Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Miliarder Dunia yang Mulai Berbisnis Sejak Anak-anak

by Rafly Aditia on 18 November, 2016

Melihat gaya hidup para miliarder dunia memang terkadang bikin iri. Tapi, tahukah kamu jika itu semua merupakan buah perjuangan hidup.

Beberapa di antara mereka bahkan sudah bekerja sebagai pengusaha sejak masih usia belia? Hal tersebut pun dilakukan di tengah segala keterbatasan baik dalam hal ekonomi dan pendidikan. Berikut tiga pebisnis besar dunia yang merintis bisnis sejak kecil:

1. Ingvar Kamprad

Kamu pernah dengar nama Ingvar Kamprad? Mungkin nama tersebut masih asing bagi kebanyakan orang. Kamprad adalah pemilik peritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA. Setidaknya IKEA memiliki 364 toko yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Usut punya usut, ternyata Kamprad sudah menggeluti bisnis sejak kecil.

Dia mengawali kariernya dengan berjualan korek api kepada para tetangga sewaktu masih berusia belia. Sadar akan persaingan bisnis, Kamprad menjual korek api lebih murah dibandingkan penjual lainnya, padahal waktu itu dia baru berusia 5 tahun. Setelah sukses menjual korek api selama beberapa tahun, Kamprad juga mulai menjual hiasan pohon natal, ikan, alat tulis, bahkan bibit tanaman.

(Baca juga: Meski Sepele Tujuh Hal Ini Bikin Rumah Kamu Lebih Sehat)

2. Bill Gates

Bill Gates merupakan salah seorang pengusaha besar yang namanya mendunia. Dia pun menduduki posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2016. Pendiri dan pemilik Microsoft tersebut ternyata sudah mulai merintis bisnisnya sejak kecil. Dia mulai pada usia 13 tahun. Bill Gates remaja mulai tertarik dan menceburkan diri ke dunia pemrograman.

Menjalani masa kecil dan remajanya di dunia pemrograman membuatnya berkesempatan menjalankan beberapa proyek kecil sebelum akhirnya di usia 20 tahun dia dan temannya Paul Allen mendirikan perusahaan software bernama Microsoft.  Bill Gates bahkan rela berhenti dari Harvard University untuk membangun Microsoft menjadi raksasa di bidang teknologi.

3. Warren Buffet

Pria satu ini terkenal sekali dalam dunia investasi. Warren Edward Buffet lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, pada tahun 1930 silam. Ketika berusia 11 tahun Buffet menjadi seorang loper koran, tetapi di tengah waktu luang dia sering mengelilingi lapangan golf untuk mencari bola yang hilang dan menjualnya kepada para pemain golf di sekitar lapangan tersebut.

(Baca juga: Tips Bisa Keliling Dunia Sebelum Umur 50 Tahun)

Di usia 14 tahun, Buffet berhasil mengumpulkan uang US$ 1.200 dan membeli 40 hektare tanah pertanian yang disewakan kepada petani lokal. Lewat tindakannya inilah dia mulai mendapatkan passive income. Intuisi bisnis serta investasinya pun semakin tajam dari waktu ke waktu.

Ingin mengikuti jejak sukses para miliarder dengan berbisnis? Gunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Ajukan sekarang di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.