Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui

by Kyla Damasha on 26 November, 2019

Apakah saat ini kamu tengah mengalami hari-hari yang melelahkan sehingga membuatmu menjadi sedikit stress? Jangan didiamkan saja. Perlu diketahui bahwa stress berkepanjangan sangatlah tidak baik, terutama untuk kondisi mental dan psikologi.

Maka dari itu, apabila kamu sudah mulai merasakan beberapa gejala stress, segeralah mencari solusi atau meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana sih cara mengatasi stress? Sebenarnya caranya cukup mudah kok. Banyak orang yang berpendapat bahwa stress dapat diatasi dengan beristirahat atau berlibur. Padahal ternyata tidak hanya itu saja lho.

Stress juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa jenis minuman pereda stress alami. Memang ada yang namanya minuman pereda stress?

Nah, inilah yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini, yaitu mengenai beberapa jenis minuman pereda stress yang bisa kamu konsumsi dalam mengatasi stress. Tetapi sebelum kita membahasnya, yuk ketahui dulu kira-kira hal-hal apa saja sih yang sering kali menyebabkan stress?

Penyebab Stress

Tanpa disadari, stress ternyata dipicu dari berbagai faktor yang sering kita alami di dalam aktivitas sehari-hari lho. Meskipun begitu, mengidentifikasi terjadinya stress juga bukan pekara yang mudah. Bahkan banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka ternyata sedang mengalami stress.

Padahal stress jika dibiarkan terlalu lama justru akan memberikan dampak tidak baik bagi tubuh, salah satunya sebagai salah satu pemicu terjadinya depresi.

Umumnya, penyebab stress terbagi menjadi tiga kategori, yaitu stress yang diakibatkan oleh faktor biologi, stress yang diakibatkan oleh faktor psikologi, dan stress yang diakibatkan oleh faktor lingkungan.

a. Faktor Biologis

Faktor biologis biasanya berhubungan dengan genetik yang berkaitan pula dengan kondisi fisik, seperti riwayat hidup, pola makan, pola tidur, kelelahan, ataupun yang berhubungan dengan penyakit yang sedang diderita.

Beberapa hal yang dapat menimbulkan stress dari biologis antara lain seperti obat-obatan, virus, bakteri, maupun parasit yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa ternyata kandungan makanan yang kita konsumsi pun juga berpengaruh terhadap timbulnya stress.

b. Faktor Psikologi

Sedangkan untuk faktor psikologi, stress dapat terjadi karena hal-hal yang berhubungan dengan perasaan dan emosi, seperti pengalaman hidup, keputusasaan, hingga situasi-situasi tertentu.

Nah, beberapa hal yang dapat menimbulkan stress dari faktor psikologi antara lain, tekanan dari lingkungan sosial, permasalahan ekonomi, pandangan hidup yang terlalu tinggi, beban kerja, atau aktivitas-aktivitas yang dirasa terlalu berat.

c. Faktor Lingkungan

Lingkungan memang merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai wadah pembelajaran bagi setiap orang. Banyak orang yang justru menjadi pribadi yang lebih baik karena pengalaman yang mereka dapatkan dari lingkungan. Hanya saja, ternyata faktor lingkungan juga memiliki dampak negatifnya lho.

Proses menjadi pribadi yang lebih baik tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Ada kalanya proses tersebut justru dianggap terlalu berat bagi sebagian orang, yang mana juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya stress.

Untuk faktor lingkungan, yang biasanya menjadi salah satu faktor terjadinya stress yaitu tuntutan dari orang-orang di sekitar, baik itu dari teman, keluarga, rekan kerja, bahkan hingga orang-orang yang tidak terlalu kita kenal.

Perlu diketahui bahwa setiap individu memiliki tingkatan stressnya masing-masing, yang mana di suatu tingkatan tertentu ada orang yang berhasil bertahan ada pula yang tidak kuat dalam menghadapinya, dan inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya depresi.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengetahui mengenai hal-hal apa saja yang sering kali menjadi penyebab terjadinya stress.

(Baca Juga: Bisnis Coworking Space, Persiapkan 5 Hal Ini)
Jenis Minuman Pereda Stress

Di beberapa kasus, stress biasa diatasi dengan menjalankan beberapa terapi yang dilakukan oleh ahli. Namun, ternyata stress juga dapat diredakan dengan cukup mudah lho, seperti dengan meminum jenis minuman pereda stress. Lalu, kira-kira apa saja sih jenis minuman pereda stress alami yang dikenal ampuh untuk meredakan stress?

1. Susu Hangat

Susu hangat - Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui

Minuman pereda stress pertama yang sudah mulai banyak diketahui oleh orang adalah susu putih hangat. Susu hangat sering kali dijadikan sebagai solusi bagi siapapun yang mengalami insomnia karena terlalu banyak pikiran.

Susu memiliki kandungan triptofan asam amino yang dikenal bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa mencampurkan susu dengan sesendok madu yang bermanfaat untuk anti oksidan.

Selain itu, ternyata susu juga memiliki berbagai manfaat lainnya lho, diantaranya yaitu:

  • Menurunkan Berat Badan
  • Memperkuat dan Membuat Tulang Menjadi Lebih Sehat
  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak
  • Mengurangi Kolesterol
  • Meningkatkan Imunitas
2. Cokelat Hangat

Coklat hangat - Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui

Minuman pereda stress yang kedua yaitu cokelat hangat. Minuman cokelat ternyata tidak hanya memiliki rasa yang nikmat dan lezat, apalagi jika dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur, melainkan juga memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif dan mood.

Tidak hanya itu saja, para peneliti juga menemukan bahwa meminum cokelat jangat secara rutin setiap hari akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami stress berat.

Selain sebagai salah satu minuman pereda stress yang ampuh, cokelat jangat juga memiliki beberapa manfaat lainnya, antara lain yaitu:

  • Antioksidan
  • Meningkatkan Mood
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
  • Menurunkan Berat Badan
(Baca Juga: Kata Kata Motivasi Sukses Tokcer untuk Bangkitkan Semangatmu)
3. Teh Herbal

Teh herbal - Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui

Teh herbal juga dikenal sebagai salah satu minuman pereda stress yang cukup ampuh. Seduh teh dengan air hangat dan minumlah dengan tenang, maka tubuh akan menjadi lebih rileks.

Selain itu, teh herbal itu sendiri juga dikenal sebagai salah satu minuman kesehatan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Jika kamu rutin meminum teh herbal setiap hari, maka kamu juga akan merasakan sejumlah manfaat yang dihasilkannya, antara lain:

  • Menurunkan Berat Badan
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Membantu Pencernaan
  • Detoksifikasi
4. Jus Buah

Jus buah - Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui

Satu lagi minuman pereda stress yang dikenal ampuh, yaitu jus buah. Jus buah sering kali dijadikan sebagai menu diet karena kaya akan vitamin yang dikenal mampu menurunkan berat badan. Padahal selain itu, ternyata jus buah juga memiliki manfaat lainnya, yaitu sebagai minuman perada stress.

Buah-buahan yang kayak akan vitamin C seperti jeruk dan stroberi dikenal mampu mengurangi kadar hormon stress tubuh seperti kortisol, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks, tenang.

Memberikan rasa segar karena rasa asam dan manis yang ditimbulkannya. Tidak hanya itu saja, jus buah ternyata juga memiliki manfaat lainnya lho, yaitu:

  • Menurunkan Berat Badan
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak
  • Mengatasi Kelelahan dan Kekuatan Otak

Ternyata tanpa harus bersusah payah, mengurangi stress dapat diatasi dengan begitu mudahnya melalui minuman pereda stress yang baru saja kita sebutkan.

Perlu diingat bahwa stress jangan pernah dianggap remeh, karena tanpa kita sadari rasa stress itu sendiri secara tidak langsung bisa memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan mental.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda