Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Menilik Lebih Dekat Karir dan Bisnis Ustad Arifin Ilham

by Miftahul Khoer on 9 Januari, 2019

Muhammad Arifin Ilham atau akrab disapa Ustad Arifin Ilham sedang terbaring sakit. Ia sempat mengalami kanker getah bening stadium 4. Namun dinyatakan sembuh dan harus menjalani kemoterapi selama dua bulan. Saat ini Arifin Ilham kembali dirawat di RSCM Jakarta.

Ustad Arifin Ilham - CekAja

Arifin Ilham merupakan ustad kondang yang kesehariannya disibukkan dengan dakwah dan zikir di berbagai tempat. Ia juga punya program zikir sendiri di salah satu stasiun televisi nasional. Selain zikir, ia juga memiliki beberapa bisnis yang sebagian keuntungannya digunakan untuk membiayai aktivitas dakwahnya.

Mau tahu lebih dekat tentang Ustad Arifin Ilham dan beberapa aktivitasnya? Yuk simak saja rangkuman informasi yang telah kami susun berikut ini.

Nakal dan sering berkelahi

Tak ada yang menyangka, Arifin Ilham kecil adalah pribadi yang cukup menjengkelkan terutama bagi keluarga. Ya, sejak kecil, pria kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 itu sudah sering merepotkan orangtuanya.

Arifin merupakan pribadi yang nakal. Ia sering terlibat perkelahian dengan sesama temannya saat duduk di sekolah dasar. Begitu juga saat ia masuk pesantren, tak jarang ia menghajar temannya karena melihat ketidakadilan. Meskipun, selama berkelahi ia sering juga kalah.

Arifin Ilham juga sering jahil. Saat orangtuanya mendatangkan guru ngaji ke rumahnya, Arifin tak jarang menyembunyikan sandal hingga menggembosi ban motor milik gurunya itu.

Tak cukup sampai di situ, perilaku petakilan Arifin saat beranjak dewasa semakin membuat orangtuanya kesal. Suatu hari saat menonton pertandingan badminton di lapangan milik kampungnya, Arifin sengaja merokok di hadapan ayahnya hanya untuk membuat ayahnya marah.

Sontak saja, ayahnya yang saat itu bekerja di sebuah bank plat merah tampak kesal dan marah hingga langsung menamparnya. Dan memang, saat kecil, Arifin Ilham lebih banyak bergaul dengan teman-teman yang berusia lebih tua.

(Baca juga: Ini Berbagai Sumber Penghasilan Vanessa Angel)

Maut hampir menjemput

Ustada Arifin Ilham tercatat dua kali hampir dijemput maut. Waktu kecil, saat ia ikut ibunya ke sungai untuk mencuci pakaian, ia tergelincir ke sungai dan hanyut beberapa meter. Beruntung sang ibu, yang sedang mengandung tua berhasil menyelamatkan Arifin Ilham meski keduanya sempat tak sadarkan diri akibat terbawa arus air sungai.

Arifin Ilham juga sempat dipatok ular kobra saat ia bersama kedua rekannya sedang bepergian di kawasan Kota Depok pada medio 1997. Ular kobra itu merupakan hasil tangkapannya di semak-semak. Saat ular tersebut di masukan ke dalam wadah, Arifin kena gigitan dan bisanya menyebar ke tubuhnya.

Wajah Arifin sempat menghitam akibat racun ular tersebut. Ia beberapa kali dirawat di rumah sakit dan pihak dokter pesimis ia akan sembuh dari gigitan ularnya itu. Namun, ternyata dokter di RS Sint Carolus menyatakan Arifin sembuh dan tertolong.

Pendidikan, dakwah dan majelis Azzikra

Pada 1983, ketika kelas 2 SMP, Arifin dipindahkan oleh orangtuanya ke Jakarta untuk menempuh pendidikan pesantren yang cukup moderen. Ia datang ke Jakarta bersama adiknya Siti Hajar. Orangtuanya menilai pesantren yang ada di Banjarmasin tidak ada yang moderen yang sesuai harapan.

Di Jakarta, ia beberapa kali pindah pesantren hingga menemukan sebuah pondok yang dirasa nyaman dan betah untuk memperdalam ilmu agama. Arifin mondok di Pesantren Assyafi’iyah di kawasan Matraman, Jakarta Selatan.

Ia juga melanjutkan kuliahnya di Universitas Nasional Jakarta jurusan Hubungan Internasional. Di sinilah bakat Arifin semakin berkembang. Mulai dari jago pidato, ceramah dan ilmu agama.

Pada tahun 1997, Arifin mengenalkan sebuah majelis taklim bernama Az-Zikra di Depok. Namun pada 2009 majelis itu ia pindahkan ke kawasan Sentul, Kabupaten Bogor seiring ia juga menetap di sana.

(Baca juga: 5 Bisnis Sampingan Bermodal Kecil yang Layak Dirintis)

Bisnis air minum

Air minum dalam kemasan dengan merek Azzikra merupakan air alkaline ionized water atau air yang dihasilkan melalui proses ionisasi dengan sistem ultrafiltrasi menggunakan ultraviolet.

Proses ionisasi ini juga membuat pH air menjadi alkali sehingga disebut sangat baik untuk kesehatan. Air ini diklaim bisa mengatasi penyakit maag, asam urat, hingga mengeluarkan toksin.

Selain bisa dibeli di lokasi majelis Azzikra, air minum ini juga bisa diperoleh di marketplace. Banyak orang yang menjual minuman ini secara online. Harga per botolnya dibanderol Rp10.000.

Bahkan air Azzikra ini menjadi langganan istana. Beberapa kali dalam rapat kabinet di Istana, air kemasan Azzikra selalu tersedia. Beberapa kali juga saat Presiden Jokowi blusukan di Bogor, ia selalu menggemgam air minum Azzikra. Bahkan saat menjamu Ketua Umum Partai Gerindra pun air Azzikra tersedia di meja.

Kembangkan bisnis madu

Selain bisnis air mineral, Arifin Ilham juga sejak 2015 mengembangkan bisnis madu yang saat ini sudah banyak agennya. Bahkan sejumlah ustad kondang lainnya pun menjadi agen bisnis madu Azzikra ini.

Menurut Arifin Ilham, menjadi ustad bukan mencari rezeki dari aktivitasnya berdakwah. Ia lebih memilih mengembangkan usahanya itu agar terhindar dari permintaan tarif saat berdakwah.

Madu Azzikra tersebut dibanderol mulai dari Rp75.000 dan bisa didapatkan di majelis Azzikra dan juga via online. Arifin mengatakan meski bisnis madu Azzikra ini punya agen, namun bisnis tersebut bukan multilevel marketing atau MLM.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.