Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mobil Kena Banjir Tapi Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak, Ini Penyebabnya

by Rafly Aditia on 26 November, 2015

Risiko banjir memang dilindungi oleh asuransi kendaraan. Namun, tidak setiap klaim atas risiko tersebut bisa disetujui. Ada beberapa penyebab mengapa klaim asuransi kendaraan bisa ditolak bila kendaraan terkena risiko banjir.

Datangnya musim hujan, mendorong risiko terjebak dan terendam banjir mengancam kendaraan yang kita miliki. Pasalnya beberapa wilayah, khususnya Jakarta, sudah tercatat menjadi langganan bencana ini.

Kemungkinan mesin kendaraanmu menjadi bermasalah karena banjir memang sangat besar, untuk itu kamu memerlukan asuransi kendaraan. Namun, tahukah kamu bahwa klaim asuransi kendaraan misalnya mobil karena banjir seringkali ditolak?.

Maka dari itu, ketahuilah hal-hal yang menyebabkan klaim asuransi kendaraan kamu ditolak karena terjangan banjir. Berikut adalah 3 penyebabnya; (Baca juga: Penyebab dan Ciri Serangan Jantung Serta Cara Mendeteksinya)

Sengaja menerjang banjir

Memang bukan rahasia lagi apabila banjir sering membuat kita jengkel karena kita juga harus berpacu dengan waktu untuk sebuah kegiatan. Sehingga, tidak jarang kita menerjang banjir tanpa pikir panjang dan membuat mesin kendaraan rusak. Tentu kita berpikir bahwa masih ada jasa asuransi yang mau menanggung kerugian tersebut.

Ternyata, penyedia layanan jasa asuransi tidak akan menanggung kerugian apabila kamu sengaja menerjang wilayah banjir. Ya, pihak asuransi memiliki pasal yang tidak menanggung kerugian, kerusakan, dan atau biaya atas kendaraan bermotor apabila tindakan sengaja tertanggung dan atau pengemudi.

Untuk itu, jangan pernah nekat menerobos banjir apabila kamu tidak ingin menguras isi dompetmu untuk perbaikan mesin kendaraan.

Menyalakan paksa kendaraan saat terendam banjir

Jangan pernah menyalakan secara paksa kendaraan yang sedang dalam kondisi terendam banjir. Karena hal ini akan membuat mesin kendaraanmu rusak berat karena air yang masuk ke ruang pembakaran atau yang biasa disebut water hammer.

Lagi-lagi, pihak asuransi tidak akan menerima klaim apabila kamu melakukan hal tersebut. Alasannya, hal itu dianggap sebagai tindakan membahayakan kendaraan yang dilakukan dalam keadaan sengaja. (Baca juga: Cara Pilih Bengkel Asuransi Kendaraan Agar Klaim Tidak Repot)

Zat kimia berbahaya

Satu hal lagi yang akan menolak klaim asuransi kendaraan kamu apabila ada zat kimia yang masuk dan tercampur ke dalam kendaraan sehingga menyebabkan kendaraan rusak saat sedang kebanjiran. Pihak asuransi hanya akan menjamin dan menanggung kerugian dari risiko-risiko yang dijamin polis.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami