Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mereguk Cuan dari Peluang Usaha Menggiurkan Seputar Menyusui

by Tisyrin N. T on 6 Agustus, 2019

Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week) berlangsung pada tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya. Pekan Menyusui Sedunia membawa misi untuk memperjuangkan hak bayi akan air susu ibu (ASI). Untuk memenuhi hak bayi akan ASI, seorang ibu khususnya mereka yang bekerja membutuhkan sederet perlengkapan agar memudahkan tugasnya selama menyusui. Hal ini tentunya membuka berbagai peluang usaha menggiurkan seputar menyusui.

peluang usaha

Ya, ibu bekerja alias working mom membutuhkan berbagai tetek bengek ‘perlengkapan tempur’ agar sang bayi di rumah tetap bisa mendapatkan hak ASI selama dua tahun. Bukan cuma ibu bekerja, ibu rumah tangga (IRT) juga membutuhkan berbagai penunjang selama menyusui.

Inilah beberapa peluang usaha seputar menyusui yang bisa kamu coba:

1. Bisnis perlengkapan menyusui
  • Baju menyusui

Ibu menyusui punya kewajiban untuk memberikan ASI kapan saja dan di mana saja. Karena itu, ibu menyusui membutuhkan pakaian yang didesain khusus untuk menunjang kegiatan menyusui menjadi lebih cepat dan lancar.

Bisnis baju menyusui pun bisa jadi ide brilian buat kamu yang sedang mencari peluang bisnis. Baju menyusui setidaknya punya beberapa kriteria. Selain punya akses yang mudah untuk menyusui, ibu juga tetap ingin tampil modis dan kekinian. Artinya, baju menyusui juga harus memiliki desain yang ciamik agar menarik.

Baju menyusui juga akan sangat membantu bagi para ibu pekerja yang harus memompa ASI alias pumping di kantor. Dengan baju menyusui, aktivitas pumping akan terasa  lebih mudah.  Nah, kalau kamu tertarik bisnis baju menyusui, kamu bisa mulai membangun brand kamu sendiri atau memulainya dengan menjadi reseller dari produk orang lain

(Baca juga: Pekan Menyusui: Follow Influencer dan Akun Inspiratif Seputar ASI Yuk!)
  • Apron/celemek

Apron alias celemek adalah kebutuhan penting bagi ibu menyusui karena berfungsi menutupi bagian sensitif. Apron akan membuat proses menyusui lebih nyaman sehingga memungkinkan ibu melakukan tugasnya di mana saja dan kapan saja.

Menyusui di dalam rumah tentunya tak membutuhkan apron, tapi menyusui ketika bepergian beda lagi ceritanya bukan? Tidak semua tempat menyediakan ruang menyusui, sehingga apron adalah solusi bagi para ibu ketika bepergian.

Nah, kamu bisa memproduksi apron dengan menciptakan merek sendiri. Atau, cukup jadi reseller kalau belum punya modal yang memadai.

  • Bra menyusui

Selain baju menyusui dan apron, bra yang didesain khusus untuk memudahkan proses menyusui juga dibutuhkan para ibu. Bra biasa tentunya kurang nyaman ketika dipakai selama masa menyusui. Padahal, bayi yang baru lahir frekuensi menyusuinya sangat tinggi. Jadi, sang ibu juga sangat membutuhkan sesuatu yang membuat proses menyusui semakin nyaman.

2. Bisnis perlengkapan pumping
  • Pompa ASI

Bagi ibu bekerja yang setiap hari harus pumping, tentu membutuhkan alat pompa ASI. Pompa ASI terdiri dari dua jenis yaitu pompa jenis manual dan elektrik. Banyak sekali merek pompa ASI yang dijual di pasaran. Kalau tertarik berbisnis, kamu bisa coba untuk menjadi reseller pompa ASI dan perlengkapan pumping lainnya.

  • Wadah untuk menyimpan ASI

Untuk menyimpan ASI perah atau ASIP, dibutuhkan wadah yang aman dan bisa tertutup rapat. Botol ASI yang terbuat dari kaca adalah salah satu pilihannya. Bisnis botol ASI tentunya jadi salah satu peluang yang menarik.

Selain botol kaca, pilihan wadah lainnya adalah kantong ASI. Terdapat berbagai merek botol dan kantong ASI yang ada di pasaran. Kamu bisa menjajakan botol dan kantong ASI melalui online marketplace.

  • Cooler bag dan ice gel

Bukan cuma pompa dan wadah untuk menyimpan ASI saja, para ibu bekerja juga membutuhkan cooler bag untuk menyimpan ASIP agar tidak basi. Dengan cooler bag dan ice gel, ASIP akan terjaga suhunya sehingga tidak mudah rusak.

3. Bisnis ASI booster

ASI booster adalah istilah untuk makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Terdapat banyak sekali jenis ASI booster baik yang alami maupun olahan. Tentunya bisnis ASI booster sangat menarik karena terdapat peluang repeat order yang cepat. ASI booster bisa berbentuk teh, susu almond, minuman herbal, cookies, vitamin, dan sebagainya.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan memproduksi ASI booster secara homemade. Namun, kalau tidak punya cukup waktu, kamu bisa menjadi distributor atau reseller, sesuaikan saja dengan kesiapan jumlah modal yang kamu punya.

(Baca juga: Pekan ASI Sedunia, Ini Fakta Menarik Seputar Menyusui)
4. Sewa freezer ASI

PR selanjutnya bagi ibu menyusui yang bekerja adalah mengamankan stok ASIP agar tahan dalam jangka waktu lama. ASIP yang tersimpan di cooler bag hanya tahan dalam hitungan jam. Sementara ASIP yang tersimpan di freezer bisa tahan berbulan-bulan lamanya. Apabila freezer di kulkas yang ada di rumah tidak lagi cukup untuk menyimpan ASIP, ibu tentu butuh tempat lain yang lebih memadai. Bisnis sewa freezer ASI bisa jadi jawaban bagi para ibu menyusui.

Itulah beberapa peluang usaha seputar menyusui yang menarik untuk dicoba. Kalau kamu membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa cek berbagai pilihan pinjaman di CekAja.com.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami