Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Merasa Gagal di Tahun 2016? Ini Caranya Agar Kamu Tidak Mengulang Resolusi Hidupmu

by Ariesta on 29 November, 2016

resolusi tahun baru - CekAja.com

Setiap awal tahun biasanya orang-orang akan membuat resolusi. Entah itu resolusi karier, finansial, kesehatan maupun jodoh. Tapi tidak jarang resolusi hanya jadi wacana alias gagal terealisasi. Bukan gagal karena memang tidak berjuang, tapi karena lupa dengan resolusi yang dibuat.

Kamu termasuk seperti ini? Supaya tidak mengulang resolusi tahun lalu di tahun berikutnya, lakukan hal berikut ini.

Catat keinginanmu dengan spesifik dan punya target waktu

Kenapa harus spesifik? Supaya kamu punya target yang jelas dan tahu apa yang ingin kamu raih. Misalnya kamu ingin bisa liburan ke luar negeri untuk pertama kali. Kalau tidak punya tujuan yang pasti, dijamin kamu hanya menabung seadanya. Tapi kalau punya target spesifik misalnya ke Thailand atau ke Amerika, kamu bisa punya perkiraan berapa uang yang harus kamu kumpulkan.

Setelah itu tentukan target waktu. Misalnya resolusi ini diharapkan bisa terealisasi pada Desember tahun depan. Kamu bisa menghitung berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa lama untuk menabung. Kalau kira-kira dengan menabung saja tidak cukup, berarti kamu harus cari penghasilan tambahan. Semakin spesifik resolusi berikut target waktu, akan semakin matang pula rencanamu untuk mewujudkan resolusi tersebut. (Baca juga: 4 Alternatif Tempat untuk Beli Logam Mulia Antam)

Harus tahu cara mencapai resolusi

Katakanlah awal tahun depan nanti kamu ingin mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Untuk bisa mewujudkannya, tentu kamu tidak bisa diam saja bukan? Dokumen untuk mengajukan biasiswa biasanya sangat banyak. Mulailah mengumpulkan syarat-syaratnya seperti surat rekomendasi, skor bahasa (TOEFL/IELTS/dll).

Kalau merasa kemampuan bahasa asingmu belum terlalu bagus, berarti kamu harus belajar ekstra atau ikut kursus.  Sambil terus belajar, cari informasi beasiswa dan pelajari jalur seleksi. Resolusi besar butuh perjuangan untuk mencapainya. Jadi kamu harus tahu cara dan strategi yang akan kamu lakukan selama setahun ke depan.

Tempatkan catatan di tempat yang mudah dibaca

Jangan biarkan resolusi hanya menempel satu atau dua bulan di kepala. Tulis resolusimu dan tempatkan di tempat yang mudah terbaca, seperti di sisi cermin, meja kantor, kulkas, langit-langit kamar, bahkan toilet. Dijamin kamu tidak akan lupa.

Minta orang terdekat untuk mengigatkan

Teman bisa membuat kamu keep on the track. Misalnya resolusimu adalah lulus kuliah di tahun depan. Temanmu bisa membantu mengingatkanmu untuk semangat penelitian, rajin bimbingan, dan tentunya tidak malas-malasan mengerjakan skripsi.

Kalau punya target lebih langsing dan sehat, temanmu bisa mengingatkan untuk menjaga asupan makanan dan rajin olahraga. Jadi ketika kamu hendak melahap sepotong besar burger yang penuh kalori dan lemak, dia bisa bilang STOP dan usahamu jadi langsing tidak terlupakan.

Jangan bikin resolusi banyak-banyak

Setiap orang bebas punya resolusi sebanyak apapun. Tapi supaya bisa tetap fokus, tetapkan satu resolusi besar dan atur strategi untuk mencapainya. Ini lebih baik dari punya banyak resolusi besar tapi kamu tidak punya rencana. (Baca juga: Melebihi Harga Rumah, Ini 12 Jam Tangan Pria Termahal di Dunia)

Tulis resolusi kamu di media sosial

Menjelang tahun baru, kamu pasti sering melihat orang-orang membagikan resolusi mereka. Tidak ada salahnya kok, kalau ini bisa membuatmu makin semangat dalam merealisaskikan resolusimu. Misalnya ketika kamu menulis ingin menikah di tahun depan, siapa tahu ada temanmu yang melihat postingan ini dan akhirnya menjodohkan kamu dengan salah satu temannya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami