Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Miliki Kekayaan Hingga Rp 3 Triliun, Ini Pelajaran Finansial dari Beyoncé Knowles

by Ariesta on 4 April, 2016

Beyonce_kartu kredit - CekAja.com

Tidak semua selebriti Hollywood tahu bagaimana cara mengelola kekayaannya. Karenanya tak mengherankan jika sebagian di antara mereka jatuh bangkrut. Beyoncé Knowles tidak termasuk ke dalam golongan tersebut. Dengan kekayaan mencapai US$250 juta (Rp3,2 triliun), dia jelas-jelas tahu bagaimana membuat dirinya semakin kaya.

Beyonce tidak hanya pandai membangun kerajaan bisnis. Dia juga bercita-cita agar setiap wanita bisa mandiri secara finansial. Lewat lirik-lirik lagunya, sang diva menyelipkan pelajaran finansial agar para penggemarnya bisa sekaya dirinya.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Pria tidak harus selalu menjadi tulang punggung

Suami Beyoncé, rapper Jay-Z, juga sukses karena usahanya sendiri. Namun menurut gosip yang beredar, Beyoncé jarang meminta-minta penghasilan Jay-Z untuk membiayai kebutuhannya. Banyak lirik lagu Beyoncé mengangkat dukungan agar wanita bertanggung jawab atas kebutuhannya sendiri. Seperti lirik dalam ‘Flawless’: Kamu bisa memiliki ambisi, tapi jangan terlalu banyak. Kamu bisa menjadi sukses, tapi jangan terlalu sukses. Karena jika ya, kamu bisa menjadi ancaman bagi pria. Aku meluangkan waktuku untuk menikmati hidupku, tapi aku berpikir aku bukan sekedar istri kecilnya. 

(Baca juga: Kebiasaan Boros yang Membuat Kanye West Terlilit Utang)

Berinvestasi secara bijak

Tidak seperti beberapa selebriti lain yang terkenal boros, Beyonce benar-benar memikirkan masa depan finansialnya. Bahkan dia sudah mengatur segala sesuatunya jika suatu saat nanti dia berhenti berkarier di dunia musik. “Saya memiliki banyak investasi properti. Saya sudah menginvestasikan uang saya dan kini masa depan finansial saya aman,” katanya pada Mirror UK saat diwawancarai tahun 2009 lalu. “Sekarang saya benar-benar meraih kebebasan finansial dan tinggal melakukan hal-hal yang membuat saya bahagia.”

Hati-hati dengan pacar tukang ngutang!

Dulu sewaktu dia masih menjadi anggota Destiny’s Child, ada lirik lagu yang membahas tentang pacar yang seenaknya meminjam uang dan barang-barang. Ingat lagu ‘Bills, Bills, Bills?’: Dan sekarang kau meminta untuk memakai mobilku. Mengendarainya sepanjang hari tapi kamu tidak mengisi bensinnya. Dan bahkan kau memiliki keberanian untuk datang padaku dan meminjam uang sampai kau gajian minggu depan. 

(Baca juga: Kalimat yang Tidak Akan Pernah Diucapkan Seseorang yang Paham Soal Uang)

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunankue termahal_kartu kredit - CekAja.com

Paham kelebihan diri sendiri

Beyoncé paham seberapa populer dia. Beberapa tahun yang lalu, dia merilis album di iTunes tanpa pemberitahuan. Secara fantastis album tersebut meledak dan menciptkan rekor baru dengan penjualan lebih dari 828.000 kopi hanya dalam tiga hari. Kalau kamu jago menulis, kamu bisa memanfaatkan bakat ini dengan membuat blog atau mengirim naskah ke majalah/koran untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Punya banyak keterampilan

Beyoncé merupakan penyanyi dan penulis lagi yang sangat berdedikasi pada profesinya ini. Tak hanya itu, dia juga pandai menari dan telah berakting di berbagai film dan sinema televisi. Dia juga punya bisnis untuk dewasa dan anak-anak, dan meraih jutaan dollar lewat endorse produk. Kamu tak perlu menjadi diva untuk jadi seperti Beyonce, tapi gunakanlah caramu sendiri. Misalnya dengan berbisnis online sambil tetap berkarier di kantor.

Kemandirian finansial adalah bentuk kepuasan

Dalam lagunya, “Independent Women, Part 1,” Beyoncé menyinggung soal membangun kekayaan merupakan kepuasaan pribadi: Kalau kamu ingin sombong, pastikan uang yang kamu pamerkan adalah uangmu sendiri.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami