Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Millennials Harus Tahu, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Kesehatan

by Gito on 2 Oktober, 2018

Generasi millennial kini memberi pengaruh cukup besar di berbagai bidang. Menduduki hampir setengah dari populasi di Indonesia, millennial menjadi generasi yang dianggap kreatif dan penuh inovasi.

menolak asuransi _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Mereka juga handal dalam membagi waktu sebaik mungkin untuk bekerja, bersosialisasi, hingga berlibur. Meskipun begitu, kalangan millenial justru masih dianggap kurang pandai mengelola keuangan dan agak lalai terhadap kesehatan.

Ya, generasi ini memang cenderung lebih gila kerja dan ambisius. Entah itu dalam berkarir ataupun meraih gelar pendidikan setinggi-tingginya.

Sehingga urusan kesehatan pun tanpa disadari mereka kesampingkan, termasuk memiliki asuransi. Anggapan “belum butuh” atau premi tiap bulannya yang terlalu mengikat sering kali membuat millennial berpikir dua kali untuk mulai berasuransi.

Di Amerika saja, hanya 24% dari generasi tersebut yang tercatat mempunyai asuransi kesehatan.
Lalu bagaimana cara agar generasi millennial mulai sadar akan pentingnya asuransi kesehatan bagi hidup mereka?

Menurut beberapa sumber,banyak keuntungan memiliki asuransi di usia muda. Bagi Anda yang juga tergolong millennial, ikuti ulasannya berikut ini.

(Baca juga: Mengenal Sindrom Steven Johnson yang Membuat Al Ghazali Pingsan)

1. Premi Terjangkau

Hampir semua asuransi akan memberi premi yang terjangkau jika Anda mengajukannya pada usia muda. Hal ini disebabkan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dinilai lebih rendah ketimbang nasabah dengan usia 40 tahun ke atas. Oleh karena itu, persoalan mengenai premi yang tinggi tidak akan Anda hadapi.

2. Masa Klaim Cepat

Kemudahan klaim selalu menjadi pertimbangan yang utama. Semakin cepat, tentu semakin orang tertarik memilikinya, bukan? Sebab guna asuransi pada dasarnya memudahkan segala kesulitan Anda. Beberapa asuransi mungkin punya kebijakan pencairan dana berkisar 1 sampai 3 bulan setelah asuransi dibuka.

Akan tetapi dengan memilikinya sedini mungkin, Anda tidak perlu khawatir menunggu masa klaim dari pihak asuransi. Dibanding memilikinya ketika sudah menghadapi masalah darurat, lebih baik membuka asuransi sedini mungkin.

(Baca juga: Beda Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri, Cek di Sini!)

3. Bisa Dijadikan Investasi

Pernah terpikir untuk mulai berinvestasi? Nah dengan memiliki asuransi, sebenarnya Anda juga bisa mengambil manfaat investasinya. Jadi selain memperoleh perlindungan kesehat dengan membayar premi secara berkala setiap bulan, nantinya uang Anda tersebut juga bisa menjadi tabungan di kemudian hari.

4. Plafon Lebih Luas

Semua perusahaan tentunya memberi asuransi bagi karyawan. Namun jika Anda masih tergolong baru di kantor tersebut, mungkin harus menunggu hingga diangkat menjadi karyawan tetap dulu baru bisa menggunakan fasilitas asuransi.

Terkadang, plafon yang diberikan pun terbatas, sehingga tidak semua yang dijamin sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar Anda bisa mendapatkan pelayanan dan perlindungan yang maksimal, selain asuransi dari kantor, tidak ada salahnya jika Anda memiliki satu lagi asuransi kesehatan yang membolehkan double klaim. Jadi, otomatis plafon lebih luas dan keduanya dapat saling melengkapi.

5. Sarana Pengatur Keuangan

Millennial susah mengatur keuangan? Asuransi secara tidak langsung dapat membantu Anda memusnahkan anggapan ini. Dengan menyisihkan gaji untuk membayar premi di setiap bulan, tidak ada lagi cerita uang yang terbuang sia-sia.

Anda bisa lebih fokus mengatur keuangan untuk tabungan atau investasi, tanpa diganggu pikiran mengenai hal-hal tidak terduga seperti perawatan medis darurat.

(Baca juga: Selain Perawat, Ini Profesi yang Tidak Boleh Dibunuh Saat Perang)

Beli Asuransi Kesehatan Lebih Praktis di CekAja.com

Beberapa perusahaan asuransi juga sudah mulai menyesuaikan produknya dengan kebutuhan para millennial. Sebut saja Prudential yang baru saja meluncurkan PruPrime Healthcare. Selain itu, Anda juga bisa memilah-milih merk asuransi lain yang kiranya paling pas melalui CekAja.com.

Banyak pilihan yang bisa Anda telusuri satu persatu di sana. Hasil perbandingan yang akan ditampilkan juga akan menjelaskan secara detil keunggulan fitur-fitur yang di miliki oleh setiap produk yang ditawarkan.

Tidak ada syarat umum bagi setiap orang untuk dapat mengikuti asuransi kesehatan. Anda hanya akan diminta untuk melampirkan dokumen-dokumen seperti:

– Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi
– Fotocopy/Scan KTP
– Akta kelahiran
– Kartu keluarga

Tidak perlu keluar rumah, semua proses cukup lewat laptop atau komputer saja. Praktis! Jadi mulai sekarang, tak ada alasan untuk menunda punya asuransi kesehatan. Bandingkan, pilih, dan beli asuransi kesehatan terbaik menurut Anda hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami