10 Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Apakah kamu termasuk penderita diabetes? Jika iya, baiknya perhatikan lagi menu berbuka yang dikonsumsi. Dimana, kamu dapat mencoba beberapa menu buka puasa untuk penderita diabetes, yang berikut ini.

Amankah Penderita Diabetes Menjalankan Puasa Ramadhan?

Berpuasa di bulan suci Ramadhan termasuk salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Berpuasa nyatanya juga memberikan manfaat baik terutama untuk kesehatan.

Namun, pada beberapa kondisi seperti diabetes, pengidapnya terkadang tidak dianjurkan untuk berpuasa.

Sebab ketika berpuasa, otomatis tubuh tidak mendapat asupan makanan ataupun minuman.
Nah, karena hal itu, bagi penderita diabetes, melakukan puasa justru dapat menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam mengontrol gula darah.

Bukan hanya itu saja, bagi sebagian penderita diabetes dengan kondisi tertentu, melakukan ibadah puasa selama 30 hari penuh, justru bisa berujung fatal.

Makanya, sebelum berpuasa, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dulu. Paling tidak 2 bulan sebelum datangnya bulan Ramadhan.

(Baca Juga: Ini Dia 4 Tips Olahraga saat Puasa)

Perhatikan Hal Ini saat Menjalankan Ibadah Puasa

Selain harus berkonsultasi ke dokter, sebagai penderita diabetes, kamu pun wajib memperhatikan beberapa hal sebelum memulai puasa, agar tidak mengalami kondisi hipoglikemia. Dan berikut ulasannya:

  • Wajib Terhidrasi

Hal pertama yang mesti diperhatikan saat kamu berniat puasa adalah dengan memberikan asupan cairan yang tepat bagi tubuh. Usahakan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, dengan mengonsumsi lebih banyak air putih serta minuman bebas kalori.

  • Hindari Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Sebenarnya saat berpuasa, boleh-boleh saja jika kamu ingin berolahraga. Namun, mengingat kondisi penyakit yang dimiliki, baiknya sih kamu tidak melakukan olahraga yang terlalu berat ya.

Tujuannya tak lain untuk menghindari tubuh dari risiko penurunan kadar gula darah secara drastic atau dalam istilah medis disebut hipoglikemia.

  • Pilih Menu yang Tepat

Memilih menu makanan yang dikonsumsi, terutama saat berbuka puasa juga perlu diperhatikan bagi pengidap diabetes.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, juga dapat memicu risiko kenaikan kadar gula darah.

Dibandingkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi dan imbangi dengan makan buah-buahan maupun asupan lemak yang sehat.

Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Lalu, apa saja sih jenis menu buka puasa untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi?

Nah, lewat artikel ini, CekAja bakal memberikan beberapa rekomendasi menunya seperti yang dikutip dari berbagai laman kesehatan:

1. Smoothies Stroberi Pisang

Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang pertama adalah smoothies stroberi pisang. Smoothies termasuk minuman sehat yang bentuknya hampir menyerupai jus.

Nah, dari banyaknya jenis buah yang ada, kenapa penderita diabetes mesti mengonsumsi smoothies stroberi pisang? Jawabannya simple kok, karena kedua buah ini aman dikonsumsi dan rendah gula.

Menurut beberapa pakar kesehatan, dalam satu cangkirnya, buah stroberi hanya mengandung 7 gr gula. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, juga dinilai baik untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Sedangkan pada pisang, buah yang umumnya berwarna kuning ini, mengandung vitamin C, vitamin B6, hingga serat baik yang memang dibutuhkan bagi penderita diabetes.

Untuk mengolahnya menjadi smoothies yang lezat, kamu dapat mencampurkan stroberi, pisang, susu almond, dan oats sesuai selera. Lalu blender sebentar, dan hidangkan sewaktu menjelang buka puasa.

2. Kolak Pisang

Selama Ramadhan, enggak afdal rasanya kalau tidak mengonsumsi kolak pisang bukan?

Nah, untuk penderita diabetes, kolak pisang yang dapat dimakan sebaiknya adalah kolak yang tidak mengandung santan dan gula ya.

Namun sebagai gantinya, kamu bisa kok membuat kolak pisang dari tambahan yogurt atau susu nabati tanpa pemanis.

Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang satu ini tentunya aman untuk dikonsumsi, dan pastinya lezat jika kamu handal dalam mengolahnya.

3. Nasi Merah

Dibandingkan nasi putih, penderita diabetes justru lebih dianjurkan untuk makan nasi merah.

Pasalnya, dalam semangkuk nasi merah, sudah terdapat kandungan serat yang jauh lebih tinggi.

Bukan hanya itu saja, nasi merah pun bisa dipastikan tidak mengandung lemak trans dan bebas gluten, karena kadar kalorinya yang cenderung rendah.

Sebagai menu buka puasa untuk penderita diabetes, kamu dapat mengonsumsi setengah mangkuk nasi merah dengan sepotong tahu rebus dan tumis kangkung. Dimakan selagi hangat, dijamin deh bakal bikin kamu ketagihan.

4. Kurma dan Teh Hangat

Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi kurma dan secangkir teh hangat.

Kandungan gula yang terdapat pada kurma nyatanya masih tergolong alami, sehingga cocok dimakan sebagai menu berbuka puasa. Kamu dapat mengonsumsinya paling tidak 3 butir per hari.

Untuk minumannya, selain mengonsumsi air hangat, kamu masih boleh lho meminum teh hangat.

Asalkan teh nya tidak dicampur dengan gula tebu, melainkan gula jagung yang kadar kalorinya lebih rendah.

5. Air Kelapa

Selain kurma dan teh hangat, kamu juga masih boleh mengonsumsi air kelapa. Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang satu ini, dikenal memiliki indeks glemik cenderung rendah.

Indeks glemik yang rendah tentu saja tidak akan membuat tubuh mengalami lonjakan kadar glukosa darah.

Alasan lainnya yang membuat air kelapa aman dikonsumsi penderita diabetes adalah karena air kelapa mengandung lebih banyak serat ketimbang karbohidrat.

Bahkan, dengan meminumnya sesuai anjuran dokter, air kelapa justru dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga risiko mati rasa di kaki ataupun gagal ginjal akibat diabetes, minim dialami.

6. Olahan Ikan

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 dan lemak sehat seperti salmon dan tuna, dianggap mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Kamu dapat mengolah ikan tersebut sebagai menu buka puasa untuk penderita diabetes yang aman dan lezat. Namun, hindari menggoreng ikan salmon atau tuna, sebab cara ini bisa merusak kandungan yang terdapat dalam ikan tersebut.

Sebaliknya, cobalah mengolahnya dengan cara dipanggang, dipepes, atau bahkan dijadikan sup yang dicampur sayur-sayuran seperti brokoli.

7. Sup Kacang Merah

Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang berikutnya CekAja sarankan adalah sup kacang merah.

Kacang merah yang kaya serat dan protein ini dinilai mampu mengontrol kadar gula darah, sekaligus memelihara sistem pencernaan.

Hanya saja, saat mengolahnya, kamu harus benar-benar memastikan bahwa kacang merah yang dimasak telah matang sempurna, guna menghindari kondisi keracunan.

Ya, kondisi tersebut bisa saja terjadi, mengingat bahwa kacang merah mengandung antinutrient penyebab kembung dan phytohaemagglutinin, jika tidak dimasak dengan benar.

8. Salad Buah dan Sayur

Menu buka puasa untuk penderita diabetes lainnya adalah dengan mengonsumsi salad buah dan sayur.

Namun sebelum membuatnya, kamu harus tahu dulu apa saja jenis buah dan sayur yang memang aman dikonsumsi, setidaknya yang memiliki indeks glemik rendah.

Adapun pilihan buah dan sayurnya seperti pisang, jeruk, jambu biji, stroberi, jamur, terong, brokoli, dan tomat.

9. Ubi Ungu Kukus

Suka makan ubi ungu kukus? Nah, ubi yang satu ini juga bisa dijadikan menu buka puasa untuk penderita diabetes lho.

Ubi ungu mengandung karbohidrat, antioksidan, serta vitamin. Selain itu, ubi ungu juga sudah terbukti memiliki indeks glikemik yang rendah, dan pastinya aman untuk dikonsumsi.

Kamu bisa menjadikan ubi ungu kukus sebagai makanan pengganti nasi, dan memadukannya dengan makanan sehat lainnya, seperti tahu rebus, ikan salmo pepes, maupun sayur.

10. Susu Sereal

Terakhir, menu buka puasa untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi adalah susu sereal.

Makanan ini tentu saja praktis untuk dibuat karena bahan yang dibutuhkan relatif sedikit.

Untuk serealnya, kamu bisa menggunakan sereal yang mengandung biji-bijian seperti oatmeal dan granola.

Lalu, tambahkan pula kacang-kacangan sebagai sumber protein baik. Salah satu jenis kacang yang bisa digunakan adalah almond ataupun kenari.

Terakhir, tuang secangkir susu yang mengandung sedikit kalori dan tanpa tambahan gula buatan.

Kamu dapat mencoba susus segar asli atau susu nabati seperti susu kedelai ataupun susu almond.

(Baca Juga: 14 Manfaat Ikan Makarel untuk Kesehatan)

Nah, itu dia beberapa menu buka puasa untuk penderita diabetes. Selain memperhatikan pola makan, kamu pun sebaiknya memiliki perlindungan tambahan seperti asuransi kesehatan.

Adanya asuransi kesehatan tentu saja akan mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan.

Menyoal produk asuransinya, kamu bisa mendapatkannya dengan membeli polis terlebih dulu lewat layanan CekAja.com.

Selain membeli polis, kamu pun bisa membandingkan dulu mana produk asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk, tunggu apalagi? Langsung cek produk asuransi kesehatan di CekAja.com, dan ajukan kapanpun saat kamu membutuhkannya.