Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menu Takjil Buka Puasa Ini Murah-meriah Tapi Menyehatkan

by lhmdi on 12 Juni, 2016

makanan buka puasa-CekAja.com

Dari Sabang hingga Merauke, takjil merupakan hal pertama yang paling dicari oleh masyarakat yang akan berbuka puasa.

Menu takjil ini pun bervariasi, dan terdapat di berbagai macam tempat. Sayangnya tidak semua menu takjil memiliki harga yang relatif murah untuk satu menu saja. Bahkan jika dilihat lebih dalam lagi, menu ini belum tentu menyehatkan. Gorengan, teh atau kopi seringkali disantap sebagai menu pembuka untuk berbuka puasa.

Padahal menu tersebut belum tentu menyehatkan. Kolak dan kurma pun sudah umum sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Akan tetapi jangan khawatir, masih terdapat menu-menu jajanan puasa lainnya yang bisa kamu coba.

Harganya pun bahkan tidak terlalu mahal satu porsinya. Apa saja ya menu takjil yang harganya murah, namun tetap menyehatkan untuk dikonsumsi? Berikut pilihan yang bisa kamu coba:

  1. Puding jagung

Jagung adalah salah satu jenis makanan yang cukup jarang disantap sebagai takjil untuk berbuka puasa. Namun, jangan salah jagung memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk dikonsumsi setelah berbuka puasa.

Jagung memiliki karbohidrat yang lebih baik dari gorengan bahkan nasi! Nah, tentu saja tidak mudah menemukan pedagang yang menawarkan jagung untuk berbuka puasa. Namun akan berbeda jika kamu mencari puding jagung. Beberapa tempat di pasar tradisional bahkan menawarkan menu ini kepada masyarakat. Harganya pun tidak terlalu mahal, bahkan tidak sampai Rp 10.000. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Jus sirsak

Saat menjelang buka puasa, pedagang jus biasanya akan menjamur di pinggir jalan atau keramaian. Biasanya masyarakat pun memilih jus sebagai menu untuk melepas dahaga di bulan puasa. Nah! Harga jus pun saat ini bervariasi, bahkan masih ada yang menjualnya dengan harga Rp 10.000.

Agar menu takjil kamu lebih sehat di Ramadhan kali ini, sekarang saatnya mencoba jus sirsak sebagai menu pelepas dahaga. Buah ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, besi dan hingga serat yang mampu melancarkan pencernaan setelah dua belas jam berpuasa.

  1. Buah apel

Buah apel bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan takjil yang sehat namun tidak perlu repot. Harganya untuk satu buah pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 6.000.

Apel dikenal mampu memberikan kesegaran tersendiri ketika dikonsumsi. Pilihannya buah apel ini bisa langsung kamu makan atau diolah lagi menjadi jus. Kandungan vitaminnya pun sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Mulai dari Vitamin A, B1, B2, hingga C yang tepat untuk memulihkan kondisi tubuh kamu setelah setengah hari berpuasa.

  1. Bubur kampiun

Bagi penggila kuliner nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk dikonsumsi. Bubur kampiun yang dikenal berasal dari Sumatera Barat ini setidaknya bisa dijadikan sebagai menu takjil buka puasa pengganti kolak.

Rasanya pun lebih nikmat, karena tidak hanya kolak, namun bubur ini dicampurkan dengan bubur sumsum dan ketan hitam dan siap disantap sebagai menu buka puasa sederhana kamu. Harganya, kurang lebih di angka Rp 10.000 saja!

  1. Bubur kacang hijau

Satu lagi menu bubur yang bisa kamu santap sebagai menu takjil buka puasa, yaitu bubur kacang hijau. Jika biasanya menu ini dikenal sebagai pelengkap sarapan, maka kali ini kamu bisa menikmatinya sebagai menu berbuka puasa.

Kacang hijau sendiri dikenal kaya akan mineral, potasium, magnesium, serta jenis mineral lainnya yang dapat menjaga kestabilan tubuh kamu untuk tetap bugar. Bahkan kacang hijau, mampu mencegah berkembangnya kolesterol jahat di dalam tubuh, bahkan mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak akibat radikal bebas.

Selain itu, kacang hijau juga dikenal memiliki kandungan antioksidan dan asam amino yang tinggi, sehingga mampu memperbaiki metabolisme sel lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak salah rasanya menyiapkan kacang hijau sebagai menu buka puasa. Ditambah dengan ketan atau sepotong roti gandum akan membuat menu ini layak dijadikan sebagai sajian berbuka puasa. Harganya pun bahkan tidak sampai Rp 10.000!

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami