Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Menilik Usaha Jajanan Pasar, Modal Terjangkau di Bawah 1 Juta

by Vera Khairifah on 12 November, 2019

Usaha jajanan pasar menjadi salah satu usaha yang terus eksis hingga kini. Permintaan jajanan pasar selalu ada di daerah manapun.

Menilik Usaha Jajanan Pasar, Modal Terjangkau Di Bawah 1 Juta

Jajanan pasar terdiri dari aneka kue tradisional, jajanan anak sekolah, dan kue dari berbagai negara yang dikenal oleh lidah orang Indonesia.

Kelebihan Usaha Jajanan Pasar

Usaha jajanan pasar juga bisa ditekuni sebagai usaha sampingan maupun usaha utama dengan skala jual yang besar. Ada beberapa kelebihan usaha jajanan pasar dibandingkan dengan usaha lain.

1. Permintaan Selalu Ada

Permintaan usaha jajanan pasar terbilang selalu ada di setiap waktu. Kamu bisa menjual beragam kue di pagi hingga siang hari, atau mulai dari sore hingga malam hari.

Kebutuhan kue pasar tidak hanya untuk konsumsi rumahan, tapi juga dalam jumlah besar untuk acara-acara, dan permintaan skala besar untuk para reseller.

2. Mudah Dikembangkan

Usaha jajanan pasar bisa cepat dikembangkan mulai dari promosi mulut ke mulut. Kamu berpeluang mendapat pesanan dalam skala besar. Sehingga menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal di muka.

Karena bisa berlakukan sistem PO (pre-order), di mana pemesan harus membayar dulu di muka.

3. Modal Terjangkau

Biaya membuat berbagai kue jajanan pasar seperti donat goreng, kue cucur, pastel, klepon dan lain-lain dengan porsi standar (skala penjualan kecil) adalah sekitar Rp60 ribu hingga Rp80 ribu. Maka, untuk menjual 10 jenis kue hanya dibutuhkan modal Rp800 ribu.

Ditambah biaya wadah plastik dan lain-lain, usaha jajanan pasar menghabiskan modal tidak lebih dari Rp1 juta. Apalagi jika kamu membuat kue berbeda jenis, namun sebagian komposisinya memiliki kesamaan.

Jenis Usaha Jajanan Pasar yang Laris

Siapa bilang usaha jajanan pasar hanya dalam bentuk sajian ragam kue seperti yang ada di pasar tradisional? Kini, ada beberapa usaha jajanan pasar yang diinovasikan dengan produk dan rasa kekinian. Sehingga mampu menarik pembeli dan laris di pasaran. Di antaranya:

1. Surabi

Jajanan pasar mirip pancake terkenal di Bandung san Solo ini kini disajikan dengan banyak rasa serta topping. Mulai dari Nutella, meses, selai buah, hingga suwiran daging ayam.

Resep jajanan pasar ini terdiri dari:

Bahan kuah surabi

Cara membuatnya:

2. Donat Kentang

Kepopuleran donat kentang sekarang ini kembali naik. Teksturnya yang empuk serta rasa manis dan gurih difavoritkan pembeli. Harganya juga cenderung lebih murah dibanding donat bermerk lain.

Resep jajanan pasar donat kentang:

Cara membuatnya:

3. Kue Pancong

Kue pancong juga hits dan penjual meraup banyak untung saat inovasi rasa kue pancong dilakukan. Yakni dengan menggunakan rasa green tea, red velvet, ovomaltine, dan masih banyak lagi.

Resep jajanan pasar kue pancong:

Cara membuat:

Tips Menjalankan Usaha Jajanan Pasar
1. Analisa Selera Pasar

Sebelum memulai bisnis usaha jajanan pasar, analisa dahulu seperti apa selera para calon konsumen. Jika kamu memilih menjual di pasar tradisional, maka jual kue-kue yang beragam dan banyak pilihan.

Lalu, misalnya saja kamu mau menjual di area perkantoran, kombinasikan dengan jajanan pasar kekinian lain seperti macaroni schotel.

Juga, tentukan harga jual jajanan pasar sesuai target konsumen. Harga dari produk usaha jajanan pasar dimulai dari Rp 1000 hingga Rp 3500 per piece.

2. Jaga Mutu Produk

Untuk menjadi pelaku usaha jajanan pasar yang sukses, jaga selalu mutu jajanan pasar yang kamu buat. Pakai pemanis dan pewarna alami dan pastikan bahan dan alat yang digunakan higienis.

3. Buat Promosi

Tawarkan usaha jajanan pasar ke siapapun melalui promosi mulut ke mulut. Kamu juga bisa menyertakan bonus atau diskon untuk pembeli yang membeli dalam jumlah besar.

Misalnya promo beli sepuluh gratis satu, atau potongan harga untuk pembelian 50 pieces jajanan pasar.

Berbagai pilihan kredit tanpa agunan (KTA) dengan syarat mudah bisa kamu dapatkan untuk memulai usaha. Ajukan di CekAja sekarang juga.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast