Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menikmati Jalan-jalan Seru ke Palu

by Miftahul Khoer on 9 Oktober, 2019

Sudah menjadi rahasia umum kalau Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut) merupakan dua lokasi paling menarik untuk kunjungi di Pulau Sulawesi. Namun, Sulawesi bukan hanya Utara dan Selatan saja, namun juga ada Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan ibu kota Palu.

Beberapa waktu lalu, kota ini sempat terkena bencana yang cukup besar, namun bukan berarti kota ini kehilangan tempat indahnya. Ditambah lagi, Sulteng mempunyai daratan yang paling luas dibanding dengan provinsi lain di Pulau Sulawesi, sehingga masih banyak objek wisata yang bisa dieksplorasi di sana dengan biaya yang relatif murah.

Provinsi ini juga dilewati garis khatulistiwa yang membuatnya semakin dikenal oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Penasaran dengan indahnya objek wisata di kota khatulistiwa ini? Simak empat diantaranya yang pasti membuat kamu tertarik untuk liburan ke sana.

  • Cagar Alam Morowali

Cagar Alam Morowali terletak di dua kecamatan, yaitu Petasia (Kolonodale) dan Bungku Utara, di Kabupaten Morowali. Cagar alam Morowali mempunyai nilai pelestarian yang tinggi sebab daerah ini merupakan salah satu daerah terluas yang masih ada dan merupakan daerah hutan hujan dataran rendah alluvial di Sulawesi.

(Baca juga: Wisata ke Kampung Batik Yuk, Ini 5 Pilihannya!)

Keindahan alam di kawasan ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan, penelitian dan pariwisata. Apalagi begitu banyak tanaman dan hewan yang hidup di wilayah konservasi ini, sehingga tidak aneh Cagar Alam Morowali juga dinikmati terutama bagi petualang yang menyenangi kegiatan jalan jauh, mendaki gunung, dan panorama hutan hujan di Morowali. Karena kawasannya yang masih sangat alami, banyak wisatawan yang datang ke sini wajib menjaga lingkungan.

  • Kepulauan Togean

Di Kepulauan Togean terdapat Taman Nasional Laut Togean yang juga terkenal dengan keindahan pasir putihnya nan lembut dan alam bawah lautnya telah mampu menyihir ribuan turis mancanegara untuk mengunjunginya.

Pulau cantik Togean memiliki 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya.

Togean adalah tempat yang paling tepat bagi para pencinta pantai dan alam bawah laut. Di sana, wisawatan bisa berkeliling ke pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan, canoing, snorkeling, atau bahkan diving.

Untuk diketahui, karena belum banyak juga orang yang ke Togean, tarif berbagai kegiatan di daerah ini relatif masih terjangkau untuk wisata pantai.

  • Tanjung Karang Palu

Banyak pantai di Indonesia yang memiliki nama Tanjung Karang. Namun kali ini yang akan dibahas adalah Tanjung Karang di Palu, sebuah pantai dengan pasir putih nan indah, bukan tempat para nelayan melaut dan mengumpulkan hasil tangkapannya seperti yang terjadi di Tangerang.

Wisata Tanjung Karang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat indah di Sulteng yang relatif belum terjamah dan asri, dan hanya berjarak 32 km dari kota Palu. Pantai yang begitu indah dengan pasir putih dan lautnya yang kebiru-biruan serta jernih merupakan salah satu dari sekian banyak kelebihan yang dimilikinya. Bukan hanya ingin wisata pantai, bagi penyuka diving dan snorkeling juga akan betah berada di pantai ini.

  • Taman Nasional Lore Rindu

Taman Nasional Lore Rindu seluas 231.000 hektare menjadi rumah bagi flora dan fauna endemik langka yang hanya terdapat di Sulawesi. Bahkan beberapa tanaman dan hewan tidak akan bisa ditemukan di belahan dunia lainnya.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata ala Luar Negeri di Banyuwangi)

Di kawasan ini akan dijumpai pegunungan, rawa, danau, dan hutan dalam satu kompleks Taman Nasional yang begitu luas. Ada danau Lindudi di kaki Gunung Nokilalaki yang berada di ketinggian 2.355 meter di atas permukaan laut dan menjadi sumber mata pencaharian bagi nelayan setempat.

Sedangkan puncak tertingginya berada di Gunung Rorekatimbu yang terletak 2.600 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, di taman nasional ini juga bisa dinikmati peradaban megalitik yang akan membuat decak kagum. Sebanyak 431 situs megalitik peninggalan peradaban Lembah Besoa membuat situs ini menjadi monument megalitik terbaik di Indonesia.

Di sini pengunjung juga bisa menemukan patung batu manusia, jambangan besar, piringan, batu-batu cembung, mortar batu, serta tiang penyangga rumah dengan ukuran yang berbeda-beda dengan usia yang mencapai ratusan tahun.

Gimana? Menarik bukan objek-objek wisata alam di Sulteng? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu dapatkan lewat CekAja.com ya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami