Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menjulang 1 Km, Jeddah Tower Bakal jadi Gedung Tertinggi di Dunia

by Miftahul Khoer on 13 Januari, 2020

Pembangunan Jeddah Tower di Arab Saudi mendekati penyelesaian yang akan menjadikan gedung tersebut menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Sekaligus menggeser gedung-gedung pencakar langit yang sudah ada sebelumnya antara lain Burj Khalifa, Menara Shanghai, dan deretan gedung-gedung lainnya.

Yuk kita berkenalan dengan gedung pencakar langit terbaru tersebut dan juga dengan gedung-gedung tinggi lainnya di dunia:

Jeddah Tower - Menjulang 1 Km, Jeddah Tower Bakal jadi Gedung Tertinggi di Dunia
source: cnn.com

Jeddah Tower adalah gedung yang terletak di Jeddah, Arab Saudi dan dirancang oleh Adrian Smith. Awalnya gedung ini dirancang dengan ketinggian 1,6 km yang kemudian dipangkas menjadi 1 km karena kendala geografis yang tidak memungkinkan.

Karena memiliki postur yang sangat tinggi, maka pondasi gedung ini juga tertancap sangat kuat di kedalaman 70 meter serta bisa menahan air laut masuk ke dalam tanah tempat pondasi gedung tersebut berada.

Konstruksi gedung tersebut membutuhkan 80 ribu ton baja dan 1 juta meter kubik beton serta direncanakan memiliki 200 lantai dengan 59 elevator yang terdiri dari 54 single deck dan 5 double deck elevator

Gedung ini akan digunakan sebagai observatorium tertinggi di dunia yang juga didesain untuk menjadi lokasi perkantoran, hotel super mewah, dan juga apartemen.

Biaya pembangunan gedung ini memakan dana hingga USD1,5 miliar atau sekitar Rp20,5 triliun.

Burj Khalifa - Menjulang 1 Km, Jeddah Tower Bakal jadi Gedung Tertinggi di Dunia
Source: burhkhalifa.ae

Burj Khalifa merupakan pemegang rekor gedung tertinggi di dunia sebelum adanya Jeddah Tower karena memiliki ketinggian 828 meter yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab.

Awalnya gedung ini bernama Burj Dubai yang kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 lalu.

(Baca juga: Melancong ke Brunei Darussalam, Negeri di Utara Kalimantan)

Gedung ini resmi dibuka pada 4 Januari 2010 lalu dan mendapatkan berbagai rekor dan penghargaan internasional antara lain sebagai bangunan berstruktur tanpa penyangga tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, dek observasi outdoor tertinggi di dunia, serta lift berjarak terjauh di dunia.

Berat beton yang digunakan untuk membangun gedung ini setara dengan berat 100 ribu ekor gajah dan jumlah baja untuk struktur bangunan setara dengan baja yang ada pada 5 pesawat Airbus 380.

Biaya pembangunan gedung ini mencapai USD1,5 miliar sekitar Rp20,5 triliun dengan jumlah pekerja konstruksi 12 ribu orang yang dirancang oleh perusahaan Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction. Karena saking tingginya, ujung gedung ini bisa terlihat dari jarak 95 kilometer.

  • Menara Shanghai
Menara Shanghai - Menjulang 1 Km, Jeddah Tower Bakal jadi Gedung Tertinggi di Dunia
Source: asiawisata.com

Gedung Menara Shanghai yang merupakan kebanggaan China ini memiliki ketinggian 632 meter dan dengan adanya Jeddah Tower, maka gedung ini akan tergeser dari posisi gedung tertinggi kedua di dunia menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia yang dibuka untuk umum pada 2016 silam.

Menara ini dimiliki oleh perusahaan konstruksi dan pembangunan China bernama Yeti, sebuah koalisi pengembang milik negara seperti Shanghai Lujiazui Finance and Trade Zone Development Co, dan Shanghai Construction Group.

Shanghai Tower dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika Serikat Gensler yang juga membangun bandara internasional John F. Kennedy dan juga Houston Ballet Center for Dance. Namun, tim desainer gedung tersebut dipimpin oleh Jun Xia yang lahir dan besar di Shanghai dan lulusan arsitektur dari Universitas Tongji, Shanghai. 

Pembangunan gedung ini menghabiskan anggaran RMB16,5 miliar atau USD2,4 miliar yang bila dirupiahkan sekitar Rp35 triliun, yang sebagian besar berasal dari anggaran Pemerintah Kota Shanghai.

(Baca juga: Fakta dan Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah Beraura Mistis)

Gedung ini terbentuk dari susunan sembilan bangunan silinder yang masing-masing dari susunan tersebut berisi atrium terpisah yang menampilkan taman, kafe, dan ruangan ritel yang tidak terlihat dari luar karena seluruh struktur bangunam berbalut fasad kaca transparan.

Selain itu, gedung ini juga memiliki elevator tercepat di dunia dengan kecepatan 74 km/jam sehingga pengunjungnya bisa mencapai lantai tertinggi gedung ini dengan cepat.

Selain ketiga gedung tersebut, masih banyak gedung-gedung pencakar langit tertinggi lainnya di dunia antara lain Makkah Royal Clock Tower setinggi 601 meter di Arab Saudi, Goldin Finance setinggi 596,5 meter di Tianjin, China, dan Entisar Tower setinggi 570 meter di Dubai, Uni Emirat Arab.

Tertarik untuk mengunjungi gedung-gedung tertinggi di dunia tersebut? Lindungi diri dan keluarga tersayang dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com ya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.