Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

4 min. membaca Oleh CekAja on

Gorengan. Siapa yang tidak suka dengan jenis makanan ini. Kudapan nikmat nan renyah itu hampir disukai oleh segala usia, tua muda, kecil besar, dewasa maupun anak-anak semuanya pasti menyukai gorengan. Nah saat bulan Ramadan seperti sekarang, permintaan akan gorengan biasanya melejit. Kamu bisa tuh memanfaatkan peluang tersebut untuk bisa ikut menikmati renyahnya keuntungan bisnis gorengan.

Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

Setiap orang memiliki idolanya sendiri terhadap jenis gorengan. Layaknya superhero yang memiliki berbagai karakter. Ada yang menyukai tempe goreng, tahu isi, bakwan, risoles atau bola-bola ubi. Semua memiliki keunikan rasa masing-masing.

Nah berikut merupakan beberapa bisnis gorengan terlaris yang bisa kamu jual dirumah saat Ramadan.

Untuk awal tidak perlu gerobak, yang penting adalah kamu bisa selalu menyajikannya hangat. Jadi bisa dibuat skema, pesan dulu baru dibuat.

(Baca juga: Bukan Jualan Gorengan! Ini Ide Bisnis Keren Dengan Modal di Bawah Rp 500 ribu)

1. Tempe goreng

Tempe goreng - Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

Sensasi kriuk saat memakannya membuat panganan sederhana ini selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

Apalagi tempe juga sudah menjadi identitas bangsa ini. Jadi rasanya tidak ada orang yang sanggup menahan nikmatnya rasa tempe goreng berbalut tepung.

Harga sepapan tempe itu sekitar Rp5.000 rupiah. Dari situ kamu bisa mengirisnya tipis menjadi puluhan buah dan menjualnya kembali dengan harga Rp.1.000 per buah. 

Namun kamu juga harus memperhitungkan tepung, telur dan juga minyak. Tetapi melihat ongkos produksinya, rata-rata kamu bisa mengambil cuan hampir 100%.

Renyah bukan keuntungannya. Jadi sembari menunggu jam buka puasa, kamu bisa mulai menjajakannya di depan rumah.

Selain itu, mungkin kamu bisa menimbangnya untuk menggunakan minyak kelapa sebagai minyak goreng. Jadi bisnis gorengan yang kamu mulai menjadi lebih sehat

2. Tahu Isi

Tahu Isi - Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

Panganan berbasis gorengan yang masuk dalam kategori legend berikutnya adalah tahu isi. Kebanyakan orang tidak ingin memakan tahu isi yang diluar biasanya.

Tahu isi yang menjadi kegemaran banyak orang adalah tahu goreng berisi tauge, wortel dan juga daun bawang.

Kamu mungkin bisa juga menambah isinya dengan memberikan sedikit daging cincang sebagai bahan isian.

Untuk laba dari bisnis gorengan dari tahu isi, kamu bisa menebaknya sendiri ya, harga tahu kulit itu berkisar di harga Rp4.000 per 10 buah, tauge dan juga sayuran lainnya kamu bisa membelinya secara total dengan bujet Rp10 ribu.

Rata-rata keuntungan tahu isi mencapai 50% dari biaya produksi. Untuk menjaga kualitas gorengan kamu, usahakan mendapatkan bahan baku dari tangan pertama.

Maksudnya jangan menunggu tukang sayur keliling, kamu bisa membelinya di pasar atau lewat toko online.

Selain itu, makanan berbasis kedelai ini dikenal kaya akan protein, vitamin A,B Kompleks, E, Kalsium, Fosfor dan juga zat besi. Bahkan jika kamu rutin mengonsumsi kedelai, kamu bisa terhindar dari kanker dan kolesterol jahat.

3. Cireng daun bawang

Cireng daun bawang - Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

Jenis gorengan lainnya yang bisa membuat bisnis gorengan kamu untung adalah Cireng daun bawang.

Makanan yang berbahan dasar tepung sagu itu merupakan cemilaln yang masih terus diburu oleh banyak orang. Modal untuk membuatnya hanya sagu tani dan juga daun bawang.

Kamu bisa membuatnya menjadi 2 jenis, yakni cireng alias aci digoreng yang berbentuk pipih dan sedikit bulat, atau cimol alias aci digemol yang berbentuk bulat atau kotak kecil-kecil.

Oh ya, aci dalam Bahasa sunda merupakan sagu, jadi benar sekali, makanan diduga berasal dari jawa barat.

Potensi keuntungan yang bisa kamu dulang mencapai jutaan rupiah setiap bulannya lo. Awetnya jenis makanan ini membuat kamu juga bisa menjualnya secara daring.

4. Bakwan

Bakwan - Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Kala Ramadan dengan Kredivo

Nah ini merupakan juara dari jajaran gorengan legendaris diatas. Bakwan, gorengan yang terdiri dari tepung, wortel, tauge, kol dan juga daun bawang itu menjadi favorit hampir kebanyakan orang di Indonesia.

Kamu bisa juga mencampurnya dengan I buah udang yang ditaruh diatasnya.

Modal bisnis gorengan untuk membuat bakwan jika hanya berkutat di bahan-bahanannya saja, per harinya berada di kisaran Rp100 ribu. Tetapi keuntungannya juga lumayan, rerata potensi cuannya mencapai 50%.

Terpenting dari itu semua adalah, konsumen menyukai gorengan tersebut hangat. Jadi mungkin kamu bisa menggunakan skema buka order dalam bisnis gorengan kamu.

Begitu selesai, kamu bisa langsung menghubungi konsumen tersebut, jadi diberikannya masih hangat.

(Baca juga: 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan)

Gunakan dana eksternal sebagai modal

Nah untuk mencukupi kebutuhan bisnis gorengan kamu saat Ramadan, lebih dianjurkan buat kamu untuk memperoleh dana dari luar kantongmu sendiri, alias dari pihak lain.

Hal itu dimaksudkan agar modal usaha kamu tidak tercampur dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pembukuannya juga menjadi lebih mudah.

Hanya memang, kamu biasanya mendapatkan bunga dari pinjaman yang kamu terima.

Banner Kredivo

Tapi toh bunga tersebut jika dihitung dari persentase keuntungan, masih jauh lebih kecil. Tengok saja, rata-rata bunga pinjaman berkisar diangka 12% hingga 14%, tergantung Lembaga keuangannya.

Itu adalah bunga pertahun, kamu bisa membaginya 12 untuk melihat bunga perbulannya. Kecil bukan, artinya kamu memanfaatkan dana pinjaman tersebut untuk memenuhi kebutuhan modal kamu.

Salah satu lembaga keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa repot adalah Kredivo.

Disana kamu tidak perlu memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebagai syarat mendapatkan pinjaman, kamu hanya tinggal mengajukannya dengan batas dana maksimal Rp30 juta.

Kalau untuk minimal dana pinjaman, tidak ada batasannya. Jadi berapapun kebutuhanmu untuk memulai bisnis renyah itu, ajukan saja.

Asyiknya lagi, kamu bisa menentukan tenor alias jangka waktu sesuai dengan kemauanmu, maksimal 12 bulan ya. Jadi segera mulai bisnis gorenganmu agar keuntungan juga bisa datang segera.

Tentang kami

CekAja

CekAja