Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes, Bisa Kamu Coba!

Menyambut bulan suci ramadhan, kira-kira apa saja menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes ya? Agar tidak bingung, yuk simak ide menu berikut ini!

Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes, Bisa Kamu Coba!

Menderita penyakit diabetes tidak menjadi halangan untuk seseorang menjalankan ibadah. Para penderita, masih diperbolehkan menjalankan puasa sesuai syariat.

Bahkan, bulan puasa ini memberikan keuntungan bagi pengidap diabetes. Pasalnya, kadar gula penderita diabetes bisa lebih terkontrol ketika menjalani puasa dan bisa menyehatkan mereka.

Namun, seperti yang kita ketahui, penderita diabetes perlu menjaga dan mengatur pola asupan makanan agar penyakit yang di derita tidak memburuk.

Menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes juga sedikit berbeda dengan kebanyakan orang.

Perlu perhatian ekstra agar penderita diabetes dapat kenyang saat sahur maupun berbuka, namun kadar gula tidak naik secara tiba-tiba.

Bagi sebagian orang pasti bingung, menu apa ya yang sebaiknya disiapkan agar kadar gula tetap terjaga ketika berpuasa.

Agar tidak bingung, berikut ini CekAja telah menyiapkan beberapa rekomendasi menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes yang bisa kamu simak!

6 Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Menentukan menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes bukanlah perkara mudah. Perlu memilih dan mempertimbangkan nutrisi dan kandungan dalam makanan tersebut.

Jika penderita memakan terlalu banyak gula, maka penderita dapat memperparah penyakitnya, atau bahkan mengalami hiperglikemia yang menyebabkan penderita lemas dan lesu.

Oleh sebab itu, menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes sangat perlu diperhatikan dan dijaga.

Berikut ini, beberapa rekomendasi menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes yang bisa kamu ikuti. Apa saja ya kira-kira? Yuk, simak!

1. Kurma

Saat bulan suci ramadhan, kurma menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dimakan. Rasanya yang manis dan lezat, siapa yang kuat untuk menahan tak makan buah yang satu ini?

Meski mengandung gula, kurma menjadi makanan yang diperbolehkan untuk masuk kedalam menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes.

Kandungan gula yang alami serta mengandung serat, menjadi alasan kurma boleh dikonsumsi penderita diabetes. Agar lebih lezat, kamu bisa konsumsi kurma bersama teh hangat.

2. Buah-buahan

Selain kurma, kamu juga bisa memasukkan berbagai jenis buah-buahan lainnya untuk menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes.

Meski tidak boleh sembarangan memakan jenis buah, namun ada banyak jenis buah yang bisa kamu konsumsi.

Mulai dari pisang, pir, anggur, jeruk, walnut, apel, chia seeds, hingga aneka buah beri seperti buah blueberry, blackberries, raspberries, hingga strawberry.

Jika tak mau memakan buah secara langsung, kamu juga bisa loh mengubah buah tersebut menjadi jus dan juga smoothies.

3. Nasi Merah

Tak lengkap rasanya sahur dan berbuka tanpa makan nasi. Bagi penderita diabetes, nasi yang kamu konsumsi mungkin sedikit berbeda.

Dibandingkan mengkonsumsi nasi putih, lebih baik kamu mengonsumsi nasi merah yang lebih aman untuk kadar gula dirimu.

Selain itu, kandungan serat dalam nasi merah juga lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Sehingga, kadar gula dara menjadi lebih terjaga dan stabil

4. Brokoli

Brokoli menjadi sayuran yang cocok untuk menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes. Kandungan dalam brokoli mampu mengendalikan kadar gula darah, sehingga cocok untuk dikonsumsi.

Proses pengolahan brokoli bisa berbagai macam. Kamu bisa kukus atau rebus brokoli, dan jangan lupa tambahkan bumbu agar rasa semakin lezat.

Kamu juga bisa gabungkan brokoli dengan menu lainnya seperti ikan dan juga nasi. Jika sudah lengkap, kamu bisa langsung santap makanan sahur dan buka puasamu ini.

(Baca Juga: 9 Buah Rendah Gula yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes)

5. Aneka jenis sayur

Tak hanya brokoli, jenis sayuran lainnya juga bisa kamu konsumsi untuk makan sahur dan juga buka puasa.

Mulai dari bayam, sawi, kale, kol, pakcoy, dan jenis sayuran lainnya bisa menjadi pilihan. Kamu juga bisa olah sayuran ini menjadi sop atau bahkan salad.

Sayuran umumnya mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Teruntuk sayur hijau, banyak diantaranya yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

6. Ikan

Lanjut ke bagian lauk hewani, kamu bisa memilih ikan untuk menjadi lauk dalam menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes loh.

Kamu bisa memilih jenis ikan yang mengandung omega-3 tinggi, seperti salmon, tuna, sardem, ataupun kerapu.

Untuk pengolahan, lebih baik kamu tidak memilih untuk digoreng, melainkan dipanggang ataupun dibakar. Hal ini dilakukan untuk menghindari lemak jenuh.

Tak hanya ikan, kamu juga bisa memakan daging hewani lain, asalkan tanpa lemak. Pastikan juga porsi makanan ini dijaga ya, jangan sampai berlebihan.

Pantangan Makanan Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Setelah menyimak rekomendasi makanan untuk menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes, kini saatnya kamu juga mengetahui pantangan yang harus dihindari.

Seperti yang diketahui, makanan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Jika tidak dijaga, maka kadar gula darah bisa menjadi tinggi secara tiba-tiba dan berdampak buruk.

Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk simak apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes berikut ini!

Makanan Gorengan

Buka puasa sangat nikmat dengan menyantap aneka gorengan. Namun, makanan ini perlu dihindari bagi penderita diabetes.

Mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans menjadi alasan gorengan sebaiknya dihindari. Kandungan lemak ini juga dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga perlu dihindari.

Selain gorengan, makanan yang digoreng juga sebaiknya kamu hindari ya! Kamu bisa pilih cara pengolahan lainnya agar lebih aman.

Makanan dan Minuman Manis

Minuman manis seperti kopi kekinian, soda, bubble tea, atau makanan manis seperti kue, es krim, biskuit perlu dihindari penderita diabetes.

Pasalnya, makanan dan minuman tersebut mengandung gula yang cukup tinggi, dan berpotensi meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi makanan masni juga dapat memicu berat badan naik lebih cepat. Bulan ramadhan ini, tentu kamu tidak mau bukan naik berat badan secara berlebihan?

Roti

Sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi, nyatanya roti menjadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Roti merupakan makanan dengan karbohidrat tinggi, sehingga mampu meningkatkan gula darah secara signifikan.

Tak hanya itu, serat yang dikandung dalam roti juga sedikit, dan penyerapan gula dalam darah menjadi tidak cepat. Oleh sebab itu, roti sebaiknya kamu hindari ya!

Buah Kering

Buah memang baik dan boleh dikonsumsi penderita diabetes. Namun, hal ini berbeda dengan buah kering. Sebaiknya, kamu menghindari mengkonsumsi buah kering.

Buah kering diolah dengan melewati berbagai pemrosesan yang membuat kadar air di dalamnya hilang, dan tersisa hanya kandungan gula alami.

Selain kadar air, kandungan gizi, vitamin, ataupun mineral dalam buah juga ikut menghilang akibat pengeringan.

Umumnya, penjualan buah kering juga banyak yang menambahkan gula lagi untuk meningkatkan citarasa.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu penderita diabetes menghindari konsumsi buah kering ini, dan beralih ke buah-buahan biasa.

(Baca Juga: Simak Serba Serbi Mengenai Asuransi Khusus untuk Penderita Diabetes)

Itu dia berbagai rekomendasi menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes yang bisa kamu pilih.

Selain memilih menu makanan, pastikan juga kamu memilih bahan baku untuk dimasak yang segar dan berkualitas.

Saat bulan ramadhan, umumnya bahan baku akan mengalami lonjakan harga. Agar kamu bisa semakin hemat, kamu bisa loh memanfaatkan kartu kredit untuk berbelanja.

Banyak promo spesial yang diberikan kartu kredit untuk para nasabah, sayang banget bukan jika kamu lewatkan berbagai promo tersebut?

Untuk yang belum memiliki kartu kredit, kini saatnya kamu memilikinya. Kamu bisa ajukan kepemilikan kartu kredit dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com.

Di sana juga ada banyak jenis kartu kredit yang bisa kamu pilih, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mu.

CekAja.com juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi sudah pasti aman untuk kamu gunakan.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk segera ajukan kepemilikan kartu kredit sekarang juga!