Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Mind Tricks Ala Star Wars yang Bisa Bikin Freelancer Sukses

by Rafly Aditia on 19 Desember, 2015

Bekerja dengan status freelancer memang penuh dengan hal-hal yang tidak pasti. Namun, apabila kamu menjalankannya dengan baik dan dibarengi integritas yang tinggi kamu bisa memiliki pendapatan yang lebih banyak dibandingkan mereka yang memutuskan untuk menjadi pegawai kantoran.

Nah, masalahnya sering sekali ketika kamu bekerja freelance kamu mengandalkan mood yang naik turun. Ketika mood kamu sedang bagus kamu mau bekerja dengan cepat dan teliti sehingga hasilnya sangat baik sementara apabila mood kamu sedang tidak bagus kamu memilih menunda atau bahkan tidak mengerjakan pekerjaan yang harusnya kamu lakukan.

Untuk itu, sepertinya kamu membutuhkan nilai-nilai yang bisa menjadi pelecut semangat kamu untuk sukses walau bekerja freelance. Bahkan, dalam film yang rilis hari ini, Star Wars, kamu bisa mendapatkan nilai-nilai yang berguna untuk karir kamu sebagai pekerja freelance. Apa saja sih nilai-nilai tersebut?

 

Bersabar dan tunggu sampai kamu siap

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer yang biasanya bekerja berdasarkan projek-projek permintaan klien memang menyenangkan. Bahkan seringkali ada beberapa pekerjaan yang diminta oleh klien namun membutuhkan beberapa keahlian di luar bidang kamu.

Hal tersebut memang bagus dan bisa membawa kemajuan bagi kamu. Tetapi ingat, kamu juga memiliki beberapa kekurangan sehingga ada baiknya untuk projek-projek tersebut kamu menunggu waktu yang tepat sampai kamu benar-benar siap mengerjakannya hingga hasil pekerjaan kamu memuaskan.

(Baca juga: Ternyata, Nonton Star Wars Bisa Bikin Karir Kamu Melejit)

Jangan sampai hanya karena iming-iming bayaran yang tinggi kamu melakukan pekerjaaan yang sebenarnya saat ini di luar kemampuan kamu, karena nanti hasilnya akan tidak maksimal sehingga klien langganan kamu pun bisa saja pergi dan tidak lagi menggunakan jasa kamu.

 

 

Ya, atau tidak sama sekali

Master Yoda memiliki beberapa kalimat yang benar-benar bisa membawa perubahan dalam kehidupan termasuk karir kamu sebagai pekerja lepas. Salah satunya adalah “Try not! Do, or do not. There is no try.” yang lekat dengan image makhluk berwarna hijau tersebut.

Kamu bisa menerapkan kalimat tersebut sebagai seorang freelancer, ketika kamu mengerjakan sesuatu jangan tanggung-tanggung kamu harus memberikan yang terbaik. Daripada kamu mengerjakan suatu pekerjaan dengan setengah-setengah lebih baik kamu tidak mengerjakannya sama sekali.

 

Terlalu percaya diri bisa jadi boomerang

Menurut Jedi Master, terlalu percaya diri bisa berdampak buruk bagi kamu. Kengapa? Karena ketika kamu melakukan pekerjaan atau projek dan kamu harus menerima keputusan yang sulit untuk diterima sebenarnya kamu tidak boleh menunjukkan ketidaksukaan kamu tersebut.

“Overconfident thinking is flawed because the Jedi does not take all possibilities into account…” – Vodo-Siosk Baas, Jedi Master

Karena bisa jadi nantinya terbukti bahwa keputusan yang diambil adalah keputusan yang paling tepat. Jadi, jangan terlalu percaya diri dengan segala pendapat dan keputusan kamu.

(Baca juga: 5 Film yang Bisa Sadarkan Kamu Tentang Asuransi)

 

Miliki tujuan yang memang mungkin kamu raih

Bagi kamu yang ingin memiliki tujuan-tujuan tertentu untuk digapai, pastikan tujuan tersebut memang mungkin untuk kamu raih.

“Ready are you?” – Master Yoda.

Misalnya dalam hal keuangan, kamu menginginkan pemasukan sebesar 10 juta rupiah dalam satu bulan, kamu tidak boleh menginginkannya dengan hanya dengan sebuah pekerjaan yang berpenghasilan maksimal 5 juta rupiah. Jadi, kamu harus juga mencari projek atau pekerjaan lain apabila kamu menginginkan tujuan tersebut.

 

 

Punya rencana beli mobil di tahun 2016? Ajukan kreditnya di sini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.