Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Metamorfosa Ponsel dari Tahun ke Tahun, Sekarang Ada yang Foldable

by Sindhi Aderianti on 25 Februari, 2019

Ketika memilih ponsel, hal pertama yang kamu lihat pasti lah bentuk dan desainnya itu sendiri. Selain merek dan fitur, keindahan desain cukup berperan dalam mempengaruhi keputusan pembelian ponsel.

Walau bagaimanapun, ada kebanggaan tersendiri setiap kali membawanya terlebih saat dilihat orang. Berbicara mengenai ponsel, tak pernah ada habisnya.

Inovasi setiap merek pun semakin cerdas. Terutama dari segi desain yang terus mengalami perubahan.

Dari yang awalnya masih berukuran besar, muncul bentuk yang lebih variatif, hingga yang tipis layar sentuh. Masih ingatkah apa ponsel pertamamu?

Di sini, CekAja akan sedikit menapak tilas ponsel-ponsel yang sempat hits karena desainnya secara fisik. Kurang lebih dari tahun 1995 sampai dengan 2019, yuk intip ulasannya di bawah ini!

1. Ponsel berantena

Pada tahun 1995, ponsel memiliki ukuran yang sangat besar dan tebal. Bahkan, di bagian atasnya pun tersemat antena seperti walkie talkie.

Konon, antena tersebut berguna sebagai media penangkap sinyal. Hingga dua tahun setelah itu, desain ponsel tak mengalami perubahan berarto. Bedanya hanya lebih ringan, serta antena yang diperkecil.

 (Baca juga: Smartphone dengan Desain Terbaik 2019)

2. Flip

Layaknya bentuk-bentuk lain yang menuai perhatian, ponsel flip pun menarik minat di awal tahun 2000. Ponsel lipat ini umumnya tampil dalam desain trendi, muncul dengan berbagai warna serta aksesori mulai dari bernuansa feminin sampai maskulin.

Beberapa brand sempat meramaikan pasar ponsel flip seperti Motorola RAZR, LG C2000, Nokia 6085, serta Samsung M320.

3. Communicator

Bukan kaum eksekutif rasanya jika dulu tak memiliki ponsel ini. Di bagian muka, seolah memang tampak seperti ponsel-ponsel pada umumnya.

Namun begitu dilipat, sontak terlihat persis laptop mini dengan keyboard qwerty yang membentang. Mungkin tidak secanggih ponsel Android atau iOS di masa kini.

Akan tetapi dengan sistem operasi Symbian, communicator keluaran Nokia ini sudah menjadi yang tercanggih.

 (Baca juga: Langkah-langkah Memperoleh Hasil Foto Memukau dengan Smartphone)

4. Ponsel ala game controller

Di tahun 2003, gabungan antara ponsel dan game controller pun muncul. Kebetulan di era rilisnya, fenomena mobile game tengah marak.

Memanfaatkan keadaan yang ada, Nokia N-Gage sukses menjadi handphone yang disukai banyak pencinta game pada masanya. Dengan desain unik dan fitur keren yang dibawanya, siapa yang tidak tertarik?

5. Handycam phone

Sepintas dalam mode biasa, desainnya lebih terlihat seperti handphone flip. Tapi saat diputar, layar ponsel yang pernah dikeluarkan Nokia tersebut berubah menjadi view finder sebagaimana camcorder.

Lewat seri N90, Nokia memang terinspirasi dengan manuver handycam yang dulu tengah dielu-elukan. Kehadirannya membuat orang seolah tak memerlukan handycam secara harfiah, cukup dengan membeli ponsel ini saja.

(Baca juga: Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Membuat Smartphone Cepat Rusak)

6. Walkman phone

Tren ponsel kembali menemukan nuansa yang baru. Di tahun 2005 tepatnya, Sony meluncurkan ponsel dengan fitur Walkman, yaitu Sony W800i.

Sony W800i mempunyai tombol pemutar musik dan tambahan memory stick. Tak lama kemudian, muncul pula Nokia Express Music.

Dengan kelebihan yang sama, ponsel tersebut menggabungkan fungsi walkman dan fitur ponsel pada umumnya.

7. Blackberry

Awal 2010, era smartphone dimulai dengan munculnya Blackberry. Semua orang berbondong-bondong menggunakan ponsel usungan Research In Motion Limited (RIM) tersebut.

Mantan presiden AS Barack Obama pun sempat memilikinya. BlackBerry hadir dengan keyboard qwerty yang tampak elegan.

Desain bodinya lebar namun tetap handy dan stylish. Seri yang dikeluarkan cukup banyak, mulai dari Quark, Pearl, Gemini, Curve, Bold, Storm, Torch, sampai terakhir Passport.

8. iPhone

Setelah Blackberry tenggelam di pasaran, smartphone berbasis iOs ini sukses mengantikan posisi smartphone paling diincar. Hingga kini, tak sedikit yang rela mengantri untuk mendapatkan seri terbarunya di setiap tahun.

Desain iPhone selalu konsisten dengan konsep full touch screen dan home button. Hanya dari segi ukuran, semakin ke sini ponsel ciptaan Steve Jobs tersebut kian diperbesar.

9. Edge display

Empat tahun silam, Samsung adalah vendor yang pertama kali mengeluarkan ponsel berdesain cukup unik ini. Galaxy S6 Edge mengusung desain dual curve edge display.

Dari namanya, layar pada smartphone tersebut melengkung hingga ke sisi kiri dan kanan. Seluruh permukaan layarnya juga dilapisi dengan gorilla glass.

Boleh dibilang, Galaxy S6 Edge merupakan perpaduan materi premium yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir saat itu.

 10. Foldable

Ponsel berdesain sophisticated kembali hadir. Tepat 21 Februari 2019 ini, Samsung resmi mengeluarkan Galaxy Fold.

Sepintas, bentuknya mengingatkan kita pada Nokia Communicator. Tetapi bentuknya jauh lebih tipis dan hampir seluruh bagian tertutup oleh layar sentuh.

Layar bagian luar berukuran 4,6 inci sementara bagian dalamnya dibalut 7,3 inci Flex Dynamic Amoled, dengan resolusi 2.152 x 1.538 dan rasio 4:3.

Bagaimana, jadi rindu dengan ponsel jadulmu? Tanpa disadari, selama ini ternyata kita sudah mengikuti tren ponsel yang silih berganti itu ya.

Tuntutan hobi dan gaya hidup, memang sering kali menjadi alasannya. Tapi apapun pilihanmu dalam membeli ponsel, semua berbalik lagi pada kebutuhan masing-masing serta budget yang dimiliki.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.