Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Model Baju Kerja Khas Generasi Milenial

by Surtan Siahaan on 20 November, 2017

Model baju kerja memang kerap berganti-ganti. Bahkan, hanya dalam waktu kurang dari 12 bulan sudah muncul tren baru berbusana di dunia kerja.

Agar tidak ketinggalan zaman, pastikan jika model pakaian yang sedang hits ini sudah dimiliki oleh rekan CekAja. Catat, dan siapkan kartu kredit banyak promo dan diskon yang dimiliki untuk langsung berbelanja.

Busana kerja kasual

Busana kerja dengan kesal kasual sangat akrab dengan generasi milenial. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang lebih memilih busana resmi saat bekerja, generasi milenial justru punya ciri khas santai, fleksibel dan segar dalam berbusana.

Namun, harus diingat jika busana kerja kasual juga punya Batasan. Pertama, pastikan jika busana tidak terlalu ketat. Namun, bukan berarti harus memilih busana yang serba longgar.

Celana kargo skinny dengan warna gelap, kaos putih lengan panjang dan sepatu teplek (flat) bisa jadi alternatif berbusana. Kita bisa memadukannya dengan tas jinjing dan aksesoris yang minimalis seperti jam tangan.

Padukan dengan blazer agar lebih formal

Saat berada di ruang kerja, pilihan kita berbusana harus taktis. Meski lebih nyaman dengan busana yang sifatnya kasual, jangan lupakan juga kebutuhan untuk tampil formal. Misalnya jika bos di kantor mengajak kita bertemu klien.

Nah, untuk menyiasatinya sediakan setidaknya satu blazer di kantor. Pilih warna yang netral seperti hitam, krem, putih, abu-abu atau biru tua.

Blazer + jeans

Bila rekan CekAja termasuk orang yang suka mengenakan jeans, blazer juga bisa menutupi kesan kasual. Gunakan sepatu hak tinggi untuk menujang kesan profesional. Busana ini cocok untuk menghadiri kegiatan di dunia kerja yang sifatnya semi formal.

Paduan kemeja dan jeans juga bisa terlihat formal

Siapa bilang orang yang mengenakan jeans susah terlihat rapi dan formal. Jika mengenakan celana jeans, cobalah padukan dengan kemeja baik lengan panjang maupun lengan pendek.

Agar lebih terlihat formal, masukkan ujung kemeja ke dalam celana. Namun, pastikan mengenakan ikat pinggang. Usahakan agar warna ikat pinggang serasi dengan warna sepatu yang kita kenakan.

Tampil elegan

Dalam momen tertentu, kita membutuhkan tampilan yang elegan. Misalnya saat menghadiri rapat Bersama dewan komisaris perusahaan. Kita bis atampil elegan dengan mengenakan jaket, celana Panjang bahan dan sweater turtle neck. Padankan dengan tas tenteng kulit dan sepatuh high heel.

Sebulan sekali cari momen untuk mengenakan night dress

Jika rekan CekAja adalah pekerja yang terbiasa melanjutkan aktivitas setelah bekerja seperti makan malam atau sekadar minum-minum di lounge atau restoran, night dress bisa jadi pilihan.

Saat berada di kantor, kenakan blazer yang seperti disebutkan di atas sebaiknya disediakan untuk keperluan kantor. Setelah keluar dari kantor, simpan blazer tersebut dan tambahkan aksesoris seperti gelang dan anting.

Model busana pria untuk menghindari kesan konservatif

Para pria generasi millennial yang ingin menghindari kesan konservatif, disarankan untuk memilih busana dengan model kasual namun tetap rapi. Celana jeans dengan warna gelap yang dipadukan dengan kemeja lengan Panjang yang digulung hingga separuh akan tampak baik jika ujung kemeja dimasukkan. Namun ingat, jangan lupa kenakan ikat pinggang

Sweater bikin lebih terlihat santai

Ingin rapi tapi juga ingin terlihat santai, sweater tipis yang memperlihatkan kerah kemeja bisa jadi busana yang dipilih untuk itu. Jangan gulung kemeja yang menjadi dalaman. Biarkan ujung lengan kemeja sedikit lebih panjang dibandingkan sweater.

Aturan wajib berbusana ketika ingin interview kerja

Saat wawancara kerja, orang juga wajib memperhatikan busana yang dikenakannya. Jadi, jangan hanya modal konsep, pengalaman dan rasa percaya diri. Kita juga harus memberikan semua yang terbaik, tak terkecuali baju yang dikenakan.

Nah, bagi yang dalam waktu dekat akan melangsungkan wawancara kerja, berikut aturan berbusana yang bisa jadi pertimbangkan

Tampilkan kesan serius

Kesan pertama sangat penting bagi pewawancara. Untuk itu upayakan agar kita terlihat sebagai pribadi yang santai namun bisa serius.

Salah satu cara untuk terkesan serius adalah dengan mengenakan kaca mata. Sejumlah riset bahkan membuktikan anggapan ini.

Wajib tampil rapi, tapi tidak membosankan

Bagi lulusan baru, ada model berbusana yang sudah jadi kebiasan saat wawancara kerja yakni kemeja putih dipadu dengan celana atau rok hitam. Namun, lihat-lihat juga bidang pekerjaan yang mau kita lamar. Pastikan agar kita tak terlihat membosankan.

Selain harus terkesan serius dan rapi, pastikan juga 5 hal berikut ini:

  1. Pakaian tidak kusut atau kotor.
  2. Tidak menor dan berlebihan. Jika mengenakan parfum, pilih yang aromanya ringan dan bukan yang menyengat.
  3. Jangan memakai pakaian kelewat kasual seperti kaos dan celana jeans.  Jangan mengenakan sesuatu yang tidak membuatmu nyaman dan tidak percaya diri.
  4. Jika mengenakan pakaian baru, pastikan label merek dan harga sudah dicopot.

Tentang Penulis