kucing. Sambil bersantai melepas penat di pinggir kolam, pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis ikan dengan ukuran yang cukup besar.

Mereka akan muncul ke permukaan saat diberi umpan makanan oleh para wisatawan. Satu hal yang menjadi ketertarikan wisawatan di spot ini adalah keberadaan ikan Arapaima.

Mereka penasaran untuk menyaksikan predator yang berasal dari Sungai Amazon tersebut. Sementara ikan ini ditakuti di daerah lain, di Hutan Wisata Mata Kucing ikan Arapaima justru digemari.

Sayangnya, tadinya jumlah ikan predator ini berjumlah lima ekor. Sayangnya, terus berkurang karena banyak pengunjung yang penasaran dan melempar baru ke kolam sehingga melukai ikan-ikan tersebut secara terus-menerus. Ikan Arapaima ini bisa besarnya bisa mencapai dua meter.

Kebun Binatang Mata Kucing, menjadi salah satu kebun binatang yang masih memelihara hewan tersebut, padahal Menteri Kelautan dan Perikanan sudah melarang ikan tersebut beredar di Indonesia, sejak pertengahan 2018 lalu.

Berenang di Tengah Hutan

Keunikan Hutan Wisata Mata Kucing tidak hanya berhenti sampai di kebun binatang mini di dalamnya. Di kawasan ini, wisatawan dapat merasakan sensasi berenang di tengah hutan.

Ya, obyek wisata ini menyediakan fasilitas kolam renang di tengah hutan. Berenang di sini tentu memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung, berenang di kemurnian alam ditemani bebunyian khas hutan tropis.

Fasilitas di kawasan ini terasa makin lengkap untuk liburan keluarga ketika Hutan Wisata Mata Kucing juga menyajikan sarana outbond. Puas menikmati keberagaman satwa, pengunjung ditantang untuk berolahraga dengan permainan yang menantang adrenalin.

Tidak hanya itu, hutan wisata ini juga sangat mendukung wisatawan yang memiliki hobi hiking. Jalur yang rapi dengan track yang memadai siap memandu wisatawan untuk menikmati Hutan Wisata Mata Kucing lebih dalam.

Buat kamu yang ingin menikmati hutan wisata di Batam coba atur jadwal cuti kamu. Sama jangan juga lupa untuk menyiapkan asuransi perjalanan agar liburanmu semakin nyaman.

Ajukan di CekAja.com dan rasakan kemudahannya!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami