Menyusui Langsung Atau Memerah ASI? Cek Perbandingannya Berikut Ini!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Pilihan antara menyusui langsung atau memerah ASI sering menjadi pertimbangan banyak ibu. Lalu, manakah yang lebih baik antara keduanya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan susu alami yang memiliki kandungan baik bagi bayi. Saat ibu memasuki masa kehamilan trimester kedua, yakni saat masa kehamilan memasuki usia 5 bulan, ASI mulai terbentuk.

Pembentukan ASI pada masa kehamilan ditandai dengan gejala rasa kesemutan pada puting, payudara yang membengkak dan disertai rasa nyeri.

Untuk sebagian ibu yang memiliki produksi ASI dalam jumlah banyak, ASI bahkan sudah mulai keluar pada usia kehamilan 7 bulan.

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

ASI memiliki peranan penting pada pertumbuhan bayi. Beragam kandungan baik di dalamnya menjadikan ASI sebagai sumber nutrisi terbaik, hingga usia anak menginjak 2 tahun.

Berikut ini sederet manfaat ASI bagi bayi:

  • Menjaga kekebalan tubuh bayi dari kuman.
  • Menjadi sumber nutrisi terlengkap dan paling higienis, sehingga aman dikonsumsi bayi.
  • Membantu bayi tumbuh menjadi lebih sehat dan cerdas.
  • Mencegah bayi menderita penyakit, seperti diare dan malnutrisi.

Sedangkan untuk para ibu, pemberian ASI juga membawa manfaat tersendiri. Di antaranya sebagai berikut:

  • Ikatan yang terjalin antara ibu dan bayi akan lebih kuat saat momen menyusui. Keduanya bisa saling merasakan kenyamanan saat terjadi kontak fisik dan melalui tatapan mata.
  • Mengurangi risiko kanker bagi ibu.
  • Menyeimbangkan hormon ibu setelah persalinan.
  • Membantu memberi jarak pada kehamilan anak selanjutnya, sebab menyusui dapat mengurangi tingkat kesuburan si ibu.

(Baca Juga: 10 Penyebab ASI Tidak Keluar atau Hanya Sedikit dan Cara Mengatasinya)

Alasan Para Ibu Memerah ASI dengan Pompa

ASI bisa diberikan dengan dua cara, yakni menyusui langsung atau memerah ASI dengan alat pompa yang kemudian dipindahkan ke botol dot.

Setiap ibu tentu ingin memberikan ASI dengan cara menyusui langsung, agar dapat memiliki momen kebersamaan yang lebih banyak bersama si kecil.

Namun, karena beberapa alasan tertentu, tidak semua ibu dapat melakukannya. Misalnya saja lantaran ibu harus tetap bekerja, sehingga waktu menyusui langsung menjadi terbatas.

Kemudian pilihan memerah ASI juga biasanya dipilih lantaran produksi ASI yang melimpah, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada payudara jika ASI tidak segera dikeluarkan.

Baik menyusui langsung atau memerah ASI dengan pompa, keduanya tidak akan mengurangi nilai seorang ibu serta kasih sayang ibu pada bayinya.

Namun begitu, perbandingan antara menyusui langsung atau memerah ASI sering dipertanyakan banyak ibu.

Walau sama-sama memberi asupan alami untuk bayi, namun kedua hal ini memang memiliki beberapa perbedaan manfaat dan kebaikan.

Untuk mengetahui mana yang terbaik dan cocok untuk kondisi ibu, simak perbandingan menyusui langsung atau memerah ASI pada artikel berikut ini.

Menyusui Langsung atau Memerah ASI, Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan antara menyusui langsung atau memerah ASI dengan pompa harus dilihat secara objektif. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setiap ibu harus mempertimbangkannya dengan baik, dan disesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi.

Pada dasarnya, pilihan antara menyusui langsung atau memerah ASI sudah bisa disimpulkan keunggulannya.

Dihimpun dari berbagai penelitian yang membandingkan menyusui langsung atau memerah ASI, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing antara keduanya.

Jika disimpulkan, menyusui langsung memang memberikan manfaat lebih jika dibandingkan dengan memerah ASI dengan pompa.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat pemberian ASI bagi bayi dan ibu akan lebih maksimal jika diberikan dengan cara menyusui langsung.

Sebab bayi tidak hanya mengincar rasa kenyang saat menyusu, tetapi juga rasa nyaman dari ibunya.

Agar kamu lebih mudah memahaminya, ketahui perbandingan menyusui langsung atau memerah ASI dengan tepat.

Berikut ini penjelasan mengenai perbandingan kelebihan dan kekurangan pada cara menyusui langsung atau memerah ASI dengan pompa.

Kelebihan Menyusui Langsung

Mendapat momen kebersamaan dengan anak lebih banyak

Hal ini sangat baik untuk perkembangan psikologis ibu dan bayi, karena ikatan yang terjalin antara keduanya lebih erat.

Mereka akan saling melakukan kontak fisik, menatap, dan mencium bau badan satu sama lain. ini adalah momen keemasan yang sangat berharga.

Membantu menyeimbangkan hormon ibu

Setelah masa persalinan, ibu mengalami perubahan jumlah hormon dalam dirinya. Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, menyusui langsung membantu hormon ibu menjadi lebih seimbang.

Bayi menjadi lebih aktif

Menyusui langsung memberikan manfaat pada bayi untuk lebih aktif bergerak, yakni dimulai dari hari ketiga setelah persalinan.

Tingkat kecerdasan bayi lebih tinggi

Pada masa pemberian ASI eksklusif dengan menyusui langsung dari bayi berusia 0 bulan sampai 9 bulan, maka bayi akan lebih menunjukkan kecerdasannya pada usia 4 bulan sampai 9 bulan.

Menekan potensi bayi obesitas

Dengan menyusui langsung, bayi lebih mudah mengontrol konsumsi ASI sesuai tingkat kekenyangannya. Sebab caranya mudah, hanya mencabut puting ibu ketika dirinya sudah merasa kenyang.

Dengan minum ASI secukupnya, bayi akan terhindar dari obesitas dini.

Gigi bayi tumbuh lebih rapi dan sehat

Bayi yang menyusui langsung cenderung terhindar dari benturan antara gigi atas dan bawah, sehingga gigi terbentuk lebih rapi.

Munculnya karies pada gigi bayi yang menyusu secara langsung juga lebih rendah jika dibandingkan dengan bayi yang minum ASI melalui botol.

Kekurangan Menyusui Langsung

Ibu memerlukan waktu ekstra

Meskipun terkesan hanya sekadar menyusui anak, namun momen menyusui langsung akan membatasi ruang gerak ibu dalam beraktifitas.

Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri, apabila ibu juga sambil bekerja.

Payudara ibu terasa sakit

Kemungkinan payudara terasa sakit lebih mungkin terjadi akibat ASI yang penuh.

Ibu bisa saja memiliki luka pada puting

Luka ini biasanya muncul gigitan bayi yang sedang dalam tahap tumbuh gigi saat menyusu.

(Baca Juga: Working Mom Juga Bisa ASI Eksklusif! Ini 7 Rahasianya)

Kelebihan Memerah ASI

Memudahkan ibu beraktivitas tanpa membawa bayi

Hal ini menguntungkan bagi para ibu yang bekerja di luar rumah, atau mengharuskannya untuk berkegiatan tanpa membawa bayi.

Proses keluarnya ASI lebih lancar

Hal ini dikarenakan ASI secara rutin keluar dari payudara dengan pompa. Sehingga produksi ASI yang baru lebih cepat terbentuk, dan ASI akan keluar lebih lancar.

Payudara ibu juga tidak akan sakit karena ASI yang penuh.

Kekurangan Memerah ASI

Menurunkan kualitas ASI

ASI yang diperah dan disimpan ke dalam kulkas akan berkurang kandungan zat baiknya. Sehingga bayi kehilangan nutrisi lengkap.

Menurunkan kekebalan tubuh bayi

Akibat konsumsi ASI perah yang berkurang kualitasnya, maka manfaatnya pun akan ikut berkurang.

Sistem imun bayi akan berkurang dibandingkan saat menyusu langsung.

Hormon ibu lebih susah stabil

Setelah persalinan, ibu yang tidak menyusui langsung akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuhnya.

Bayi lebih mungkin obesitas

Bayi yang diberikan ASI melalui botol susu cenderung terpacu menghabiskan susu di dalam botol.
Pengasuh juga akan kesulitan mengetahui kapan bayi kenyang. Sehingga hal ini memicu kemungkinan obesitas dini.

Itu dia perbandingan antara menyusui langsung atau memerah ASI yang bisa menjadi pertimbanganmu. Dari pembahasan ini, dapat disimpulkan bahwa menyusui langsung membawa lebih banyak manfaat bagi ibu dan bayi.

Namun begitu, ibu yang menyusui langsung juga disarankan tetap memerah ASI-nya sesekali, agar payudara terhidar dari rasa sakit dan nyeri akibat ASI penuh.

Apapun pilihanmu, sesuaikan kondisi ibu dan bayi agar keduanya mendapat manfaat dan kenyamanan masing-masing.

Selain memberikan asupan nutrisi terbaik untuk ibu dan bayi, lindungi juga kesehatan mereka dengan memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga.

CekAja akan membantumu memilih produk asuransi kesehatan terbaik, dengan proses pengajuan yang cepat. Produk pilihan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Untuk mengajukannya, kamu cukup mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan secara online. Proses ini sangat mudah, cepat, dan aman.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah