Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Miliki 6 Pola Pikir Ini Supaya Bisnis Kamu Sukses

by Miftahul Khoer on 27 Maret, 2020

Dalam mencapai kesuksesan, seseorang butuh perjuangan yang tak mudah. Dan setiap orang sukses memiliki kebiasaan-kebiasaan unik dan pemikiran-pemikiran kreatif. Mereka biasa memulai perubahan dari diri sendiri, salah satunya dengan memiliki pola pikir yang baik. Sebuah sudut pandang yang benar-benar baru.

pola pikir sukses

Pengaruh pola pikir dalam berbisnis utamanya sangat penting. Pasalnya dengan pikiran yang baik kamu akan memiliki kekuatan dari dalam untuk menggerakkan apa yang kamu jalankan.

Hampir semua pengusaha sukses di dunia memiliki cara pikir yang baik dan hal tersebut menjadi kekuatan besar.

Nah berikut ini 7 pola pikir yang wajib kamu miliki jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses.

1. Berpikir dan bertindak besar

Kebanyakan pengusaha dan pebisnis di dunia meraih sukses dan bisa menjalankan bisnis besar karena mereka memiliki pemikiran dan tindakan besar.

Maka, berhentilah berpikir biasa-biasa saja. Buang istilah seperti “Segini juga lumayan lah.”

Yakinkan bahwa kamu bisa melakukan hal besar yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Tanyakan pada diri bagaimana kamu bisa bertindak lebih besar.

Bagaimana kamu bisa melampaui itu? Apa tingkat berikutnya yang ingin kamu capai? Di situlah tujuan kamu.

Buanglah rasa takut, dan gerakanlah pikiranmu ke arah yang lebih besar dari yang biasa sebelumnya.

(Baca juga: Pebisnis Mudah, Yuk Simak Kelebihan Memiliki Asuransi Bisnis)

2. Hidup dengan niat

Tekad atau niat merupakan mesin penggerak di dalam diri. Sebuah pemantik yang membuat kamu memulai untuk melangkah dan mengambil keputusan, melangkah dengan pijakan niat kamu.

Kamu harus bertindak dengan rencana serta terus berupaya mewujudkan impian-impian besar yang dengan bertahap.

Kamu harus percaya bahwa kamu memiliki niat yang kuat untuk menciptakan kehidupan terbaik kamu.

Coba deh apapun yang kamu lakuin, tanya diri sendiri dulu: Apakah ini membantu saya membangun kehidupan yang ingin saya jalani atas niat kuat itu?

3. Gali dan miliki kekuatan sendiri

Untuk mencapai kesuksesan, seringkali seseorang luput pada potensi diri yang menjadikan kekuatan sendiri.

Padahal kamu mampu, potensial dan berpengaruh. Tapi hal tersebut malah sering diabaikan atau justru terkubur dan kamu menjadi lemah karena tak abai terhadap kekuatan kamu.

Biasanya seseorang sering memikirkan kesalahan dan kekurangan dan hal tersebut membuatnya merasa kecil.

Luangkan waktu untuk berhubungan kembali dengan diri kamu dan mengakui keyakinan kamu.

Tanyakan bagaimana jika kamu membuangnya? Miliki kekuatan kamu dengan memahami pertanyaan seperti, apa yang membuat kamu senang? apa yang membuat kamu bersemangat?

4. Fokus pada kualitas daripada kuantitas

Kualitas lebih mengarah pada hasil yang lebih baik. Misalnya, jika kamu selektif tentang siapa yang kamu pekerjakan, kamu akan mendapatkan pekerja berkualitas yang lebih cocok dengan bisnis dan tim kamu.

Dengan berfokus pada kualitas. Kamu akan juga lebih bisa membuang hal-hal tak penting dan bisa meminimalisir risiko. Ini merupakan salah satu pola pikir yang harus kamu miliki supaya sukses

Ketika kamu memprioritaskan kualitas, kamu secara mental akan lebih bijaksana serta fokus kepada bidang yang kamu miliki keahliannya; menempatkan diri kamu pada pada trek yang lebih pasti.

5. Berhenti mementingkan diri sendiri

Untuk urusan bisnis, coba deh jangan egois dalam  menerapkan pola pikir. Jangan terlalu mementingkan diri sendiri.

Mulailah memberi perhatian terhadap orang lain. Sebab, bisnis dan usaha itu tidak terlepas dari campur tangan orang lain yang saling membutuhkan.

Paling tidak bisa diaplikasikan kepada partner bisnis, klien hingga konsumen. Berikan perhatian kepada mereka.

Apa yang dibutuhkan mereka. Apa yang mereka butuhkan dari kita. Saran, masukan hingga hal-hal yang bakal meningkatkan urusan bisnis kamu yang berdampak pada peningkatan pelayanan dari bisnis kamu.

(Baca juga: Bisakah Memulai Bisnis Pakai Kartu Kredit? Cekaja!)

6. Sering bertanya pada diri sendiri “mengapa”

Luangkan waktu sejenak dan tanyakan pada diri sendiri: “Mengapa saya melakukan apa yang saya lakukan?”.

Mengapa kamu fokus pada hal-hal yang kamu lakukan? Pada akhirnya, apakah kami puas dengan apa yang kamu lakukan? Apakah fokus kamu menuju kesuksesan yang kamu rasa nyaman? Jika tidak, “mengapa”.

Ketika kamu merasa salah dan gagal, tidak yakin tentang langkah selanjutnya untuk berbisnis kamu selalu dapat kembali ke sebuah pertanyan “mengapa.” Ini akan bertindak sebagai kompas agar kamu tetap bisa melangkah lagi.

Itulah 6 pola pikir yang perlu untuk kamu kulik dan terapkan di dalam keseharian kamu jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses. Selamat mencoba!

Selain pola pikir, modal lain yang diperlukan adalah dana tunai. Kamu bisa manfaatkan fasilitas kredit digital dari Julo untuk memenuhuhinya. Suku bunganya  juga kompetitif dan cepat pencairannya. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.