10 Merek Hair Tonic Terbaik beserta Cara Menggunakannya

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Baik perempuan maupun laki-laki, mengetahui merek hair tonic terbaik merupakan hal yang penting. Sebab, menjaga kesehatan rambut adalah kewajiban semua orang, agar rambut tetap sehat, lembut dan terhindar dari beberapa risiko kerusakan, seperti rambut kering, rontok, bercabang, dan lain sebagainya.

Hair tonic sendiri merupakan kombinasi dari alkohol, parfum dan minyak yang digunakan untuk merawat rambut agar lebih sehat. Hair tonic nantinya akan bekerja secara efektif, dalam menyiapkan pondasi pada kulit kepala, untuk membuat rambut lebih sehat.

Sebagai perawatan rambut sehari-hari, merek hair tonic ada sangat banyak. Kamu bisa mencari dan memilih hair tonic yang sesuai dengan karakteristik rambutmu.

Seperti misalnya untuk rambut tipis, kamu bisa menggunakan hair tonic, yang mampu membuat rambut menjadi lebih kuat, dan juga sehat.

Kalau begitu, lantas apa saja merek hair tonic terbaik, yang ampuh jaga kesehatan dan kekuatan rambut?

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com telah merangkum beberapa merek hair tonic, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Kegunaan Hair Tonic untuk Rambut dan Kulit Kepala

Sebelum membahas lebih jauh tentang merek hair tonic terbaik, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu, tentang kegunaan memakai hair tonic.

Mungkin dari pembahasan sebelumnya kamu sudah sedikit mengetahui, kalau hair tonic mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut dan kuat.

Namun sebenarnya, selain itu masih banyak kegunaan hair tonic lainnya yang bisa kamu dapatkan. Adapun beberapa kegunaan hair tonic tersebut, di antaranya yaitu:

  • Membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan lembap
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Membuat rambut menjadi lebih mudah diatur
  • Mencegah rambut berketombe
  • Mencegah kulit kepala menjadi kering
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Mencegah Kerontokan Rambut secara Alami)

Semua manfaat hair tonic di atas, sejatinya didapat karena adanya beberapa kandungan utama yang terdapat dalam cairan hair tonic, seperti:

  • Asam laktat
  • Etanol
  • Hidroklorida
  • Menthol
  • Propilen glikol
  • Vitamin B2
  • Vitamin E

Semua kandungan tersebut sudah pasti dimiliki oleh semua jenis merek hair tonic. Hanya saja, produsen dari setiap merek hair tonic, pasti memiliki tambahan kandungan atau resep rahasia, yang membuat hair tonic produksinya unik dan berbeda dari hair tonic lainnya.

Meski begitu, namun semua merek hair tonic memiliki fungsi yang sama, yaitu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut, agar lebih sehat, lembut, kuat dan terhindar dari berbagai jenis risiko kerusakan.

Cara Menggunakan Hair Tonic

Buat kamu yang sudah memiliki hair tonic, tetapi belum tahu cara menggunakannya, jangan khawatir! Kali ini, CekAja.com akan memberi tahu cara menggunakan hair tonic yang baik dan benar, seperti berikut ini.

  • Pertama, pastikan kamu menggunakan hair tonic setelah keramas, tepatnya yaitu ketika rambut sudah dalam kondisi setengah kering. Sebab, setelah keramas pori-pori kulit kepala masih terbuka, sehingga dapat menyerap hair tonic lebih baik
  • Berikutnya, tuang cairan hair tonic secukupnya ke telapak tangan, lalu usap dengan kedua tangan
  • Jika sudah, oleskan hair tonic secara merata ke seluruh bagian kulit kepala, mulai dari depan hingga ke belakangKemudian pijat kulit kepala secara perlahan menggunakan ujung jari, dan lakukan secara berulang
  • Setelah itu, olesi pula bagian belakang leher dengan hair tonic hingga ke garis rambut, lalu pijat perlahan
  • Jika semua bagian kepala sudah rata di olesi hair tonic, selanjutnya kamu hanya perlu mendiamkannya dan menunggu hingga hair tonic menyerap
  • Untuk hasil maksimal gunakan secara rutin setiap 2-3 kali dalam satu minggu.

10 Merek Hair Tonic Terbaik

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait hair tonic, seperti definisi, kegunaan dan cara penggunaan hair tonic yang baik dan benar, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui daftar merek hair tonic terbaik yang patut dicoba.

Di bawah ini, merupakan 10 merek hair tonic terbaik yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Buat tahu lebih jelas apa saja merek hair tonic terbaik, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Natur

Merek hair tonic terbaik yang pertama adalah Natur. Hal tersebut dikarenakan, hair tonic merek ini umumnya memiliki aroma yang segar, dan tidak terlalu menyengat.

Salah satu varian hair tonic dari Natur yang paling diminati, yaitu Natur Hair Tonic Ginseng Extract.

Memiliki kandungan utama ekstrak ginseng, varian hair tonic yang satu ini, mampu membuat rambut tumbuh subur, kuat dan terhindar dari masalah rambut rontok.

Selain itu, tekstur dari hair tonic merek Natur ini pun cair, dengan warna coklat yang tidak terlalu pekat, karena merupakan hasil dari ekstrak tanaman ginseng.

Untuk bisa membawa pulang Natur Hair Tonic Ginseng Extract ini, kamu tidak perlu merogoh kocek yang besar.

Sebab, hanya dengan Rp40 ribu, kamu sudah bisa memiliki hair tonic yang mampu membuat rambut tampak lebih kuat dan sehat berkilau.

2. NR Hair Tonic

Berikutnya ada NR Hair Tonic, yang menjadi salah satu merek hair tonic terbaik. Kamu bisa menjadikan NR Hair Tonic sebagai hair tonic pilihanmu, karena mampu membasmi ketombe dan rambut rontok secara efektif.

Salah satu produk hair tonic keluaran NR Hair Tonic, yang sangat terkenal adalah NR Hair-Reactive Tonic.

Memiliki kandungan piroctone, hair tonic yang satu ini mampu mengurangi infeksi jamur, yang terjadi dan berkembang di kulit kepala.

Tidak hanya itu, hair tonic ini juga ampuh dalam mengatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hal itu disebabkan oleh beberapa bahan aktif, yang terkandung dalam cairan NR Hair-Reactive Tonic, seperti caster, panthenol, camomilla extract, menthol dan ekstrak birkin.

Semua khasiat yang dimiliki NR Hair-Reactive Tonic ini bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp89 ribu. Bagaimana, tidak membuat kantong kamu jebol, bukan?

3. Johnny Andrean Hair Tonic

Selain dua merek hair tonic di atas, Johnny Andrean Hair Tonic juga menjadi salah satu merek hair tonic terbaik yang bisa dicoba.

Salah satu produk hair tonic unggulannya, yaitu Johnny Andrean Hair Tonic Grow and Strengthen.

Sesuai dengan namanya, hair tonic yang satu ini mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, serta membuat rambut menjadi lebih kuat.

Ini disebabkan oleh ekstrak Swertia Japonica dan Amino Coat, yang terkandung di dalam cairan hair tonic Johnny Andrean satu ini.

Selain merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih kuat, dua jenis kandungan tersebut juga dapat melembapkan kulit kepala secara ampuh.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp50 ribu, kamu sudah bisa membawa pulang, dan menikmati khasiat dari produk andalan Johnny Andrean yang satu ini.

4. Makarizo Salon Daily

Buat kamu yang memiliki masalah kesehatan rambut, berupa rasa gatal berlebih, rasanya kamu perlu menggunakan hair tonic dari Makarizo.

Ya, sebagai salah satu merek hair tonic terbaik, Makarizo mampu memenuhi kebutuhan kulit semua orang, khususnya yang memiliki masalah rambut berketombe.

Kamu bisa menyelesaikan masalah rambut berketombe tersebut, dengan menggunakan salah satu produk unggulan Makarizo, yaitu Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic.

Ekstrak daun lidah buaya serta akar ginseng, yang digunakan sebagai bahan alami utama dalam hair tonic ini, mampu melawan ketombe secara efektif.

5. Kerastase

Di urutan kelima ada Kerastase, sebagai merek hair tonic terbaik dan favorit banyak orang. Salah satu hair tonic keluaran merek Kerastase yang sangat terkenal adalah Kerastase Specifique Stimuliste.

Hair tonic yang satu ini, memiliki khasiat dalam mencegah rambut rontok dan memperpanjang usia rambut, dengan cara membuat rambut menjadi lebih kuat setiap helainya. Dilengkapi dengan vitamin PP, hair tonic ini mudah menyerap ke dalam kulit kepala.

Pasalnya, vitamin PP sendiri dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, agar dapat menyerap nutrisi secara sempurna. Jika kamu tertarik untuk memiliki hair tonic yang satu ini, kamu perlu mengeluarkan kocek yang cukup besar, yaitu sekitar Rp335 ribu.

6. Garnier

Tidak hanya mengeluarkan produk untuk perawatan kulit wajah, Garnier ternyata juga memiliki produk khusus untuk perawatan rambut, salah satunya yaitu hair tonic.

Sebagai merek hair tonic terbaik, Garnier tentu memiliki jenis hair tonic unggulan yang bernama Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic.

Dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp55 ribu, hair tonic Garnier yang satu ini mampu mengatasi kerontokan berlebih.

Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan chamomile, birch, nettle, wheat dan horsetail dalam hair tonic ini.

Semua kandungan tersebut, nantinya akan membentuk suatu formula yang dapat bekerja efektif dalam memberikan stimulus untuk pertumbuhan rambut baru.

Dengan begitu, bagian kulit kepala yang kosong akibat rontok, akan terisi kembali dengan rambut baru yang lebih sehat.

7. Shiseido

Siapa di antara kamu yang tidak tahu Shiseido? Merek hair tonic terbaik yang satu ini, dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, lebat dan sehat berkilau.

Terlebih, Shiseido Adenovital Scalp Tonic, yang dinilai mampu membuat rambut terhindar dari masalah kerontokan, serta membuat rambut terlihat lebih bervolume.

Untuk masalah kerontokan ini nantinya akan diatasi Shiseido, dengan bahan biogenik ramuan asli Shiseido, yang bekerja di bagian papila rambut.

Sementara, agar terlihat lebih bervolume, hair tonic ini menggunakan ekstrak aprikot dalam cairannya.

Dengan demikian, rambut tidak hanya terlihat bervolume, tetapi juga menjadi lebih sehat dan lembap.

Hanya saja, harga yang ditawarkan untuk satu buah hair tonic ini sangat mahal, yaitu sekitar Rp417 ribu.

8. Mustika Ratu

Merek hair tonic terbaik yang kedelapan adalah Mustika Ratu. Sebagai merek lokal atau asli Indonesia, Mustika Ratu ternyata memiliki kualitas hair tonic yang tidak kalah dari merek-merek hair tonic luar negeri.

Terlihat dari salah satu produk hair tonic-nya, yaitu Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut, hair tonic ini menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yang kaya khasiat, sebagai keunggulan dan daya tariknya.

Adapun jenis rempah-rempah, yang digunakan di antaranya yaitu jahe dan urang aring, yang dapat memberikan nutrisi agar akar rambut menjadi lebih kuat, serta terhindar dari kerontokan.

Semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp16 ribu saja. Sangat ekonomis, bukan?

9. Kaminomoto

Meski penyebab kerontokan rambut umumnya adalah ketombe, namun ternyata menopause juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada wanita.

Hal itulah yang menyebabkan merek terkenal Kaminomoto, mengeluarkan produk hair tonic bernama Ladies Kaminomoto EX.

Meski dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp227 ribu, namun hair tonic ini mengandung beberapa jenis bahan, yang mampu mencegah kerontokan pada wanita.

Semua bahan yang terkandung tersebut, nantinya akan melancarkan peredaran darah di kulit kepala, dengan cara memberikan nutrisi.

10. Rudy Hadisuwarno

Merek hair tonic terbaik yang terakhir datang dari Rudy Hadisuwarno. Sebagai salah satu merek yang juga sangat populer, Rudy Hadisuwarno menghadirkan hair tonic unggulan bernama Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense.

Hair tonic yang satu ini memiliki formula yang mampu mengatasi rambut rontok. Ekstrak ginseng yang terkandung dalam hair tonic ini, juga sudah teruji secara efektif dalam memperkuat akar rambut.

Dengan pemakaian rutin, yaitu tepatnya sekitar 2-4 kali dalam satu minggu, dapat membuat seluruh bagian rambut menjadi lebih ternutrisi.

Sehingga, efeknya adalah rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Kamu bisa mendapatkan hair tonic ini hanya dengan Rp55 ribu saja.

(Baca Juga: Penyubur Rambut dari Bahan Alami)

Itulah 10 merek hair tonic terbaik yang sudah kamu ketahui beserta kegunaan, kandungan dan cara pemakaiannya yang baik dan benar.

Semua merek hair tonic tersebut, tentunya ampuh membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Kamu bisa menemukan dan mendapatkan semua produk hair tonic di atas, di supermarket maupun di e-commerce yang menjual produk perawatan kulit, wajah dan rambut.

Agar kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Hal tersebut dikarenakan, kartu kredit tak jarang memberikan promo belanja menarik untuk para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, kamu bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani