8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski kini lapangan pekerjaan sudah banyak tersedia, namun nyatanya masih banyak orang yang ingin merintis usahanya sendiri. Sebelum memulai bisnis, ada baiknya kamu memilih jenis bisnis yang tidak termakan waktu. Lantas, apa saja jenis bisnis tersebut? Yuk, simak ulasan di bawah ini yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu

Sebenarnya ada banyak sekali ragam jenis bisnis yang tidak termakan waktu. Salah satu cara untuk mengetahui jenis bisnis tersebut adalah dengan melihat kondisi pasar. Kamu bisa melihat apa saja hal-hal yang sekiranya selalu dibutuhkan masyarakat.

Salah satu contohnya adalah makanan. Setiap orang, termasuk kamu pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Dengan begitu, kamu bisa menjadikan makanan sebagai bisnis yang akan kamu jalankan. Pasalnya, bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak termakan waktu.

Untuk mengetahui jenis bisnis yang tidak termakan waktu lainnya, di bawah ini ada delapan jenis bisnis yang bisa kamu jadikan referensi, di antaranya yaitu:

1. Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis Laundry Kiloan - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Jenis bisnis yang pertama adalah Bisnis Laundry Kiloan. Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok menjadi bisnis yang tidak termakan waktu, sebab setiap orang pasti menggunakan pakaian dan harus selalu dicuci untuk digunakan kembali.

Terlebih, saat ini setiap orang sudah semakin sibuk dengan pekerjaan dan pendidikannya, sehingga banyak sekali orang yang menggunakan jasa laundry kiloan sebagai salah satu cara untuk efisiensi waktu.

Tidak hanya itu, kebanyakan laundry kiloan pun menawarkan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan laundry satuan.

Oleh karena itu, jasa laundry kiloan kerap kali dijadikan tempat bergantung para pekerja dan mahasiswa dalam hal membersihkan pakaian.

Melihat beberapa hal di atas, sudah bisa dipastikan bahwa laundry kiloan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan juga bisnis yang tidak termakan waktu.

2. Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang tidak termakan waktu selanjutnya adalah Bisnis Kuliner. Sejatinya bisnis kuliner mencakup banyak hal, mulai dari kue, makanan ringan seperti aneka biskuit, makanan berat seperti nasi, aneka ragam minuman dan lain sebagainya.

Meski memiliki banyak ragam, namun bisnis kuliner ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, makan dan minum merupakan kebutuhan utama setiap orang.

Dengan menggeluti bisnis kuliner, kamu tidak perlu khawatir perihal keuntungan. Sebab, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis ini sudah dipastikan menggiurkan.

Namun kuncinya hanya satu, yaitu kamu perlu pintar memilih jenis makanan atau minuman apa yang selalu menjadi favorit masyarakat, seperti misalnya bakso, nasi padang, es buah dan lain sebagainya.

3. Bisnis Fashion

Bisnis Fashion - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang tidak termakan waktu yang ketiga adalah Bisnis Fashion. Seperti yang diketahui, fashion tidak hanya seputar pakaian saja, tetapi juga berbicara seputar sepatu dan aksesoris lainnya.

Sebagai kebutuhan utama lainnya selain makanan, fashion dewasa ini tidak lagi dianggap sesuatu yang tidak penting.

Hal tersebut dikarenakan, melalui fashion kamu bisa menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya.

Khususnya untuk wanita, rasanya mereka tidak bisa jika memiliki pakaian 5-8 potong saja. Sebab, para wanita tersebut ingin terlihat berbeda setiap harinya. Terlebih, dunia fashion selalu berputar, di mana akan selalu ada tren-tren terbaru.

Dengan begitu, orang akan selalu membeli pakaian sesuai dengan tren yang sedang hype saat itu. Maka dari itu, sudah dipastikan bisnis fashion akan selalu bertahan dan tidak termakan waktu.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Sehat Di Tengah Penyebaran Pandemi Virus Korona)

4. Bisnis Apotek

Bisnis Apotek - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang tidak termakan waktu yang keempat adalah Bisnis Apotek. Bisnis yang satu ini bisa dibilang selalu dibutuhkan, karena setiap orang tentu pernah sakit dan akan mengalami sakit.

Namun, tidak semua sakit perlu berobat ke rumah sakit. Terkadang, kamu hanya perlu minum obat dan beristirahat.

Melalui hal tersebut, kamu dapat melihat bahwa apotek menjadi salah satu pilihan bisnis yang bisa kamu jalankan.

Hanya saja, untuk memulai bisnis ini kamu memerlukan izin khusus dari pemerintah, salah satunya adalah kamu sebagai pendiri Apotek harus memiliki pengetahuan dasar atau basic di bidang farmasi.

5. Bisnis Wedding Organizer

Bisnis Wedding Organizer - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Wedding Organizer nyatanya masuk ke dalam salah satu bisnis yang tidak termakan waktu. Bagaimana tidak, setiap hari mungkin ada saja orang yang menikah.

Dan tak jarang, pasangan yang menikah tersebut menggunakan wedding organizer untuk membantu mempersiapkan semua kebutuhan pernikahan.

Persiapan pernikahan pun terbilang cukup banyak, mulai dari mengurus pelaminan, sewa gedung atau tenda, menentukan jasa catering, foto pre-wedding dan wedding serta beberapa persiapan lainnya.

Banyaknya hal yang perlu disiapkan tersebut, membuat wedding organizer tentu memiliki harga yang cukup besar sesuai dengan persiapannya.

Oleh karena itu sudah bisa disimpulkan, bahwa bisnis wedding organizer menjadi salah satu bisnis yang bisa meraup keuntungan besar untuk sekali event.

6. Bisnis Periklanan

Bisnis Periklanan - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang tidak termakan waktu yang keenam adalah Bisnis Periklanan. Bisnis ini akan selalu ada dan dibutuhkan selama masih ada produk yang ingin dipromosikan. Bisnis periklanan pun biasanya satu paket dengan bisnis penerbitan.

Hal tersebut dikarenakan, setiap produk dalam bentuk barang atau jasa dipromosikan, maka produk tersebut pun secara tidak langsung juga harus dipublikasikan.

Untuk memulai bisnis ini, tentu memerlukan SDM yang inovatif dan kreatif untuk bisa menguasai pasar.

Dan sejauh perkembangan, kini semakin banyak SDM yang inovatif dan kreatif, khususnya dikalangan anak muda. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis periklanan.

Sebab, selain tidak termakan waktu, bisnis yang satu ini juga mudah untuk mencari SDM yang sesuai kebutuhan.

7. Bisnis Properti

Bisnis Properti - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang tidak termakan waktu yang ketujuh adalah Bisnis Properti. Seperti yang diketahui, setiap harinya jumlah penduduk semakin bertambah.

Dan tentu saja, setiap orang pun pasti selalu mencari bangunan untuk tempat tinggal, baik dalam bentuk rumah, apartemen, kos dan lain sebagainya.

Dengan begitu, bisnis properti bisa dikatakan akan selalu dibutuhkan. Terlebih, bisnis properti tidak hanya berputar pada bangunan jadi saja, tetapi kamu bisa menjalankan bisnis properti mulai dari menjual bahan bangunan.

Namun satu hal yang perlu kamu ketahui, untuk memulai bisnis properti, kamu perlu memiliki modal yang cukup besar.

Oleh karena itu, ada baiknya menabung terlebih dahulu apabila kamu memiliki niat untuk menggeluti bidang properti untuk bisnis mu.

8. Bisnis Perlengkapan Bayi

Bisnis Perlengkapan Bayi - Menilik 8 Bisnis yang Tidak Termakan Waktu beserta Serba-serbinya

Bisnis yang terakhir adalah Bisnis Perlengkapan Bayi. Wajar saja apabila bisnis yang satu ini dinobatkan sebagai bisnis yang tidak termakan waktu.

Pasalnya, jumlah penduduk semakin bertambah, yang artinya angka kelahiran pun selalu naik.

Dengan begitu, banyak pula bayi-bayi yang baru lahir, sehingga serangkaian perlengkapan bayi pun selalu dibutuhkan.

Beberapa perlengkapan bayi tersebut di antaranya adalah perlengkapan mandi, peralatan makan, stroller hingga sederet pakaian dalam jumlah banyak.

Banyaknya jumlah pakaian tersebut dikarenakan tubuh bayi cepat sekali tumbuh, sehingga memerlukan beragam pakaian dengan ukuran dan model yang berbeda-beda.

Hal ini yang menjadi satu keuntungan utama dan besar yang bisa kamu dapatkan dari bisnis perlengkapan bayi.

Hambatan saat Berbisnis

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui delapan bisnis yang tidak termakan waktu, kini saatnya kamu mengetahui apa saja yang menjadi hambatan saat berbisnis.

Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa hambatan yang akan kamu hadapi saat berbisnis, di antaranya yaitu:

  • Modal yang tidak mencukupi
  • Produk yang dijual tidak laku di pasaran
  • Rasa tidak percaya diri
  • Tidak mendapatkan dorongan semangat dari orang terdekat
  • Tidak berani mengambil resiko
  • Biaya untuk pemasok tinggi
  • Pendapatan yang dimiliki tidak tetap
  • Tidak memiliki jaminan keuangan, seperti misalnya pensiunan untuk pegawai negeri
  • Tidak memiliki waktu istirahat jika bisnis yang kamu rintis terbilang baru
  • Besar kecilnya keuntungan bergantung pada iklim pasar dan minat masyarakat terhadap suatu produk
  • Cara atau sistem berbisnis yang digunakan kurang tepat
  • Ditolak oleh investor.

Nah, beberapa hambatan tersebut bisa kamu catat dan ingat sebagai antisipasi sebelum mengambil langkah dan keputusan dalam memulai bisnis mu.

(Baca Juga: 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awalnya)

Cara Memasarkan Produk Bisnis

Sebenarnya, cara memasarkan produk bisnis bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, kamu sudah pasti mengetahui metode apa saja yang sekiranya cocok untuk mempromosikan bisnis mu, tetapi kamu tidak tahu apakah metode tersebut berhasil atau tidak ketika kamu gunakan.

Sejatinya, ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk bisnis mu, di antaranya yaitu secara offline dan online.

Jika kamu ingin memasarkan produk mu secara offline, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran Word of Mouth (WOM) atau dari mulut ke mulut, dengan mempromosikannya langsung kepada target pasar mu.

Sedangkan jika kamu ingin memasarkan produk mu secara online, kamu bisa memanfaatkan e-commerce sebagai lokasi berjualan dan beberapa media sosial sebagai tempat kamu melakukan promosi.

Apapun caramu memasarkan produk sebenarnya sama saja, yaitu sama-sama memiliki keunggulan.

Apabila kamu memasarkan produk secara offline, maka keunggulannya adalah kamu bisa mempersuasi orang secara langsung.

Dan jika kamu memasarkannya dengan cara online, maka keunggulan yang kamu dapatkan adalah kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Nah, kini kamu sudah mengetahui sederet bisnis yang tidak termakan waktu dan serba-serbinya, mulai dari cara pemasaran hingga hambatannya.

Seperti yang sudah kamu ketahui juga, bahwa modal menjadi hambatan utama dalam berbisnis.

Sebab, sebaik apapun bisnis mu apabila tidak ada modal, maka tidak bisa berjalan. Namun kamu tidak perlu khawatir, pasalnya kini kamu bisa mendapatkan dana tunai dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com.

Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani