8 Merek Pil KB yang Aman dan Minim Efek Samping

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Merek pil KB yang aman sangat perlu untuk kamu ketahui agar lebih mudah memilihnya. Ada beberapa merek ternama yang kita sering temui di pasaran. Berikut rekomendasinya untukmu.

Pil KB merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena pil KB mudah dikonsumsi dan efektif mencegah kehamilan.

Harganya juga terjangkau, mulai dari di bawah Rp10.000 hingga Rp100.000-an. Harga ini tergantung dengan merek jual yang kamu pilih.

Kandungan Pil KB

Di Indonesia, terdapat beberapa merek pil KB yang bisa kita temui di pasaran. Pada dasarnya, kandungan utama dari semua pil KB masih terbilang sama, yakni ethinylestradiol.

Ethinylestradiol sendiri adalah hormon versi buatan (sintesis) dari hormon estrogen (etinil estradiol) dan progestin.

Kedua hormon tersebut dalam versi alami diproduksi oleh tubuh wanita, dan mempengaruhi siklus menstruasi, dan tingkat kesuburan.

Jumlah hormon estrogen dan progestin sangat menentukan terjadi atau tidak terjadinya pembuahan yang mengakibatkan kehamilan.

Namun, ada pula yang menjadi hal pembeda dari kandungan setiap merek pil KB. Yakni jenis turunan hormon progestin yang berbeda-beda.

Ada merek pil KB yang menggunakan progestin levonorgestrel, ada juga yang menggunakan progestin drospirenone, serta progestin cyproterone acetate.

Perbedaan kandungan progestin turunan tersebut nantinya akan memberi efek samping yang sedikit berbeda pada penggunanya.

Ya, perlu diketahui bahwa konsumsi pil KB tidak hanya memberi efek pengaturan kadar hormon di dalam tubuh.

Melainkan juga efek lainnya seperti efek kondisi fisik tubuh, hingga efek pada kondisi psikologis.

Meskipun begitu, kamu tak perlu terlalu khawatir mengonsumsi pil KB karena efeknya. Sebab jika diminum sesuai dengan dosis dan atas konsultasi dokter, maka pil KB aman dikonsumsi.

Agar kualitasnya semakin terjamin, pilihlah merek pil KB yang aman untuk konsumsi harian.

Cara Kerja Pil KB

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya soal bagaimana sebuah pil mampu mencegah terjadinya kehamilan.

Cara kerja pil KB yang mengandung Ethinylestradiol akan mencegah indung telur untuk melepaskan sel telur agar tidak terjadi pembuahan.

Setelah itu, ketebalan lendir rahim akan diubah agar sperma sulit bergerak masuk ke dalam rahim untuk mencari sel telur.

Kalaupun ada sel telur yang dibuahi oleh sperma, maka pil KB akan membuat perubahan pada lapisan dinding Rahim. Sehingga telur yang sudah dibuahi tidak dapat menempel dan tertanam di rahim.

Begitulah cara kerja pil KB dalam mencegah terjadinya kehamilan. Konsumsi produk dari merek pil KB yang aman harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga efektifitasnya.

(Baca Juga: 9 Merek Test Pack Terbaik Uji Kehamilan Paling Akurat)

Rekomendasi Merek Pil KB yang Aman

Meskipun sudah banyak pil KB yang dijual di pasaran, sebaiknya kamu memilih produk dari merek pil KB yang aman untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

Berikut ini rekomendasi beberapa merek pil KB yang aman untuk dikonsumsi:

1. Pil KB Andalan

Pertama, merek pil KB yang aman adalah Andalan. Konsumen tentu sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini.

Pil KB Andalan mengandung progestin levonorgestrel dan etinil estradiol yang berfungsi mencegah terjadinya pembuahan.

Ada tiga jenis pil KB merek Andalan yang bisa kamu pilih. Yakni pil KB Andalan biasa untuk semua wanita, pil KB Andalan Laktasi untuk ibu menyusui, dan pil KB Andalan Fe untuk wanita aktif agar tercegah dari anemia.

Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi pil KB Andalan adalah pusing, perubahan nafsu makan, kemunculan jerawat, dan kemungkinan adanya bercak darah walau tidak sedang menstruasi.

2. Pil KB Yasmin

Merek pil KB yang aman selanjutnya adalah pil KB Yasmin. Kandungan di dalam setiap pil ini adalah progestin drospirenone dan etinil estradiol.

Keistimewaan dari pil KB Yasmin adalah efek pengurangan produksi minyak pada kulit. Jadi, kamu akan terbebas dari risiko efek samping kulit yang berjerawat.

Sedangkan efek samping lainnya yang mungkin dialami konsumen adalah sakit kepala, nyeri punggung, mual, payudara bengkak, diare, dan depresi.

3. Pil KB Diane

Merek pil KB yang aman sekaligus terkenal adalah pil KB Diane. Kandungan hormon sintetis yang terdapat pada pil ini adalah progestin cyproterone acetate dan etinil estradiol.

Cairan sperma akan sulit masuk dan membuahi sel telur karena adanya pengentalan cairan mukkosa pada leher rahim.

Efek samping dari konsumsi pil KB Diane adalah mual, kemungkinan reaksi alergi, payudara bengkak, ruam kulit.

4. Pil KB YAZ

Pil KB YAZ juga masuk ke dalam daftar merek pil KB yang aman. Proses ovulasi akan terhambat jika kamu mengonsumsi pil KB YAZ secara teratur, selama 28 hari berturut-turut.

Proses pembuahan sperma juga akan disulitkan karena adanya kandungan hormon progestin drospirenon dan etinil estradiol tambahan dari pil KB yang satu ini.

(Baca Juga: 7 Ciri-ciri Bayi Kekurangan Gizi yang Harus Diwaspadai Orang Tua)

5. Pil KB Microlut

Rekomendasi merek pil KB yang aman lainnya adalah pil KB Microlut. Keunggulan dari pil KB ini adalah minim efek samping.

Siklus menstruasi tidak akan terganggu, dan produksi ASI akan tetap aman seperti biasa. Hal ini karena pil KB Microlut hanya mengandung progestin levonorgastrel.

Pil KB Microlut cocok dikonsumsi ibu menyusui yang ingin menunda kehamilan.

Adapun kemungkinan efek samping lain yang bisa kamu rasakan adalah masalah pencernaan, kemungkinan pendarahan, dan perubahan berat badan.

6. Pil KB Microgynon

Untuk mencegah kehamilan, kamu juga bisa mengonsumsi pil KB Microgynon yang juga masuk ke daftar merek pil KB yang aman.

Kandungan yang dimiliki adalah progestin levonorgestrel dan etinil estradiol. Efek sampingnya terbilang minim dan tidak semuanya dirasakan konsumen.

Seperti sakit kepala, mual, perut kembung, dan payudara yang terasa nyeri.

7. Pil KB Planotab

Jika kamu ingin mencari merek pil KB yang aman dan harga yang murah meriah, pil KB Planotab bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan kandungan progestin levonorgestrel dan etinil estradiol, pil KB Planotab efektif mencegah kehamilan.

Harga yang dipatok untuk setiap stripnya mulai dari Rp7.000-an saja. Adapun efek samping yang mungkin ditimbulkan dari konsumsi pil KB ini adalah gangguan metabolisme tubuh dan peningkatan kadar gula darah.

8. Pil KB Postinor

Merek pil KB yang aman paling terakhir adalah pil KB Postinor. Kandungan aktif yang terdapat di dalamnya adalah progestin levonorgestrel.

Pil ini bisa dikonsumsi dala rentang waktu 12 jam sampai 72 jam setelah berhubungan intim tanpa pelindung.

Kemungkinan efek samping yang bisa diderita konsumen adalah nyeri perut, mual, sakit kepala, payudara terasa lunak, rasa lelah, dan kemungkinan pendarahan.

Itulah daftar merek pil KB yang aman untukmu. Bagaimanapun juga, setiap obat medis memiliki efek samping di dalamnya.

Tetapi, tidak semua efek samping tersebut berisiko dirasakan oleh setiap orang. Sehingga konsumsi pil KB masih terbilang aman asalkan mengikuti dosis dan konsumsinya diawasi oleh dokter.

Berbagai kebutuhan obat dan vitamin untuk menunjang kesehatan fisikmu kini bisa dibeli online melalui e-commerce.

Biar makin untung, manfaatkan promo kartu kredit yang bisa kamu miliki lewat CekAja.com. Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik, yang disesuaikan dengan profil finansialmu.

Untuk mengajukannya, kamu hanya perlu mengisi data diri secara lengkap pada lembar formulir online dan tunggu petugas kami memprosesnya.

Jika syarat terpenuhi, maka kartu kredit akan langsung dikirimkan ke alamat tempat tinggal yang kamu tuju. Gampang banget, kan?

Yuk, makanya cek perbandingan kartu kredit sekarang juga dan ajukan hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah