Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Meninggal Dunia, Inilah Jejak karier Ashraf Sinclair

by Miftahul Khoer on 19 Februari, 2020

Panggung hiburan tanah air kini tengah berduka atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Bapak yang memiliki seorang anak ini menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa pukul 4.51 WIB. Nyawanya tak tertolong akibat terkena serangan jantung.

karier ashraf sinclair

Pria kelahiran 18 September 1979 ini menikah dengan Bunga Citra Lestari pada 8 November 2008.

Kala itu, akad nikah Ashraf Sinclair dan BCL dilakukan di Masjid Al Bina, Senayan. Resepsi pernikahan kedua pasangan ini pun digelar dua kali, yakni di Jakarta dan Kuala Lumpur.

Sepanjang hidupnya ia tidak hanya dikenal sebagai artis dan aktor namun ia juga dikenal sebagai pengusaha.

Salah satu usaha yang pernah ia bangun bergerak di bidang hiburan. Bersama dengan Aishah Sinclair, saudara perempuannya dan sahabat lamanya Sazzy Falak ia mendirikan perusahaan hiburan yang bernama SinclairFalak Sdn Bhd.

Nah, untuk kamu ya masih penasaran, bagaimana jejak karier Ashraf Sinclair ini di sepanjang hidupnya. Simak beberapa ulasan mengenai karier Ashraf berikut ini yuk!

(Baca juga: Meninggal Kecelakaan, Ini Alasan Kobe Bryant Selalu Naik Helikopter)
Menggeluti dunia akting

Pada awal karirnya, ia dikenal di Malaysia ketika membawakan acara Box Office yang tayang di ntv7.

Lalu Ashraf mencoba berperan dalam film layar lebar Gol & Gincu (2005) serta serial bertajuk sama, serta serial Realiti, keduanya tayang di televisi lokal.

Berikut beberapa film dan sinetron yang paling terkenal yang pernah dibintangi Ashraf Sinclair:

1. Film Gol & Gincu

Awal karier Ashraf Sinclair ini diawasi ketika dirinya menjadi aktor dalam film berjudul Gol & Gincu di tahun 2005.

Dalam film tersebut Ashraf berperan sebagai Eddy yang beradu akting dengan Nur Fazura Sharifuddin dan Sazzy Falak. Film diadaptasi dari cerita Lina Tan dan Rafidah Abdullah yang disutradarai oleh Bernard Chauly​.

2. Film Saus Kacang

Film pertama yang melambungkan Ashraf menjadi selebriti di Indonesia. Film ini dibuat ketika ia baru saja menikah dengan BCL pada November 2008 silam.

Kala itu, aktor kelahiran London itu harus beradu akting dengan istrinya sendiri BCL dan berkat film inilah kariernya di dunia hiburan tanah air mulai menanjak.

3. Film The Real Pocong

Selain berakting dalam film-film romantis, Ashraf pun mencoba merambah ke film horor.

Film The Real Pocong yang tayang pada 2009 ini juga dibintangi oleh Nabila Syakieb yang berperan sebagai istri Ashraf. Film ini berdurasi 102 menit dan disutradarai oleh Hanny R. Saputra.

4. Sinetron Sekar

Sekar adalah sebuah sinetron pertama yang dibintangi oleh Ashraf. Sinetron ini tayang pada 5 November 2008 hingga 6 April 2009.

Dalam sinetron ini, Ashraf berperan sebagai Brama yang beradu akting dengan Asmirandah, Naysila Mirdad dan Kevin Andrean. Sinetron ini tayang di RCTI pada pukul 19.00 WIB dan disutradarai oleh Indrayanto Kurniawan.

5. Sinetron Catatan Hati Seorang Istri

Sinetron yang tayang pada tahun 2014 ini pernah menjadi tontonan paling ditunggu-tunggu dan dicintai masyarakat Indonesia kala itu.

Kisah sinetron ini diambil dari sebuah novel bestseller karya Asma Nadia. Sinetron yang tayang di stasiun TV RCTI ini menjadikan Ashraf sebagai pemeran utama dan beradu akting dengan Dewi Sandra.

6. Sinetron Dewi

Sinetron yang bertajuk Dewi merupakan sinetron Indonesia yang ditayangkan perdana pada hari Senin 11 November 2019 pukul 18.00 WIB sampai pukul 19.15 WIB.

Sinetron ini diproduksi oleh MNC Pictures dan disiarkan RCTI. Dewi adalah sinetron terakhir yang dibintangi oleh ayah satu anak itu.Pada sinetron Dewi, Ashraf Sinclair berperan sebagai dokter bernama Fahri.

(Baca juga: 10 Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda. Milenial Wajib Coba!)
Menggeluti dunia bisnis

Karier Ashraf Sinclair tidak hanya di dunia akting, dia juga menggeluti dunia bisnis. Bahkan pada 2017, Ashraf bergabung dengan salah satu perusahaan pemodal untuk 500 perusahaan rintisan (startup) di kawasan Asia Tenggara. Program ini secara khusus diberi nama 500 Durians.

Seperti dikutip kumparan, Selasa (18/2), Ashraf didapuk secara langsung oleh KhaiLee Ng, menjadi Managing Partner 500 Startups, untuk turut mensukseskan program 500 Durians.

Di Asia Tenggara, perusahaan ini punya target menggelontorkan Rp650 miliar ke 250 perusahaan rintisan.

Selain di dunia startup, Ashraf juga menjadi investor dalam perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kecantikan. Ashraf merupakan investor Althea.

Perusahaan tersebut berasal dari Korea Selatan. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk kecantikan, seperti masker, skin care hingga makeup.

Sementara itu, Ashraf juga terjun ke usaha kuliner, Ashraf sempat mengelola rumah makan khas Sunda, Pondok Sunda dan restoran Korea Bulgogi Brothers.

Pada 2012 lalu, ia juga menjadi inisiator di outlet TGIF, jaringan restoran AS yang fokus pada casual dining.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai Ashraf, aktor berbakat sekaligus seorang pebisnis ini.

Kariernya di Indonesia terbilang cukup melejit berkat kemampuan aktingnya terlebih setelah ia menikah dengan BCL pada 2008 silam. Namun sayang, kini tinggal namanya saja yang bisa diingat. Selamat jalan Ashraf.

Kamu juga bisa mengukir nama kamu sendiri seperti Ashraf. Mulailah melakukan usaha secara mandiri. Berdayakan banyak orang, karena hal itu bisa membuat kamu lebih bermanfaat bagi orang lain. Butuh modal, jangan ragu akses CekAja.com

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.