Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan, Mudah Banget!

by Maria Nofianti on 27 Maret, 2020

Banyak masalah kesehatan timbul karena dipicu pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Inilah yang terjadi akhir akhir ini dan menjadi salah satu penyebab banyak penyakit yang dahulu menyerang orang dengan usia lanjut, kini menyerang anak muda. Misalnya saja, dulu kolesterol berlebih atau diabetes hanya diidap oleh orang tua, namun sekarang kolesterol dan diabet pun banyak diderita anak muda. Hal ini jelas karena pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lihat saja, minuman instan dengan berbagai rasa dan banyak pemanis kini menjadi satu konsumsi harian anak anak muda, hobi kuliner pun menjadi satu gaya hidup yang sekarang sedang trend.

makanan murah dan menyehatkan

Makanan tidak sehat memang seringkali lebih mudah diakses dan lebih murah daripada alternatif makanan sehat.  Sayangnya, justru makanan inilah yang membuat kita tidak sehat dan kelebihan berat badan, menyebabkan segala macam masalah medis yang luar biasa mahal di akhirnya. Banyak sekali yang mengatakan bahwa makanan menyehatkan itu mahal? Padahal tidak juga loh. Ada banyak makanan murah dan menyehatkan.

(Baca Juga: Alamat Wisata Kuliner di Jakarta yang Ramah Anak)

Makanan sehat terdiri dari sayur mayur yang banyak vitamin dan mineral, ikan dan telur yang mengandung protein tinggi dan rendah kolesterol. Tapi bicara soal sayur pasti banyak orang yang tidak suka memakannya. Banyak alasan yang membuat mereka tidak menyukai sayur. Mayoritas mengatakan bahwa rasa sayur itu tidak enak dan hambar. Padahal kalau tahu cara mengolah sayur itu bisa menjadi makanan yang enak dan juga sehat. Selain itu juga karena kebiasaan, jika sedari kecil orang tua tak membiasakan memberi makan sayuran pada anak mereka, maka makan sayur menjadi hal yang aneh. Karena kita tahu, banyak anak yang sedari kecil hanya diberi makan lauk berupa telur, daging, sosis, nugget, ya sejenis makanan instan lain. Maka ada baiknya sedari kecil orang tua membuat olahan sayur yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak, jadi belajar makan makanan sehat sejak dini akan jauh lebih baik.

Di Indonesia yang terkenal dengan masakan yang sangat beragam juga gampang sekali menemukan makanan murah dan menyehatkan. Mengonsumsi makanan juga termasuk pilihan kita sendiri mau sehat atau tidak. Gaya hidup sehat sudah menjadi tren sekarang ini. Dengan pola makan sehat tentu mendukung gaya hidup sehat ini. Nah kalau kamu sedang mencoba gaya hidup sehat dengan mengubah pola makan kamu dengan makanan murah dan menyehatkan, yuk intip menu makanan apa saja yang bisa kamu makan. Menu makanan murah dan menyehatkan bisa kamu temui di mana saja atau bisa dimasak sendiri loh. Mari kita lihat daftar menunya.

1. Nasi goreng telur

Nasi goreng telur - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan murah dan menyehatkan nomor satu yang gampang dibuat adalah nasi goreng telur. Makanan ini banyak disukai loh. Karena itu harganya murah kalau kita membelinya. Tapi kalau mau sehat lebih baik masak sendiri saja. Bahannya juga gampang, cukup sediakan nasi putih, bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri, kecap dan telur. Cara memasaknya gampang dan simpel. Tumis bumbu halus yang terisi dari bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri sampai harum. Masukkan nasi dan campur kecapnya. Beri garam secukupnya. Setelah itu bisa dihidangkan dan tambahkan telur mata sapi yang sudah digoreng. Pasti yummy dan ingan, gunakanlah minyak baru saat membuat nasi goreng, dan kurangi penggunaan penguat rasa macam MSG, dengan begitu nasi goreng akan semakin sehat.

2. Gado-gado

Gado-gado - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makan sayur bukan berarti harus yang mahal-mahal ya. Contohnya kamu bisa lihat makanan gado-gado. Ini adalah salah satu makanan murah dan menyehatkan yang Indonesia banget. Kalau kamu beli harganya tidak sampai Rp 10.000 loh. Mau lebih hemat? Bisa bikin sendiri di rumah. Kamu bisa membeli sayur seperti kubis, kentang, selada, tauge, kacang panjang di pasar biar murah. Lalu tinggal cari bumbu kacang yang sudah siap pakai saja. Cara masaknya? Oh gampang banget. Potong-potong dan rebus sayuran dan kentang. Jika sudah masak campurkan semua dengan bumbu kacang yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Mau tambah sehat? Bisa beri potongan tahu dan tempe goreng serta telur rebus. Dijamin kamu bisa mendapatkan rasa enak, manfaat sehat dan harga yang murah.

3. Mi goreng

Mi goreng - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Siapa yang tidak kenal dengan mie goreng? Bukan yang mi instan loh ya! Makanan yang satu ini juga termasuk makanan murah dan menyehatkan. Mie nya bisa kamu buat sendiri, atau membeli di tempat pembuatan mie homemade, saat ini banyak bisa kamu temui. Biasanya dalam makanan ini ada tambahan beberapa sayuran dan telur ketika dimasak. Meskipun begitu harganya juga murah kok. Kalau kamu ingin memasaknya sendiri juga gampang. Kamu hanya perlu mie yang biasa dipakai untuk mie goreng, beberapa sayuran seperti wortel, kubis, daun bawang, sawi dan tauge. Bumbunya juga sederhana. Hanya memakai bawang putih, merica, garam dan cabai. Cara masaknya rebus mie terlebih dahulu agar matang dan sisihkan. Haluskan bumbu bawang putih, merica, garam dan cabai. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan potongan sayuran yang kamu inginkan dan tunggu sampai layu, baru kemudian mie dimasukkan. Kamu juga bisa berkreasi loh menambah topping untuk mie goreng kamu agar lebih sehat.

4. Sup

Sup - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan enak yang murah dan menyehatkan selanjutnya adalah sup. Ini karena sup mengandung banyak nutrisi yang berasal dari aneka sayuran di dalamnya. Bahkan sup ini disarankan untuk dikonsumsi saat badan sedang sakit loh. Nutrisinya yang banyak membuat sup juga disukai baik anak kecil maupun orang dewasa. Mau masak sup sendiri? Persiapkan bahannya ya! Sediakan berbagai macam sayuran seperti wortel, kentang, kubis, jagung, buncis dan lainnya. Kamu juga bisa menambah ayam atau bakso atau makaroni di dalamnya. Bumbunya juga sederhana yaitu bawang putih dan merica yang dihaluskan. Cara memasaknya pertama tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan air dan masukkan semua bahan sampai matang. Ingat ya untuk memasukkan bahan yang kira-kira keras dan lama matangnya. Nah sup buatan sendiri sudah pasti murah dan menyehatkan karena tanpa pengawet kan?

5. Capcay

Capcay - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan satu ini juga penuh dengan nutrisi karena terdiri dari berbagai macam sayuran. Macam-macam sayurannya ada sawi hijau, bunga kol, sawi putih, wortel, daun bawang. Kamu juga bisa menambah ayam atau jamur kuping. Yang khas dari masakan capcay adalah tepung yang digoreng dan di iris tipis lalu ikut dimasak. Bumbunya juga tidak ribet. Hanya bawang puting dan merica ditambah garam. Hampir sama seperti bumbu sup. Cara memasaknya pertama-tama adalah dengan menumis bumbu halus sampai harum dan masukkan sayuran dan tambahan lainnya sampai matang. Kamu bisa memasak makanan murah dan menyehatkan ini di waktu yang cepat loh. Karena cara memasaknya dan bumbu yang sederhana. Kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi capcay kuah dengan menambah air ya. Pasti tambahan enak!

6. Tempe penyet

Tempe penyet - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Siapa yang tidak suka tempe penyet? Di Indonesia ada banyak sekali penjual yang menjual menu tempe penyet ini. Tempe sendiri mengandung banyak protein dari kedelai sekitar 20% dari beratnya loh. Jadi tempe merupakan makanan murah dan menyehatkan. Kamu hanya perlu menggoreng tempe dan membuat sambal. Membuat sambal bukan hal yang sulit bagi orang Indonesia kan? Cukup cabai, garam, bawang merah atau bawang putih dan terasi. Yang pasti ini makanan murah dan menyehatkan. Dan ingat, jangan berlebihan mengonsumsi cabai ya, meski enak, namun jika berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan pencernaanmu.

7. Sayur asem

Sayur asem - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Sayur asam menjadi salah satu makanan murah dan menyehatkan. Makanan ini sudah menjadi makanan yang menjadi makanan rumahan dari dulu. Nutrisi yang terkandung didalamnya juga menjadi alasan kenapa makanan ini menjadi makanan menyehatkan. Sayur asam terusir dari sayuran seperti labu, kacang panjang, kacang tanah, jagung, dan kubis. Ada rasa asam dari asam Jawa yang ditambahkan saat memasaknya. Tinggal rebus semua bahan dan tambahkan bumbu halus dari bawang merah, cabai dan garam. Sayur asam ini sangat pas dinikmati dengan tempe goreng plus sambal, dan juga ikan asin. Menu makanan Indonesia banget ini bahkan akan membuatmu rindu pulang ke rumah saat kamu ada di tanah rantau.

8. Puding

Puding - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Tidak melulu soal makanan berat atau lauk, makanan murah dan menyehatkan bisa datang dari dessert loh. Salah satunya puding. Puding ini berasal dari ekstrak rumput laut yang banyak mengandung serat. Kamu bisa menambahkan bahan apapun untuk menambah nilai gizinya. Tapi ingat untuk tidak terlalu banyak memakai gula ya karena kebanyakan gula juga berisiko untuk kesehatan kita. Jika bisa, gunakan buah yang manis untuk mencampuri puding, agar rasa manis itu bisa menggantikan gula. Misalnya mangga yang dihaluskan, sirsak, jambu biji, atau sari kelapa.

9. Jamur crispy

Jamur crispy - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Jamur adalah bahan makanan yang menyehatkan loh. Rasanya juga enak meski beberapa orang tidak menyukainya. Tapi kamu bisa menyiasatinya menjadi jamur crispy yang enak. Makanan murah dan menyehatkan ini gampang banget membuatnya. Kamu hanya butuh jamur tiram yang sudah dibersihkan dan di suwir-suwir lalu campurkan dengan adonan tepung bumbu. Goreng sampai matang dan crispy. Dijamin bukan cuma orang dewasa yang suka, pasti anak kecil juga menyukainya. Kandungan nutrisi yang ada di jamur bisa melengkapi kebutuhan nutrisi.

10. Sandwich

Sandwich - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Ingin makanan murah dan menyehatkan tapi simpel? Bikin saja sandwich. Roti dengan berbagai potongan sayuran ini cocok untuk sarapan sehat loh. Membuatnya juga gampang asalkan kamu punya roti tawar, sayuran seperti tomat, selada dan timun. Goreng telur lalu sisipkan di antara roti tawar dan tumpukan potongan tomat, timun dan selada. Bisa kamu beri saus atau mayonaise loh biar tambah yummy.

Nah itu dia 10 makanan murah dan menyehatkan yang bisa menjadi pilihan kamu. Untuk membuatnya sendiri juga gampang. Jadi saat kamu mulai hidup sehat tidak harus memakan makanan mahal ya! Karena makanan murah pun ada yang menyehatkan. Selain itu tambah juga dengan olahraga seminggu 2-3 kali untuk selalu menjaga kesehatan kamu.

Tentang Penulis