Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Modal 4 Juta, Mahasiswa Ini Punya Bisnis dengan Omset Puluhan Juta

by Rafly Aditia on 22 Desember, 2015

entrepreneur muda _ pinjaman UKM - CekAja.com

Sebagai seorang mahasiswa, mengaplikasikan ilmu-ilmu yang dimiliki merupakan salah satu hal yang paling diidam-idamkan. Apalagi bila ilmu tersebut diaplikasikan dalam bisnis atau usaha sendiri, pastinya dalam menjalani bisnis tersebut akan terasa lebih enjoy.

Salah seorang mahasiswa dari sebuah universitas negeri di Jakarta berbagi mengenai kisah bisnisnya yang menyediakan layanan les privat bisa meraup omset hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan kepada tim CekAja.com.

Cuma modal 4 juta rupiah bisa capai omset puluhan juta dalam sebulan

Muhammad Irwan Fauzi, atau Ozi sapaan akrabnya bercerita bahwa dalam membangun Enterprivat yang menyediakan jasa les privat tersebut bisa mencapai omset hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan itu hanya dengan bermodalkan 4 juta rupiah pada awalnya.

“Pertama kali membangun Enterprivat awal tahun 2015 lalu, modalnya sebesar 4 juta rupiah,” ujar Ozi kepada tim CekAja.com.

Dengan modal yang sanagt minim tersebut, Ozi akhirnya berhasil mengembangkan Enterprivat sampai berhasil meraih omset 25 juta rupiah dalam satu bulan dimana untuk ukuran bisnis dengan modal minim tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Rata-rata omsetnya sih berkisar 15-20 juta rupiah per bulan. Tapi, pas lagi musim ujian sekolah kemarin omset Enterprivat berhasil menembus angka 25 juta rupiah,” tambahnya mahasiswa berusia 21 tahun tersebut

(Baca juga: Apa Itu Suku Bunga Kredit dan Pengaruhnya pada Pinjaman?)

Walau banyak kendala, tetap berikan layanan terbaik ke konsumen

Dalam menjalankan bisnis les privat ini, Ozi berujar bahwa ada beberapa kendala yang seringkali membuatnya kesulitan, seperti sulitnya mencari tenaga pengahar yang siap untuk mengajar kapanpun dan dimanapun. Namun, hal tersebut tidak dijadikannya alasan untuk mengurangi service kepada konsumennya.

“Kendalanya paling susah untuk mencari tenaga pengajar yang siap untuk mengajar kapanpun dan dimanapun. Jadi, kadang masih suka nolak konsumen yang memesan hari les privat untuk hari itu, tapi kita selalu berusaha sebaik mungkin memberikan layanan yang baik kepada konsumen,” ujar pemuda yang mengambil kuliah jurusan pendidikan ekonomi tersebut.

Untuk para mahasiswa, jangan pernah takut untuk berbisnis

Bagi Ozi, pengalamanya dan pencapainnya selama ini bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi siapapun terutama kalangan mahasiswa yang ingin berbisnis. Dirinya mengatakan bahwa jangan pernah untuk takut memulai bisnis, dan perhitungkan seluruh faktor produksi yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisis secara matang.

(Baca juga: Mau Bisnis Startup dan Dapatkan Investor? Sambangi 5 Tempat Ini)

Selain itu, selalu utamakan kepuasan konsumen apabila bisnis yang kamu bangun ingin berkembang dan terus maju karena kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang paling menentukan kesuksesan bisnis kamu.

“Kalau mau mulai berbisnis jangan takut rugi serta persiapkan matang-matang faktor produksinya dan yang paling penting harus memberikan layanan yang dapat memuaskan konsumen,” tandasnya.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami