Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Modal Minim, 4 Profesi Ini Bisa Hasilkan Uang Jutaan Hingga Miliaran

by Miftahul Khoer on 9 November, 2018

Kata orang, zaman sekarang nyari duit itu gampang, tidak perlu memakai pakaian rapi untuk pergi ke kantor, berangkat pagi, pulang sore atau kadang malam. Cukup keluarkan gadget dan bikin konten yang menarik juga sudah dianggap memiliki profesi dan bisa menghasilkan banyak rupiah.  Apa benar begitu?

Modal Minim, 4 Profesi Ini Bisa Hasilkan Uang Jutaan Hingga Miliaran

Nah, CekAja kali ini akan mengulas tentang beberapa profesi yang bisa mendatangkan uang dengan hanya modal minim. Apa saja itu? Yuk simak.

(Baca juga: Kecil-Kecil Hasilkan Miliaran Rupiah Dari Youtube!)
YouTuber

Cukup dengan punya modal kamera, smartphone dan kuota internet, Anda bisa menjadi seorang YouTuber. Tanpa ketiga modal utama ini, Anda tidak akan berhasil menjadi YouTuber kaya raya.

Saat ini menjadi seorang YouTuber memang sangat menjanjikan. Banyak YouTuber di Indonesia yang sukses hingga kaya raya. Sebut saja misalnya Atta Halilintar, Raditya Dika, Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan banyak lagi.

Pendapatan para YouTuber tersebut tiap bulannya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran. Mereka mengisi konten untuk channel-channel mereka dengan unggahan-unggahan usil hingga tentang kehidupan sehari-hari.

Syarat menjadi YouTuber sukses adalah konsisten dan komitmen terhadap konten yang diunggah. Semakin menarik konten yang diunggah, semakin banyak yang nonton dan semakin banyak uang yang masuk ke rekening.

Padahal, modal awalnya boleh dibilang sederhana, yakni kamera, smartphone dan kuota. Namun, tentu saja pasti ada modal lain agar konten yang akan diunggah bisa lebih menarik. Misalnya, menambah kru yang tentunya harus dibayar.

(Baca juga: Mengintip Penghasilan Atta Halilintar, Si Anak Muda Kaya Raya)
Blogger

Jauh sebelum ramai YouTube, para blogger lebih dulu meramaikan dunia internet. Bahkan banyak yang sukses menjadi seorang blogger dengan penghasilan hingga puluhan juta. Sebut saja misalnya Anne Ahira, Sugeng Riyadi, Joko Susilo dan banyak lagi.

Blog jokosusilo.com misalnya yang konsisten mengunggah tentang dunia internet, tutorial hingga bisnis online. Dalam satu unggahan artikel, blognya bisa tembus ratusan hingga ribuan komentar. Itu artinya blognya banyak yang mengunjungi.

Semakin banyak kunjungan, maka blog akan semakin teratas di search engine. Bahkan, uang gampang masuk karena banyak pengiklan di blog tersebut. Padahal modalnya cuma komputer atau laptop dan kuota internet.

Untuk menjadi blogger sukses, Anda harus mengunggah artikel-artikel yang banyak dicari orang, konten yang menarik dan berkualitas yang mewakili pikiran para pembaca.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

Freelancer

Menjadi seorang freelancer saat ini makin banyak digemari. Selain jam kerja yang bisa fleksibel, para freelancer ini juga bisa mengambil banyak pekerjaan kepada beberapa klien, dengan catatan harus kerja secara profesional.

Profesi sebagai freelancer juga masuk dalam kategori yang tidak memerlukan modal besar. Anda cukup menguasai bidang tertentu dan memiliki peralatan penunjangnya.

Misalnya, Anda seorang penulis lepas, maka yang harus dibutuhkan adalah minimal komputer, laptop atau smartphone. Jika Anda sebagai fotografer lepas maka Anda perlu memiliki kamera. Begitu juga dengan videografer Anda perlu memiliki kamera video.

Nah, modal-modal tersebut tidak setiap saat harus dimiliki. Karena barang-barang tersebut sifatnya sebagai aset yang bisa tahan lama. Berbeda dengan ketika Anda menjadi seorang pedagang, maka setiap harinya harus ada modal yang dikeluarkan untuk membeli produk yang akan dijual kembali.

(Baca juga: Rahasia Sukses Para Youtuber Indonesia Ternyata Sederhana. Ini Bocorannya)
Selebgram

Tak usah ditanya berapa jumlah pengguna Instagram saat ini. Hingga Juni 2018 saja, pengguna sosial media berbasis foto dan video ini sudah tembus hingga 1 miliar. Jumlah pengguna tersebut ternyata dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan produknya.

Para perusahaan ini biasanya menyasar pengguna Instagram yang jumlah followernya banyak. Dengan begitu, perusahaan bisa mengukur berapa besar jangkauan produknya bisa sampai kepada masyarakat.

Namun, apakah menjadi selebgram ini harus dari kalangan selebriti atau tokoh? Tidak juga. Menjadi selebgram atau selebriti Instagram bisa berasal dari siapa saja. Biasa orang biasa hingga kalangan artis.

Kuncinya, jika seseorang ingin menjadi selebgram, maka ia harus mengunggah konten yang menarik. Modal untuk menjadi selebgram juga terhitung rendah, Anda cukup memiliki smartphone dan kuota internet.

Namun, konsistensi konten yang diunggah menjadi hal penting. Misalnya, jika Anda adalah seorang petualang atau pendaki gunung, maka unggahlah konten yang relevan dengan alam dan aktivitas tentang pendakian.

Jika Anda seorang muslimah yang tertarik dengan fesyen, maka unggahlah konten-konten tentang fesyen muslimah. Semakin Anda konsisten dengan konten tersebut maka semakin banyak perusahaan yang akan melirik akun Instagram Anda untuk diendorse.

Dan jangan salah, biaya endorse untuk selebgram yang memiliki jumlah follower banyak, biayanya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta per sekali unggah. Apakah anda mau jadi selebgram seperti Clairine Clay, Anya Geraldine atau Shirin Al Athrus yang pendapatannya puluhan juta per bulan?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami