9 Merek Test Pack Terbaik Uji Kehamilan Paling Akurat

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Merek test pack terbaik memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, sehingga mampu menguji kehamilan secara akurat. Berikut ini daftar merek terbaiknya yang direkomendasikan untukmu.

Tanda-Tanda Kehamilan

Para pasangan yang tengah menunggu kehadiran si cabang bayi biasanya mulai membeli beberapa test pack.

Sebelum mengetahui daftar merek test pack terbaik, pahami dulu tanda-tanda kehamilan yang bisa menjadi penambah kepastian kehamilanmu.

Sekitar satu hingga dua minggu setelah pembuahan, ada beberapa gejala fisik yang dirasakan ibu hamil muda.

Ini dia tanda-tanda kehamilan yang muncul pada ibu hamil muda:

  • Payudara terasa mengencang dan nyeri
  • Mudah lelah
  • Mengalami perubahan mood (mood swing)
  • Merasakan mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Indera penciuman semakin tajam
  • Telat menstruasi

Kapan Waktu yang Tepat Uji Kehamilan dengan Test Pack?

Jika pembuahan memang terjadi karena hubungan intim yang dilakukan pasangan, maka kamu akan merasakan tanda-tanda kehamilan di atas.

Untuk memastikan kehamilan, kamu bisa menggunakan test pack terlebih dulu yang bisa dibeli di apotek terdekat. Harga merek test pack terbaik bervariasi, namun dijamin terjangkau di kantong.

Ada waktu yang tepat untuk menguji kebenaran kehamilan dengan test pack. Sebab, tingkat kepekaan atau sensitifitas produk test pack baru bisa mendeteksi kehamilan setelah embrio berkembang.

Yakni sekitar 1 minggu sampai 2 minggu setelah pembuahan.

Maka dari itu, waktu yang tepat untuk menguji kehamilan dengan test pack adalah 1 minggu sampai 2 minggu setelah kamu dan pasangan berhubungan intim terakhir kali.

Jika hasil masih dirasa meragukan, yakni dengan tanda penunjuk garis kehamilan yang kabur, maka tunggu hingga 1 minggu setelah kamu telat menstruasi.

Untuk mendapat hasil yang lebih akurat saat menguji kehamilan, pengguna test pack disarankan untuk melakukan tes kehamilan saat pagi hari.

Cairan urine pertama memiliki konsentrasi HCG yang tinggi, sehingga dinilai kehamilan lebih mudah dideteksi oleh test pack. Tes kehamilan pun akan jadi lebih akurat.

Setelah memastikan kehamilan sendiri dengan test pack, barulah kamu disarankan untuk pergi memastikan kehamilan ke dokter spesialis.

Dokter akan melakukan USG dan melihat apakah kehamilan benar terjadi dengan munculnya kantong janin di dalam rahim.

(Baca Juga: 10 Cara Program Hamil Bayi Kembar yang Terjamin Ampuh!)

Merek Test Pack Terbaik

Selain memilih waktu yang tepat untuk menguji kehamilan, pastikan juga kamu menggunakan merek test pack terbaik.

Berbagai merek test pack terbaik ini mudah ditemukan di pasaran, dengan harga yang bervariasi. Yakni mulai dari Rp2.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Jadi, tidak semua merek test pack terbaik memiliki harga yang mahal, kok.

Berikut ini daftar merek test pack terbaik yang direkomendasikan untukmu:

1. Clear Blue

Merek test pack terbaik yang pertama adalah Clear Blue yang berasal dari Swiss. Merek ini menjual produk test pack digital dengan tingkat akurasi tinggi, 99 persen.

Selain itu, ada pula tampilan pengukur perkiraan usia kehamilan dalam indicator mingguan.

Misalnya jika kamu sudah hamil sekitar 3 minggu, maka tanda ini akan menunjukkan tulisan “3 weeks”. Akurasi prediksi minggu kehamilan ini sekitar 93 persen.

Karena akurat dan hadir dalam bentuk tampilan digital, maka tak heran jika harganya mahal di pasaran. Produk Clear Blue Digital Pregnancy Test dapat dibeli seharga Rp250.000.

2. Sensitif

Merek test pack terbaik yang kedua adalah produk lokal terkenal bernama Sensitif. Dengan akurasi tes kehamilan 99,9 persen, hasil bisa terlihat hanya dalam waktu satu menit saja.

Produk uji kehamilan Sensitif memiliki berbagai varian, yakni strip dengan harga sekitar Rp22.000, jenis test pack compact seharga Rp48.000, dan jenis test pack digital dengan harga Rp150.000.

3. Andalan

Selain Sensitif, Andalan juga menjadi merek test pack terbaik produksi dalam negeri. Harganya murah karena hadir dalam bentuk strip sekali pakai.

Walau hanya dijual seharga Rp5.000 per stripnya, namun akurasi test pack Andalan tetap terjamin dengan angka 99,9 persen. Hasil dapat diperoleh dalam waktu 1 menit sampai 3 menit.

(Baca Juga: 8 Merk Susu Ibu Hamil Terbaik, Rasa Enak dan Nutrisi Lengkap)

4. HCG

HCG masuk ke dalam daftar merek test pack terbaik karena memiliki variasi test pack yang berbeda dari yang lain.

Jika kamu memilih produk HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test, maka kamu akan mendapat strip penguji kehamilan dengan model rapid test.

Jadi, kamu akan mendapat pipet untuk mengambil sampel urine, lalu tuangkan sampel urine tersebut ke alat tes kehamilan rapid. Lalu diamkan hingga tanda garis kehamilan muncul.

Harganya terjangkau, yakni hanya Rp7.000. Sedangkan untuk produk test pack HCG dengan bentuk compact, harganya sekitar Rp17.000.

5. Century Value

Merek test pack terbaik lainnya adalah Century Value Pregnancy Test Strip. Bentuk dari test pack yang satu ini juga unik.

Karena strip yang kokoh, dilengkapi dengan penutup bagian ujung strip yang menjamin kebersihan produk baik sebelum maupun sesudah digunakan.

Test pack terbaik ini bisa digunakan 1 minggu setelah kamu melakukan hubungan intim terakhir, dengan tingkat akurasi 99 persen.

Hasil tes kehamilan akan tertampil setelah 1 menit hingga 3 menit terkena cairan urine. Harga per stripnya dijual Rp20.000.

6. Steril

Untuk merek test pack terbaik namun harga murah meriah, kamu bisa memilih test pack Steril Pregnancy Test Strip. Harganya hanya Rp2.000 untuk setiap strip.

Kamu bisa mengetes kehamilan dengan cepat, akurat hingga 99 persen, dengan tingkat sensitifitas HCG 20 mlU.

7. OneMed

OneMed menjadi merek test pack terbaik karena penjualannya selalu ada di apotek mana saja.

Variasi test pack yang dijual adalah bentuk strip seharga Rp1.000, serta bentuk stik dengan nama produk OneMed Siklus seharga Rp17.000. Murah banget, kan?

Mendeteksi kehamilan akan lebih mudah dan cepat jika kamu menggunakan OneMed. Test pack ini memiliki tingkat akurasi 99,9 persen, dengan sensitifitas 20 mlU.

8. Akurat

Merek test pack terbaik lokal dengan harga terjangkau selanjutnya adalah Akurat. Dengan menggunakan test pack ini, kamu bisa mendeteksi kehamilan dengan cepat mulai dari 1 minggu setelah berhubungan intim.

Tingkat akurasi Akurat adalah 99 persen, dan hasil akan tampil setelah 1 menit hingga 3 menit dicelupkan ke cairan urine.

Harga yang dipatok di pasaran untuk setiap strip test pack Akurat adalah Rp10.000, sedangkan untuk bentuk compact harganya Rp25.000.

9. Woman Choice

Merek test pack terbaik yang terakhir adalah Woman Choice. Keunggulan dari test pack ini adalah kemampuan mendeteksi kehamilan dengan hasil yang tertampil dalam waktu 40 detik.

Harga per pak isi 24 strip adalah Rp21.000, dan harga test pack Woman Choice dalam bentuk compact seharga Rp35.000.

Itulah daftar merek test pack terbaik yang bisa menjadi referensimu sebelum membeli. Setiap jenis test pack bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu inginkan.

Untuk program kehamilan yang sukses, pastikan kamu dan pasangan menjaga pola makan dengan gizi seimbang serta gaya hidup sehat.

Di masa pandemi ini, ada baiknya jika kamu menyetok bahan makanan dengan belanja online. Biar belanja makin untung, dapatkan promo menarik dari kartu kredit.

Berbagai kartu kredit ternama bisa kamu miliki dengan mengajukannya secara mudah lewat sistem online CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan kamu cukup mengajukannya dengan mengisi formulir online.

Tunggu petugas CekAja.com mengurus pengajuan kartu kredit tersebut, lalu akan ada kurir yang mengantarkan kartu kredit ke alamat tempat tinggalmu. Gampang, kan?

Yuk, dapatkan perbandingan kartu kredit terbaik dan ajukan kepemilikannya hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah