6 Mercusuar Bersejarah di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi!

Mercusuar merupakan bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya, dan berfungsi untuk membantu navigasi kapal laut. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai mercusuar yang tersebar di seluruh penjuru daerah. Mercusuar bersejarah di Indonesia ini bisa kamu simak sebagaimana berikut ini!

6 Mercusuar Bersejarah di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi!

Di Indonesia terdapat berbagai mercusuar, tetapi tahu tidak, ternyata sebagian mercusuar yang ada ini merupakan bangunan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan. Seiring berkembangnya zaman, teknologi navigasi laut juga semakin berkembang. Hal ini menyebabkan jumlah mercusuar di dunia semakin menurun.

Saat ini selain berfungsi sebagai navigasi kapal laut, mercusuar bersejarah di Indonesia juga dapat dinikmati sebagai objek wisata. Meski sebagian masih aktif digunakan, tetapi bangunan bersejarah, dengan pemandangan indah di sekitarnya tentu menarik wisatawan.

Nah, berikut ini adalah 6 mercusuar bersejarah di Indonesia yang telah dirangkum CekAja dan bisa kamu kunjungi.

6 mercusuar bersejarah di Indonesia

1. Mercusuar Tanjung Kalian

Mercusuar bersejarah di Indonesia pertama yang akan dibahas adalah Mercusuar Tanjung Kalian. Mercusuar ini juga disebut sebut sebagai mercusuar tertua di Indonesia loh.

Dibangun oleh belanda pada tahun 1862, dan memiliki lokasi di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Meski sudah lama berdiri, sampai saat ini, mercusuar Tanjung Kalian masih digunakan oleh nahkoda untuk memantau laut saat hendak berlayar.

Aktivitas pelabuhan ini masih aktif berjalan, meskipun tidak terlalu ramai. Kamu bisa mendatangi puncak mercusuar ini. Untuk mencapai puncaknya kamu perlu menaiki bangunan setinggi 65 meter ini.

Meski mungkin melelahkan, tetapi saat mencapai puncak kamu dapat menikmati pemandangan indah, salah satunya pemandangan Gunung Menumbing.

2. Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng menjadi salah satu mercusuar bersejarah di Indonesia. Mercusuar ini dibangun oleh belanda pada tahun 1885, dan berlokasi di Anyer, Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Banten. Konon katanya di sinilah titik awal pembangunan ruas jalan Anyer Panarukan, Jawa Timur.

Memiliki tinggi 75,5 meter dengan bangunan 18 tingkat, perlu usaha ekstra dalam menempuh puncak mercusuar ini. Sekitar kurang lebih 1.286 anak tangga perlu kamu lewati untuk mencapai puncak.

Meski melelahkan, ketika mencapai puncak lelahmu akan segera terbayar. Kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas serta hamparan bukit hijau dari atas sana.

(Baca Juga : Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi)

3. Mercusuar Willem Toren III

Selanjutnya adalah mercusuar Willem Toren III yang dibangun tahun 1875. Bangunan yang memiliki tinggi 85 meter ini berlokasi di Pulau Breuh, Aceh, tepatnya di Desa Meulingge.

Awalnya, mercusuar Willem Toren III memiliki fungsi sebagai pelabuhan transit selat malaka. Hal ini dikarenakan lokasi mercusuar yang berada di perbatasan Malaysia, Thailand, dan India.

Saat berada di puncak mercusuar ini kamu dapat melihat hamparan samudra hindia serta rimbunnya hutan di sekitar mercusuar. Untuk mencapai punya kamu tentunya kamu perlu menaiki anak tangga terlebih dahulu, sekitar 174 anak tangga perlu kamu naiki.

4. Mercusuar Pulau Lengkuas

Mercusuar bersejarah di Indonesia selanjutnya berada di Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung. Mercusuar Pulau Lengkuas mulanya dibangun oleh belanda pada tahun 1882. Tinggi mercusuar ini mencapai 52 meter loh.

Bangunan ini dikelilingi pemandangan alam yang indah. Jika kamu mengunjungi puncaknya, kamu dapat menikmati keindahan berbagai pulau, salah satunya yang bisa kamu lihat adalah pulau Burung dari kejauhan.

5. Mercusuar Pulau Biawak

Mercusuar yang berlokasi di Indramayu ini sudah berdiri sejak 1872. Awalnya Mercusuar Pulau Biawak memiliki fungsi sebagai pengatur lalu lintas kapal saat keresidenan Cirebon. Tidak hanya itu, mercusuar ini masih aktif berfungsi sebagai pengatur lalu lintas hingga saat ini.

Bangunan yang memiliki tinggi 65 meter ini memiliki sedikit perbedaan dibanding mercusuar lainnya. Umumnya badan menara mercusuar terbuat dari bata, tetapi mercusuar pulau biawak memiliki badan menara yang terbuat dari besi.

Saat mencapai puncak menara, kamu dapat menikmati keindahan Pulau Biawak. Tetapi kamu harus hati-hati, karena teras puncak menara ini hanya memiliki lebar 80 cm. Selain keindahan dari puncak mercusuar, kamu juga bisa menikmati snorkeling, memancing, atau hiking di hutan bakau loh.

6. Mercusuar Pantai Baron

Mercusuar bersejarah di Indonesia terakhir yang akan CekAja bahas adalah Mercusuar Pantai Baron. Mercusuar yang berlokasi di tepi Pantai Baron, Gunung Kidul, Yogyakarta ini mulai beroperasi sejak tahun 2014, dan masih aktif beroperasi hingga saat ini.

Wisatawan yang datang bisa naik ke puncak mercusuar yang memiliki tinggi 49 meter. Bangunan mercusuar Pantai Baron memiliki 9 lantai, dan perlu hati-hati dalam menaikinya. Hal ini karena kondisi tangga yang terdapat di dalam cukup menyeramkan.

Setelah melewati perjalanan yang melelahkan dan mencapai puncak mercusuar, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah seperti Pantai Indrayanti atau Pantai kukup. Hal ini tentu cukup untuk membayar lelah saat menaiki mercusuar.

(Baca Juga : Daftar Kota dengan Letak Tertinggi di Dunia)

Nah, itu dia beberapa mercusuar bersejarah di Indonesia yang sudah kamu ketahui. Kamu juga bisa loh mengunjungi mercusuar yang telah di sebutkan di atas. Sebelum berkunjung pastikan kamu sudah mengetahui lokasi lengkap mercusuar tersebut, agar lebih mempermudah kamu untuk sampai ke lokasi.

Selain itu pastikan juga kamu dalam keadaan sehat saat berkunjung, karena untuk mencapai puncak mercusuar, kamu memerlukan tenaga yang cukup. Terlebih saat ini wabah virus Corona masih belum menghilang, sehingga perlu perlindungan ekstra bagi tubuh.

Untuk mencegah dan melindungi tubuh dari bahaya yang tidak terduga, kamu dapat melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, dengan adanya asuransi kesehataan, ketika kamu terserang penyakit kamu tidak perlu lagi khawatir akan biaya pengobatan dan perawatan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Penting tentunya untuk memilih produk asuransi kesehatan yang akan melindungi diri kamu. Kamu perlu memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Kamu dapat mengajukan dan memilih asuransi kesehatan secara online melalui CekAja.com. Di CekAja.com terdapat berbagai jenis produk asuransi kesehatan terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Selain itu, proses pengajuannya juga sangat mudah, cepat dan aman. Terlebih di CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tentunya akan aman.

Tunggu apalagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu!