Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Menu Buka Puasa Ini Kudu Dihindari, Kuy Sayangi Lambungmu!

by Miftahul Khoer on 20 Mei, 2019

Berbukalah dengan yang manis. Begitu anjuran yang melekat setiap beduk azan magrib di bulan puasa tiba. Orang-orang terbiasa buka puasa dengan kolak, kurma, kelapa muda dan banyak menu lainnya. Terkadang, tanpa disadari mereka juga mengonsumsi menu buka puasa yang bisa membahayakan kesehatan.

Lalu adakah larangan menu apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat buka puasa?

Kopi

Setelah kondisi perut kosong seharian, sebaiknya hindari dulu buka puasa dengan minum kopi terutama kopi hitam. Pasalnya, kopi berpotensi menaikkan asam lambung dalam kondisi perut kosong. Sistem pencernaan akan terganggu karena kopi memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Terus bagaimana dengan para pecandu kopi yang pasti sudah tak sabar ingin mengonsumsi minuman tersebut? Tidak ada larangan minum kopi setelah waktu buka puasa. Namun, berilah jeda beberapa waktu minimal satu atau dua jam setelah menikmati takjil atau makan besar. Setelah perut kamu terisi oleh makanan lain, baru kamu bisa menikmati secangkir kopi favorit kamu.

(Baca juga: Libur Sekolah Saat Ramadan? Ajak Anak-anak Lakukan Kegiatan Ini!)
Minuman bersoda

Setiap orang pasti ingin sekali menikmati minuman segar saat beduk azan magrib tiba untuk berbuka puasa. Namun, pikir-pikir lagi deh kalau kamu langsung minum minuman bersoda seperti Coca-Cola, Sprite, Fanta, dan minuman lainnya.

Seperti diketahui, minuman bersoda mengandung gelembung karbondioksida sehingga bisa meningkatkan jumlah udara di saluran pencernaan. Khawatirnya, ketika buka puasa kamu langsung minum minuman bersoda, pencernaan kamu malah bermasalah. Bahkan bisa bikin kamu terus sendawa, panas dada, dan sakit perut karena tingkat keasaman minuman bersoda cukup tinggi.

Jadi, beri jeda minimal sekitar dua jam setelah asupan makanan lain masuk ke perut. Baru setelah itu kamu bisa menikmati minuman segar bersoda.

Makanan pedas

Ada satu anekdot yang menyebar di tengah masyarakat selama bulan Ramadan. Siapapun bisa kuat puasa makan nasi, tapi gak bakal kuat puasa makan gorengan. Ya, sebagian masyarakat Indonesia banyak yang menjadikan gorengan sebagai menu favorit untuk buka puasa. Nah, makan gorengan belum afdol jika tidak dibarengi dengan sambal atau cabai rawit dengan sensasi pedasnya yang bikin mata melek.

Tapi, ada tapinya nih. Saat buka puasa sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas yang bisa bikin perut kamu bermasalah. Pasalnya, cabai memiliki senyawa yang pedas yang kemungkinan bisa mengiritasi dinding lambung.

Perut kamu bisa saja mengalami kram dan nyeri gara-gara makanan pedas. Dan tentunya makanan pedas bisa bikin kamu diare. Gak enak banget kan menjalani bulan puasa dengan bolak-balik toilet karena diare? Selain gorengan, hindari juga makanan pedas lain seperti rujak, sambal hingga saus.

(Baca juga: Buat Coffee Snob, Catat Nih Jam Terbaik Ngopi di Bulan Puasa)
Minuman dingin

Siapa yang pengen buka puasa dengan minuman yang bikin segar tenggorokan? Tentu saja, minuman segar bisa menghilangkan dahaga di tenggorokan dalam sekejap. Itu alasannya, banyak orang yang langsung menikmati jus, es buah, minuman kemasan dingin, dan minuman yang mengandung es lainnya.

Namun, lebih baik hindari minuman mengandung es cuma jika hanya ingin menyegarkan tenggorokan. Cuma mengingatkan saja, minuman dingin mengandung es jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong berpotensi menimbulkan kerusakan pada selaput lendir. Selain itu juga bisa merusak pencernaan dan metabolisme. Bahaya lain saat mengonsumsi minuman dingin adalah dapat menahan lemak dan zat sisa lainnya di dalam usus.

Durian dan buah-buahan asam

Siapa sih yang engga doyan buah durian? Pasti semua suka durian. Eits, ada juga lho yang anti makan durian sampai takut mencium baunya sekalipun. Ya, tapi buat kamu yang doyan durian pasti suka dengan berbagai olahannya seperti pancake hingga sop durian.

Nah, buat yang kecanduan durian, sebaiknya jangan mengonsumsi saat buka puasa ya. Durian mengandung gas yang bisa memicu asam lambung naik. Perut kamu bisa bermasalah jika dalam keadaan kosong mengonsumsi durian. Jadi, kalau mau makan durian sebaiknya nanti saja setelah salat tarawih ya!

Selain durian, hindari juga menyantap buah-buahan asam seperti mangga muda, jeruk, nanas, dan jenis buah asam lainnya. Jenis-jenis buah di atas juga memicu asam lambung naik jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Nah, itulah beberapa hidangan yang sebaiknya gak dikonsumsi saat buka puasa. Kamu bisa mencari menu lain untuk buka puasa yang lebih nikmat, lezat tapi gak membahayakan lambungmu. Kuy selamat berpuasa!

Kalau ada rencana buka puasa bersama alias bukber, kamu bisa manfaatkan promo dari kartu kredit. Biasanya, kartu kredit menjalin kerja sama dengan berbagai restoran untuk memberikan diskon. Cek pilihan kartu kredit terbaik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.