Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Meski Kaya, Selebriti Ini Pilih Pernikahan Sederhana

by Ariesta on 14 Juli, 2017

pernikahan sederhana selebriti _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Menggelar pernikahan besar-besaran sudah umum bagi orang Indonesia. Terkadang alasannya bukan ingin bermewah-mewahan, tapi karena memang ingin memelihara adat dan tradisi.

Semakin panjang urutan tata cara pernikahan adat, semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Belum lagi sistem kekerabatan orang Indonesia sangat kental sehingga tidak enak rasanya kalau tidak mengundang sanak saudara.

Di Indonesia, biaya pernikahan Rp150 juta sudah dianggap biasa untuk menyelenggarakan pesta pernikahan standar. Biaya ini hampir sama dengan biaya yang dikeluarkan orang Amerika dalam menyelenggarakan pernikahan lho. Padahal biaya hidup di Amerika jauh lebih tinggi daripada orang Indonesia.

Sebuah penelitian dari Emory University Amerika Serikat menemukan bahwa semakin besar biaya pernikahan, maka akan semakin singkat usia pernikahan tersebut. Penelitian tersebut dilakukan kepada lebih dari tiga ribu orang yang telah dan pernah menikah.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa semakin besar biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan, semakin tinggi kemungkinan cerai yang terjadi. Jika seorang calon pengantin menghabiskan uang hingga di atas Rp250 juta untuk sebuah pernikahan, maka dia memiliki risiko 3,5 kali lipat perceraian dibanding mereka yang menikah dengan biaya Rp70 hingga Rp150 juta.

Meski demikian saat ini mulai populer juga pernikahan sederhana dengan hanya mengundang kerabat dekat. Beberapa selebriti menjadi influencer perayaan pernikahan sederhana terlepas dari kekayaan mereka. Berikut di antaranya.

Rain dan Kim Taehee

Pernikahan Rain dan Kim Taeheen diselenggarakan di Katedral Seoul. Total tamu hanya 100 orang yang terdiri dari keluarga maupun teman dekat. Mereka ingin pernikahan mereka jauh dari sorotan media, salah satunya dengan cara merahasiakan lokasi penikahan pada para tamu undangan sampai H-1 perniakhan.

Alih-alih mengenakan gaun mewah, Kim Taehee memilih gaun brokat berpotongan pendek dengan riasan sederhana. Total biaya yang dikeluarkan Rain dan Kim Taehee hanyalah US$1.100 alias sekitar Rp15 juta. Harga segitu di Indonesia mungkin hanya cukup membayar vendor foto atau sewa gedung. Dalam sebuah rilis, alasan mereka mnyelenggarakan pesta sederhana adalah karena tidak ingin bermewah-mewahan saat ekonomi negara sedang sulit.

Go Hye Sun dan Ahn Jae Hyun

Pernikahan Go Hye Sun dan Ahn Jae Hyun bahkan lebih sederhana lagi. Pasangan yang sama-sama rupawan ini bahkan tidak menyelenggarakan resepsi sama sekali. Uniknya, Goo Hye Sun mendaftarkan pernikahan mereka di Kantor Gangnam Gu tanpa didampingi Jae Hyun yang sedang sibuk syuting.

Keesokan harinya, mereka mengunjungi bangsal anak-anak di berbagai rumah sakit dan memberikan sumbangan uang yang awalnya merupakan biaya pesta pernikahan. Acara kemudian ditutup dengan makan malam bersama keluarga di restoran Korea.

Song Joongki dan Song Hye Kyo

Pasangan yang dijuluki Song Song Couple ini tiba-tiba merilis berita mengejutkan. Pasalnya mereka selalu mengelak diberitakan pacara, tapi kemudian mereka mengaku akan menggelar pernikahan pada Oktober tahun ini.

Meski belum diketahui lokasi dan konsep yang akan digunakan, pasangan yang diduga terlibat cinta lokasi setelah membintangi drama Descendant of The Sun ini sepakat menyelanggarakan secara terututp dan sederhana.

Lee Hyori dan Lee Sang Soon

Meski bergelar diva, penyanyi Lee Hyori memilih menikah secara privat dan sederhana. Bahkan untuk makeup pernikahannya saja masih kalah heboh jika dibandingkan makeup saat manggung.

Hyori memilih tema hippie dan pernikahannya diselenggarakan di halaman rumah di Pulau Jeju. Dalam foto-foto yang dibagikan di blognya, pernikahannya terkesan santai, bahkan dia sempat naik sepeda dengan gaun penganti. Tamu yang diundang pun hanya keluarga dan kerabat dekat saja.

Duta Sheila On 7 dan Adelia Lontoh

Meski berasal dari keluarga yang cukup berada dan sedang berada di puncak kesuksesan, pernikahan Duta vokalis Sheila on 7 dan Adelia sama sekali tak menampilkan kemewahan. Momen sakral mereka pun hanya digelar di rumah, bukan di gedung besar dan mewah. Alasannya karena Duta ingin pernikahan yang sakral dan khidmat.

Lucunya, Duta tampil nyentrik dengan mengenakan kombinasi jas dan sarung. Sedangkan Adelia dibalut kebaya putih pemberian ibunya. Emas kawin uang tunai 210.702 yang diberikan Duta juga punya arti. Ternyata saat tanggal itu lah pertama kalinya Duta menelepon Adelia tanpa alasan yang jelas. So sweet yah! Meski menikah muda yakni saat berusia 23 dan 20 tahun, pernikahan mereka yang kini memasuki 14 tahun tetap awet.

Sarah Sechan dan Neil Furuno

Saat menikah di Los Angeles Amerika, Sarah Sechan mengenakan dress lamanya yang jarang ia pakai. Resepsi diadakan secara tertutup di sebuah villa di Bali dengan hanya mengundang keluarga dan teman dekat.

Dominique Diyose dan Ivan Handoyo

Tanpa menyelanggarakan pesta, model dan aktris Dominique memillih menyelenggarakan pernikahan di sebuah kuil di Bhutan. Pernikahan bintang film Guardian itu digelar secara tertutup dan hanya dihadiri keluarga dan orang terdekat saja.

SIapa lagi kira-kira pasangan selebriti yang menyelanggarakan pernikahan secara sederhana?

Tentang Penulis