Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mobil Keluarga yang Banyak Dipilih Buat Mudik Lebaran

by Arfan Wiraguna on 7 Juli, 2015

Membawa mobil pribadi selalu menjadi pilihan untuk transportasi mudik Lebaran. Mobil yang tangguh untuk perjalanan jauh, muat penumpang yang cukup banyak, serta irit bahan bakar, adalah beberapa alasan yang digunakan ketika memilih jenis mobil yang cocok. Berikut adalah beberapa mobil yang banyak dipilih untuk dipakai mudik.

Tradisi mudik Lebaran identik dengan perjalanan panjang menuju kampung halaman. Untuk itu, perencanaan perjalanan menjadi bekal utama bagi setiap calon pemudik untuk menghadapi perjalanan panjang ini. Dengan manajemen perjalanan yang baik, kita bisa mudik dengan tenang dan nyaman.

Bagi para pemudik yang memilih untuk membawa mobil pribadi, salah satu bagian dari manajemen perjalanan ini adalah pemilihan jenis dan merek yang cocok untuk dipakai mudik. Syarat utamanya, mobil tersebut memang didesain untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Syarat lainnya, mobil tersebut sudah terbukti tangguh untuk menghadapi ‘petualangan’ di jalur mudik.

(Baca juga: Cek 5 Hal Ini, Sebelum Mobil Dipakai Mudik)

Untuk memudahkan pemilihan jenis dan merek yang tepat tersebut, kita bisa mempelajarinya dari cerita para pemudik selama ini didalam berkendara saat mudik. Berdasarkan cerita-cerita tersebut, di bawah ini kami tampilkan beberapa pilihan mobil yang selama ini selalu dipilih oleh para pemudik:

Kijang Innova

Sudah terkenal dari sejak dulu sebagai salah satu mobil keluarga bagi masyarakat Indonesia, Kijang Innova menawarkan kenyamanan, keluasan interior dan desain yang elegan. Mobil yang muat untuk diisi hingga tujuh orang ini, menggunakan mesin empat silinder segaris, 16 katup, yang dilengkapi dengan teknologi DOHC VVT-i yang terbukti sanggup untuk menghadapi perjalanan jarak jauh. Mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup menarik, mulai dari Rp 230 jutaan untuk tipe J, hingga Rp 330 jutaan untuk tipe V.

Avanza dan Xenia

img-24Diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah, Avanza dan Xenia merupakan salah satu mobil keluarga favorit di Indonesia. Selain itu, mobil yang dapat diisi oleh tujuh orang ini dibekali dengan mesin empat silinder segaris dengan teknologi DOHC VVT-i yang tergolong irit bahan bakar. Avanza dijual dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan (Tipe G) hingga Rp 218 jutaan (Tipe Veloz), sedangkan Xenia dijual dengan harga mulai dari Rp 150 jutaan (Tipe D) hingga Rp 205 jutaan (Tipe R).

(Baca juga: Infografis: 3 dari 4 Produk Ini Bisa untuk Investasi)

Rush dan Terios

img-3varian1

Lahir kembali di tahun 2015 dengan desain yang lebih sporty, mewah, maskulin, dan modern dibandingkan versi sebelumnya, tampilan Rush dan Terios menjadi semakin manis, baik dari segi interior maupun segi eksterior. Pada versi tahun 2015 ini, grille diberi garis-garis warna hitam dan dipadu dengan lampu depan yang memiliki desain baru, bumper terlihat semakin sporty dengan ornamen warna hitam, yang berkesan lebar dan kokoh.

Untuk dapur pacunya sendiri, masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu berisikan mesin 1.500 cc DOHC teknologi VVT-i yang mampu menembus jalanan berair, licin dan berbatu. Dengan kata lain, mobil yang memiliki bodi cukup panjang dan mampu mengakomodasi tujuh penumpang ini sangat cocok untuk digunakan oleh para pemudik.

(Baca juga: 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki Sebelum Mudik Lebaran)

Harganya sendiri cukup bervariasi. Rush dijual dengan harga mulai dari Rp 228 jutaan (Tipe G) sampai Rp 252 jutaan (Tipe TRD Sportivo), sedangkan Terios dibanderol dengan harga mulai dari Rp 186 juta (Tipe TS) hingga Rp 243 juta (Tipe R).

Panther

Panther

Selain dikenal sebagai rajanya mobil diesel, Isuzu Panther juga mengunggulkan mesinnya yang kuat, handal, bandel, dan ekonomis. Kelebihan lain yang dimiliki oleh mobil keluarga dengan torsi besar yang sanggup untuk diisi tujuh penumpang ini adalah ketangguhannya didalam menerjang banjir dan sistem pendingin yang mampu menghasilkan udara yang sangat sejuk. Oleh karena itu, mobil ini sangat cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh di negara tropis seperti Indonesia.

Dibekali dengan mesin 4JA1L dan turbocharger dengan sistem injeksi bahan bakar (Diesel Direct Injection), mobil ini memiliki performa yang sangat bagus namun tetap efisien didalam mengonsumsi solar. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 237 jutaan (Tipe Smart) hingga Rp 293 jutaan (Tipe Grand Touring).

(Baca juga: Harga BBM Naik, Pakai Kartu Kredit yang Miliki Cashback Pembelian Bahan Bakar)

Grand Livina

outside1

Dengan menawarkan desain yang stylish namun tetap memiliki performa yang bagus serta irit bahan bakar, mobil MPV kompak dengan kapasitas maksimal tujuh penumpang ini dibekali dengan mesin empat sillinder dengan dua pilihan varian, yaitu 1,5 liter dengan kode HR15DE dan 1,8 liter dengan kode MR18DE. Walhasil, mobil ini sangat nyaman untuk digunakan pada kecepatan rendah dan sedang–sebuah kebutuhan para pemudik untuk menghadapi kemacetan yang kerap terjadi di jalur mudik. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 189 jutaan (Tipe SV) hingga Rp 233 jutaan (Tipe XGEAR).

Ertiga

ertiga-cool-black-metallic

Mobil lain yang cocok untuk mudik Lebaran adalah Suzuki Ertiga. Sebagai mobil 7-penumpang, Ertiga menjadi andalan pabrikan asal Jepang tersebut didalam berkompetisi pada kelas mini MPV. Dibekali dengan mesin 1400cc dan teknologi Drive-By-Wire, sistem penggerak roda depan Ertiga menghasilkan kinerja mesin yang responsif dan irit BBM serta ramah lingkungan.

Selain itu, dengan dilengkapi Side Impact Beam atau baja penahan benturan, mobil ini dapat memberikan pelindungan pada pengemudi dan penumpang dari tabrakan samping. Sistem keamanan bodi ini mengelilingi penumpang di depan, bawah (main floor) dan di samping, serta kolom stir yang akan patah bila terjadi tabrakan, sehingga tidak mengakibatkan cedera di dada.

(Baca juga: Risiko yang Dijamin dalam Asuransi Kecelakaan Diri)

Harga yang ditawarkan pun terbilang bervariasi. Ertiga dibanderol dengan harga mulai dari Rp 155 jutaan (Tipe STD) sampai Rp 220 jutaan (Tipe GX).

Setelah memilih mobil yang tepat untuk mudik, sebaiknya pastikan juga kondisi mobil dalam keadaan prima untuk menempuh perjalanan jauh. Selain mengandalkan servis berkala, perhatikan pula beberapa hal yang biasanya sering terlewat, seperti pengecekan penyejuk kabin (AC) dan aki. Kemudian, berikan pula perlindungan terhadap diri dan kendaraan Anda supaya mudik bisa dilakukan dengan tenang, aman dan nyaman.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.