Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Meski Hobi Belanja, Wanita Bisa Tetap Banyak Uang

by Ariesta on 8 November, 2016

wanita hobi belanja_kartu kredit - CekAja.com

Kita sering mendengar, menabung banyak uang membutuhkan pengorbanan. Salah satunya adalah memangkas pengeluaran tidak penting dan lebih mempriotaskan hal-hal seperti membayar cicilan rumah, tagihan kartu kredit dan tabungan pensiun.

Sekilas, aturan finansial ini terlalu baku dan tidak memberikan kesempatan untuk bersenang-senang. Padahal kamu sudah susah payah bekerja menghasilkan uang. Faktanya ladies, kamu yang hobi belanja bisa menjalankan hobimu ini dan tetap bisa memiliki finansial yang sehat. Jadi bagaimana caranya agar menabung dan hobi belanja jalas terus? Seperti kebanyakan masalah, selalu ada solusi untuk kebimbangan ini. Berikut caranya.

Tetap belanja

Namanya juga hobi, kalau dilakukan membuat senang dan menghilangkan stres. Karenanya banyak wanita yang menjadikan hobi belanja sebagai penghibur diri. Ketika bicara soal belanja, bukan berarti kamu harus selalu membeli baju baru setiap datang ke mal.

Membeli kebutuhan sehari-sehari sesuai dengan yang tertera di daftar belanja juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Supaya hobi ini tersalurkan, buat jadwal rutin setiap akhir pekan untuk membeli bahan makanan selama satu minggu. (Baca juga: Ini Tandanya Kamu Harus Resign Kerja dan Mulai Tekuni Hobi)

Hanya membeli barang yang disukai

Hobi belanja menjadi hal boros ketika kamu lapar mata. Ketika melihat tulisan SALE misalnya, kamu langsung berlari seperti orang gila karena takut kehabisan. Kamu bisa tetap belanja dan hemat ketika membeli barang yang benar-benar disukai dan lebih bagus lagi kalau memang dibutuhkan.

Misalnya jika saat mencba baju di ruang ganti kamu banyak menggerutu soal bajunya, maka jangan dibeli. Pembelian impulsif seperti ini hanya membuatmu menyesal setiba di rumah.

Punya anggaran untuk shopping

Setelah menerima gaji dan menyisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan, menabung, dan investasi, buat anggaran untuk shopping. Jadi menabung dulu baru belanja. Dengan demikian kamu tidak akan kehabisan uang saat akhir bulan atau merasa bersalah setelah membeli baju baru.

Mungkin kamu yang membaca ini berpikir kalau tidak punya uang untuk anggaran shopping. Tapi coba pikir, kalau selama ini kamu sering ‘kalap’ karena belanja tanpa rencana, tandanya kamu memang punya uang. Dengan punya anggaran, kamu tetap bisa shopping tanpa merasa bersalah.

Sisihkan sesuai kebutuhanmu. Misalnya kalau gajimu Rp5 juta, sisihkan 10%-15% yang berarti Rp500 ribu-Rp750ribu. Dalam sebulan, kamu tidak boleh shopping lebih dari anggaran. Kalau ternayat ada yag ingin kamu beli dan uang shopping sudah habis, tunggu sampai gajian selanjutnya.

Pangkas pengeluaran ‘bocor halus’

Dalam buku Finchickup karya perencana keuangan Farah Dini Novita, Dini menjelaskan soal ‘bocor halus’. Bocor halus adalah pengeluaran yang dianggap kecil, tapi kalau dikumpulkan jadi banyak.

Misalnya Dini mencontohkan dia senang membeli camilan pasar berupa gorengan atau es podeng di jam-jam ngantuk. Harganya memang hanya Rp7 ribu-Rp10 ribu per hari. Tapi jika ditotal dalam sebulan (20 hari kerja) bisa mencapai Rp140 ribu-Rp200 ribu hanya untuk jajanan pasar!

Bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki

Manusia tidak pernah puas. Menghabiskan uang untuk membeli baju membuatmu ingin beli baju lebih banyak. Keinginan untuk shopping akan jadi makin besar ketika kamu tidak bisa mengapresiasi apa yang sudah kamu miliki. Pasti kamu sering kan, ingin beli yang baru padahal baru beberapa hari belanja. (Baca juga: Hobi Berikut Ini Bisa Lebih Murah Asal Gunakan Keuntungan Kartu Kredit)

Kalau kamu pernah nonton film Confession of Shopaholic, ada adegan di mana Rebecca Bloomwood merasa tidak punya baju untuk ke pesta, padahal dia punya satu lemari yang isinya gaun pesta! Kalau memang merasa harus beli yang baru, coba bikin aturan. Misalnya dengan menjual satu baju lama di situs jual beli preloved. Uang hasil penjualan baru dibelikan dengan baju baru idaman.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami