Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Meski Sepele, Tapi Bisa Bangkitkan Motivasi Kerja

by Surtan Siahaan on 27 September, 2017

pekerjaan sampingan _ kartu kredit - CekAja.com

Orang yang bekerja dalam rutinitas padat pasti pernah merasa jenuh. Mereka yang mengalami masalah ini butuh motivasi kerja agar kembali semangat.

Rasa jenuh, lelah bahkan malas memang bisa menyerang setiap orang entah jabatannya direktur atau hanya staf, tidak peduli juga apakah muda ataupun tua.

Meski rasa jenuh adalah hal yang manusiawi, sebagai seorang profesional kita harus bisa mengatasinya. Apalagi bila kita menginginkan perkembangan karier maupun penghasilan, performa dalam bekerja harus selalu sempurna.

Nah, untuk menyiasati rasa jenuh, kita butuh motivasi kerja. Berikut ini merupakan kumpulan trik yang bisa memotivasi kita kembali semangat dalam bekerja. Yuk, baca ulasannya di bawah ini.

Kebiasaan sederhana bisa bikin lebih aktif dan bersemangat

Butuh suntikan semangat agar kembali bergairah untuk kerja? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membentuk pola hidup atau kebiasaan positif. Ini bukan omong kosong melainkan sudah terbukti.

Tak kurang dari tokoh penting miliarder dunia seperti halnya Bill Gates dan Warren Buffet mengakui bahwa mereka memiliki kebiasaan yang menjadi resep sukses.

Meski tergolong sederhana, kebiasaan itu bisa membuat kita bersemangat. Mau tahu apa saja kebiasaan sederhana itu? Ini daftarnya:

Bangun pagi 

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, serta dua miliarder dunia, Richard Branson dan Jack Dorsey merupakan tokoh yang punya kebiasaan bangun pagi. Selain positif dari sisi kesehatan, bangun pagi ternyata memberikan efek lain seperti membuat orang cenderung bahagia dan proaktif karena bisa memulai hari lebih awal dibandingkan mereka yang punya kebiasaan bangun siang.

Tidak suka bersantai 

Jika ingin selalu semangat saat bekerja, jangan biarkan diri kita kendor dan terlena dengan bersantai. Alasannya, ketika sudah mulai bersantai, orang akan cenderung malas untuk menghadapi atau melanjutkan pekerjaan.

Orang-orang sukses diketahui punya keseibukan yang luar biasa. Sebagai contoh saja, Elon Musk pendiri Tesla merupakan miliarder yang mengaku bisa bekerja 80 jam hingga 100 jam dalam satu pekan.

Aktif mencari pengetahuan baru

Percaya atau tidak, orang yang dipenuhi oleh gagasan atau ide akan cenderung aktif dan bersemangat. Sebab, mereka punya sesuatu yang menuntut untuk segera diwujudkan. Bila ingin diri kita dipenuhi oleh ide/gagasan, aktiflah dalam mencari pengetahuan baru. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku.

Hampir semua tokoh hebat dunia punya hobi membaca buku. Bill Gates merupakan salah satunya. Salah satu orang terkaya dunia ini punya kewajiban menyelesaikan beberapa buku dalam satu pekan.

Selalu membuat target

Orang yang hidup dengan target akan senantiasa semangat mencapai target yang ditetapkannya. Bila ingin kembali semangat bekerja, cobalah buat target. Mulai dari sesuatu yang kecil seperti meningkatkan penjualan sebanyak 5%, bila kita seorang sales, atau menyelesaikan proyek lebih cepat bila kita seorang manajer proyek. Dengan adanya target kita juga bisa selalu mengingatkan diri untuk selalu 100% dalam bekerja. 

Belajar dari tokoh dunia

Meski hanya sekadar kalimat, kata-kata yang bermakna punya kekuatan yang luar biasa. Kekuatan kata-kata bahkan bisa mempengaruhi orang untuk berubah.

Nah, bila saat ini kita sedang mengalami masalah entah itu kebosanan atau hilangnya motivasi untuk giat bekerja, membaca kata-kata motivasi tokoh dunia bisa membuat kita termotivasi untuk melakukan perubahan dalam hidup. Berikut ini kata-kata pilihan yang dikutip dari tokoh-tokoh dunia yang bisa memotivasi hidup kita.

Steve Jobs: “The only way to do great work is to love what you do”

Steve Jobs_investasi - CekAja.com

Pendiri dan mantan CEO Apple ini dikenal sebagai orang cerdas yang juga pekerja keras. Menurut Steve Jobs, suasana hati dan performa kerja itu sangat berkaitan. Bila hati kita senang, hasil pekerjaan kita biasanya akan baik. Begitu pun sebaliknya. Jika hati tidak senang, apapun yang kita kerjakan pasti dilakukan setengah hati.

Oleh karena itu, Steve Jobs menyarankan kita agar memilih pekerjaan yang benar-benar kita sukai. Sebab, dengan cara ini hati kita akan selalu senang dan hasil pekerjaan pun akan mengikuti suasana hati tersebut.

Mark Twain: “The secret of success is making your vocation your vacation”

Kata-kata yang disampaikan penulis terkenal asal Amerika ini sebenarnya mirip dengan apa yang dikatakan Steve Jobs di atas. Menurut Mark, kunci sukses dalam bekerja adalah menjadikan pekerjaan kita seperti sebuah liburan. Biasanya, orang yang menjalani kalimat ini adalah mereka yang menjadikan pekerjaan sebagai sebuah hobi.

Arnold Schwarzenegger: “The meaning of life is not simply to exist, to survive, but to move ahead, to go up, to conquer”

Binaragawan, aktor dan politisi ini memang dikenal punya karier fantastis. Semuanya pencapaian Arnold diperoleh karena motivasi yang sangat kuat untuk sukses. Menurut mantan Gubernur California ini, hidup bukan Cuma perkara bertahan melainkan kemampuan untuk naik ke level yang lebih tinggi lagi dari apa yang diperoleh saat ini.

Larry Page: “If you’re changing the world, you’re working on important things. You’re excited to get up in the morning”

Bagi Larry Page, hal yang memotivasi dirinya untuk bekerja keras adalah kualitas dari apa yang dikerjakannya. Sebab, ketika kita menyadari bobot dari apa yang kita kerjakan, maka kita akan senantiasa bersemangat ketika akan melanjutkan pekerjaan di pagi hari.

Buya Hamka: “Kalau hidup hanya sekadar hidup babi di hutan juga hidup, kalau kerja hanya sekadar kerja kerbau di sawah juga bekerja”

Ulama asal Indonesia yang dikenal dunia internasional ini juga punya kalimat yang mampu memotivasi seseorang untuk mencapai sesuatu yang lebih dari sekadar pencapaian standar.

Menurutnya, sebagai manusia yang diberikan rahmat berupa akal dan pikiran dari sang pencipta, kita harus mampu menelurkan karya yang membuktikan tingginya akal dan kepandaian manusia.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami