Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

12 Merek Raket Badminton Terbaik yang Banyak Digunakan Atlet Ternama

by Nadhillah Kusindriani on 16 September, 2020

Buat kamu pemain badminton pemula, tidak ada salahnya jika kamu mencari dan memilih, merek raket badminton terbaik. Pasalnya, memiliki raket yang berkualitas dan nyaman digunakan, dapat menunjang permainan badminton menjadi semakin baik.

12 Merek Raket Badminton Terbaik yang Banyak Digunakan Atlet Ternama

Raket pada dasarnya merupakan alat yang digunakan untuk memukul bola. Umumnya, raket memiliki bentuk bulat seperti telur, berjaring yang terbuat dari nilon, serta memiliki gagang yang digunakan untuk pegangan.

Raket pun tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan terdiri dari beberapa jenis, yang di antaranya yaitu raket tenis, badminton dan squash.

Untuk raket badminton sendiri, secara tradisional dibuat menggunakan bahan dasar kayu. Namun seiring perkembangan, raket kini sudah menggunakan alumunium atau logam ringan lainnya.

Belum lagi komposisi komposit serat karbon yang digunakan di hampir semua jenis raket, membuatnya memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat dan kaku.

Tidak hanya itu, penggunaan serat karbon pada raket juga memberikan perpindahan energi kinetik yang sangat hebat.

Semua kemampuan hebat tersebut, bisa kamu temukan di sejumlah merek raket terbaik produksi perusahaan ternama, seperti Yonex, Adidas, Pro Ace, Li Ning dan lain sebagainya.

Hindari Membeli Raket Badminton yang Digunakan Atlet Favorit

Jika kamu berpikir bahwa membeli raket badminton yang sama dengan raket yang digunakan atlet favorit itu terbaik, sepertinya kamu keliru.

Sebab, patokan baik dan tepat tidaknya membeli raket badminton, bukan karena digunakan atlet favorit, melainkan sesuai atau tidak raket tersebut dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Pasalnya, tingkat kemampuan atau kemahiran pemain badminton profesional, bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga, raket badminton yang digunakannya pun tidak sembarangan.

Para atlet pun telah terlatih dan terbiasa menggunakan raket yang lebih berat. Dengan demikian, mereka mampu menggunakan raket yang lebih berat tersebut tanpa kendala apapun.

Maka dari itu, membeli raket yang sama dengan yang digunakan oleh atlet favorit kurang disarankan, terlebih untuk pemula.

Hal tersebut dikarenakan, itu hanya menghambat kelancaran permainan saja. Kamu pun dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera, pada pergelangan tangan saat melakukan pukulan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya membeli raket badminton yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan saja.

Kemudian satu hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan, yaitu pastikan kamu membeli raket yang sesuai dengan kemampuan finansial.

(Baca Juga: 21 Atlet Terkaya di Dunia)
Spesifikasi Raket Badminton

Mengetahui daftar merek raket badminton terbaik memang penting. Namun, satu hal yang juga perlu kamu ketahui dan tidak kalah penting adalah spesifikasi raket badminton.

Karena, untuk bisa mendapatkan raket badminton yang tepat, kamu harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasinya.

Jangan sampai, kamu membeli raket badminton hanya karena merek, bentuk dan desainnya saja. Padahal, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah spesifikasinya.

Untuk tahu lebih jelas apa saja spesifikasi dari sebuah raket badminton, yang tersedia di pasaran dan menjadi standar internasional, yuk simak ulasan berikut ini.

Bahan utama yang digunakan

Untuk bahan yang digunakan, raket badminton biasanya terbuat dari beberapa jenis bahan, yang di antaranya yaitu:

  • Alumunium
  • Super Hi Modulus Graphite
  • Nano Carbon
  • Ultra Titanium
  • Ultimum Ti
  • Modulus Graphite
  • Ultra Hi Modulus Graphite
  • Woven Kevlar
  • Titanium Composite
  • G Angkatan Ti
Tingkat fleksibilitas raket

Jika berbicara tentang tingkat fleksibilitas, raket badminton sejatinya memiliki lima tingkat fleksibilitas, yang terdiri dari flexible, extra flexible, medium, stiff dan extra stiff.

Bentuk-bentuk raket badminton

Untuk bentuknya sendiri, raket badminton memiliki dua bentuk yang ada dipasaran, yaitu bentuk oval biasa atau konvensional dan isometric (oval dengan bagian atas raket mendatar).

Pilihan ukuran grip yang tersedia

Perlu diketahui, bahwa ukuran grip dari setiap raket berbeda-beda. Yang mana, raket badminton memiliki empat ukuran grip, yaitu:

  • G2 (4 inci)
  • G3 (3,75 inci)
  • G4 (3,5 inci)
  • G5 (3,35 inci).
Pilihan berat raket badminton

Sama seperti ukuran raket, berat yang dimiliki setiap raket pun berbeda, di antaranya yaitu ada yang 2U (90-94 gram), 3U (85-89 gram) dan 4U (80-84 gram).

Titik keseimbangan raket badminton

Raket badminton pada dasarnya memiliki empat titik keseimbangan, yang terbagi menjadi:

  • Head Light Defensive (270-280 mm)
  • Netral All Round (275-285 mm)
  • Head Heavy Balance (285-295 mm)
  • Extra Head Heavy (295-300 mm)
Ukuran panjang raket badminton

Spesifikasi terakhir yang harus kamu ketahui dari raket badminton, yaitu ukuran panjang raketnya. Seperti yang diketahui, ukuran panjang raket badminton, terdiri dari:

  • Standard, 26 inci
  • Long, 26,5 inci
12 Merek Raket Badminton Terbaik

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui spesifikasi raket badminton, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui daftar merek raket badminton terbaik.

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, CekAja.com akan mengulas beberapa merek raket badminton terbaik yang bisa dijadikan pilihan dan rekomendasi.

Lantas, apa saja merek raket badminton tersebut? Di bawah ini CekAja.com telah merangkum 12 merek raket badminton, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Yonex

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Yonex? Sebagai merek raket badminton terbaik, Yonex sudah terkenal menjadi merek raket badminton andala atlet kelas dunia.

Dirancang khusus sedemikian rupa, membuat raket ini memiliki kontrol yang sempurna. Dengan menggunakan raket ini, kamu akan memiliki tenaga lebih, dalam memukul kok dari berbagai sisi di lapangan.

Beberapa varian raket badminton terbaik yang paling banyak dicari dan digunakan, yaitu Yonex Muscle Power, Yonex Arcsaber FB, Yonex Nanoray 80, hingga yang paling mahal Yonex Voltric Z Force.

2. Adidas

Meski sebagian besar orang tidak tahu kalau Adidas memproduksi raket badminton, namun ternyata, Adidas menjadi salah satu merek raket badminton terbaik yang diperhitungkan.

Bagaimana tidak, pasalnya raket badminton yang satu ini terbuat dari bahan pure nano carbon, x-tra titanium dan zylon super fibre, yang mampu menunjang performa pada saat permainan.

Memiliki bentuk kepala isometric, raket badminton yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki gaya permainan ofensif.

3. Pro Ace

Selain dua merek terkenal di atas Pro Ace juga menjadi merek raket badminton terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Pro Ace memiliki kualitas yang tidak kalah bagus, dengan merek raket badminton terbaik kelas dunia lainnya.

Meski begitu, namun merek yang berasal dari Inggris ini, juga cocok digunakan oleh para pemain badminton pemula, maupun tingkat lanjutan untuk latihan dan turnamen.

4. Li Ning

Dibuat menggunakan bahan carbon graphite, membuat merek raket badminton terbaik yang satu ini sangat wajar, apabila dijadikan sebagai merek andalan para pemain badminton profesional, seperti Tontowi Ahmad.

Sebab, penggunaan carbon graphite sebagai material pembuatannya, menjadikan raket ini memiliki bentuk yang solid dan ringan.

Terlebih, raket ini juga dibuat menggusnakan teknologi aerotec beam system dan dynamic optimum frame.

Sehingga, raket ini akan sangat mendukung kamu, dalam mengerahkan pukulan smash terbaik untuk mengalahkan lawan.

5. Carlton

Di urutan kelima ada Carlton, yang juga menjadi merek raket badminton terbaik versi CekAja.com.

Memiliki motto “Specialist at Speed”, membuat Carlton selalu menghadirkan raket yang mampu memaksimalkan kecepatan dan ketepatan para penggunanya.

Produsen raket yang berasal dari Inggris ini, juga selalu menjadikan logam sebagai material pembuatan raketnya.

Namun uniknya, Carlon pun menjadi brand pertama yang membuat raket badminton menggunakan stainless steel.

6. Karakal

Walaupun jarang terdengar, namun Karakal menjadi salah satu merek raket badminton terbaik yang patut dijadikan pilihan.

Hal tersebut dikarenakan, merek raket yang satu ini terbuat dari bahan full carbon, yang membuatnya menjadi lebih fleksibel dan ringan, sehingga nyaman digunakan.

Hadir dengan desain yang stylish serta grip yang sangat nyaman, menjadikan raket badminton berkualitas asal Britania Raya ini, sangat cocok untuk kamu yang memiliki gaya bermain santai, tetapi mematikan.

7. Victor

Buat kamu yang baru mendengar Victor, ini sejatinya merupakan salah satu merek raket badminton terbaik, yang menjadikan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad sebagai brand ambassador-nya.

Produsen victor merancang raket badmintonnya sedemikian rupa, khusus untuk pemain yang bertugas menyerang.

Adapun beberapa varian raket Victor yang menjadi best seller, yaitu Victor Thruster TK 8000, Victor Meteor MX JJS dan lain sebagainya.

8. Astec

Perlu diketahui, Astec merupakan singkatan dari Alan-Susi Technology. Ya, merek raket badminton terbaik yang satu ini, merupakan merek asli Indonesia yang dibentuk oleh dua pemain badminton kebanggan, yaitu Alan Budikusuma dan Susi Susanti.

Raket yang didesain menarik dan sangat elegan ini, dibuat menggunakan material ultra hi-modulus carbon graphite, yang sangat ringan.

Tidak hanya itu, ditunjang dengan penggunaan teknologi aeroleap, raket badminton merek ini juga mampu memaksimalkan kecepatan serta akurasi mu setiap melemparkan pukulan.

9. Wilson

Menjadi salah satu merek raket badminton terbaik asal Amerika Serikat, Wilson merupakan raket yang terkenal sangat ringan dan solid, meskipun dibuat menggunakan material high modulus carbon fiber yang kuat.

Salah satu jenis raket badminton merek Wilson terbaik dan paling laris adalah Wave BLX. Varian yang satu ini sangat laris, karena banyak digunakan untuk pertandingan oleh atlet badminton.

10. Monsoon

Monsoon merupakan salah satu jenis raket yang sengaja didesain, untuk kamu yang sering melakukan smash penuh.

Maka dari itu, merek raket badminton satu ini sering disebut sebagai merek terbaik, untuk para pemain badminton profesional atau atlet.

Meski begitu, namun Monsoon juga memproduksi beberapa jenis raket khusus untuk pemula.

Salah satu raket produksi Monsoon yang paling banyak digunakan dan terkenal adalah Monsoon 24/7 N4 Reaction.

Hal tersebut dikarenakan, raket Monsoon 24/7 N4 Reaction ini menjadi raket andalan, yang selalu digunakan para pemain profesional, untuk memberikan smash yang bertenaga dan tajam.

11. Ashaway

Sebagai merek raket badminton terbaik yang diperhitungkan, Ashaway menjadi produsen raket kelas dunia, yang selalu menghadirkan raket dengan teknologi String.

Beberapa raket badminton terbaik produksi Ashaway, di antaranya yaitu Ashaway Viper XT900, Ashaway Superlight 99SQ, Ashaway Nano Dynamic 130 dan lain sebagainya.

Walaupun dikenal sebagai produsen raket terbaik, namun Ashaway juga memproduksi berbagai macam shuttlecock, luggage, string, sepatu, pakaian dan grip.

12. Yehlex

Merek yang berasal dari nama YEH Family ini, merupakan produsen raket badminton, yang selalu menghasilkan raket-raket badminton berkualitas tinggi.

Semua raket merek Yehlex dibuat dengan mutu tinggi dan teknologi khusus. Sehingga, tidak heran apabila raket keluaran Yehlex memiliki ayunan yang sangat baik, serta defensive yang bagus.

(Baca Juga: Olahraga yang Aman saat Pandemi)

Itulah 12 merek raket badminton terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, serta cocok untuk pemain badminton pemula dan profesional.

Semua merek raket badminton tersebut, bisa kamu temukan dengan mudah di toko olahraga, maupun e-commerce yang menjual raket badminton.

Agar kegiatan belanja menjadi lebih praktis, hemat dan menyenangkan, kamu bisa raket dari merek ternama menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin menikmati promo belanja tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, yuk segera ajukan kartu kredit melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang Penulis