Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mom, Ini Lho Pilihan Pinjaman untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Jaminan

by Miftahul Khoer on 27 Agustus, 2019

Seringkali ibu rumah tangga merasa kesulitan ketika hendak membutuhkan pendanaan untuk mendapat modal usaha ataupun untuk keperluan keluarga lainnya. Padahal, sudah ada beberapa pilihan pinjaman untuk ibu rumah tangga yang bisa dimanfaatkan tanpa harus menjaminkan apapun. 

pinjaman ibu rumah tangga

Menyandang gelar ibu rumah tangga boleh dibilang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Selain bisa membantu menyiapkan segala kebutuhan anak dan suami, ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan banyak waktunya untuk melakukan banyak hal.

Tak sedikit ibu rumah tangga di belahan dunia ini yang memiliki peran lebih bukan hanya sekedar ibu rumah tangga biasa. Namun, mereka dituntut untuk bisa pandai mengatur keuangan keluarga, hingga membuka usaha untuk membantu keuangan suami. 

Nah, saat ini terdapat layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga. Beberapa layanan bank dan non perbankan telah memiliki program KTA untuk ibu rumah tangga yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga digunakan untuk modal usaha. Berikut pilihan pinjaman untuk ibu rumah tangga yang bisa dimanfaatkan tanpa harus menjaminkan apapun. Cek yuk mom!

1. Pembiayaan UMi (Ultra Mikro)

Pinjaman tanpa jaminan satu ini cocok untuk ibu rumah tangga yang tak harus repot menjaminkan barang berharga. Namanya pembiayaan ultra mikro atau biasa disebut UMi. Pinjaman ini tidak melibatkan bank karena yang menyalurkannya adalah Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Sejak diluncurkan pada 2017 lalu, penyalur pembiayaan UMi antara lain oleh PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Adapun sumber dana dari penyaluran UMi berasal dari APBN serta kontribusi dari pemerintah daerah dan lembaga keuangan lokal dan global.

Besaran dana pinjaman ke UMi maksimal mencapai Rp10 juta dengan tenor maksimal 13 bulan dengan bunga yang tidak mencapai 3 persen. Pinjaman ini khusus bagi siapa saja yang memerlukan bantuan modal usaha.

Syarat pembiayaan UMi

-Tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan/koperasi.
-Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan Elektronik.
-Memiliki izin usaha/keterangan usaha dari instansi pemerintah dan/atau surat keterangan usaha dari penyalur.

(Baca juga: Cara Mudah Mendapat Pinjaman dari Koperasi Tanpa Jaminan)
2. Flexi Cash Jenius

Jenis pinjaman satu ini memang sedang menjadi buah bibir di tengah masyarakat dan juga industri perbankan. Betapa tidak, hanya dengan jari dan ponsel pintar, kamu bisa mendapat dana yang diberikan oleh Flexi Cash Jenius.

Buat ibu rumah tangga, jenis pinjaman satu ini memang layak jadi pilihan karena prosesnya pun tidak ribet. Flexi Cash merupakan salah satu gebrakan yang dikeluarkan oleh Jenius, sebuah aplikasi keluaran Bank BTPN beberapa tahun terakhir ini.

Plafon pinjaman dari Flexi Cash mencapai Rp500.000 hingga Rp50 juta dengan tenor pinjaman hingga 3 tahun. Besaran pinjaman ini bisa menjadi pilihan bagi siapapun ibu rumah tangga yang memerlukan dana untuk kebutuhan mendesak atau pendanaan untuk modal usaha.

Persyaratan pinjaman Flexi Cash Jenius

-Warga Negara Indonesia.
-Berusia 21-50 tahun.
-Memiliki KTP.
-Hanya nasabah Jenius terpilih yang bisa mengajukan fasilitas pinjaman Flexi Cash Jenius melalui aplikasi Jenius.

3. KTA Online

Memperoleh pinjaman dana di zaman sekarang sudah lebih fleksibel alias gak harus datang ke bank langsung. Ini tentu saja memudahkan siapa saja yang membutuhkan dana termasuk ibu rumah tangga. Saat ini ada banyak lembaga keuangan yang melayani fasilitas kredit tanpa agunan alias KTA secara online.

Menariknya lagi, lembaga-lembaga perbankan penyalur KTA saat ini sudah banyak kerjasama dengan perusahaan toko finansial seperti CekAja.com. Nah, di CekAja kamu bisa mengajukan pinjaman dana tanpa harus ribet.

Ada lebih dari 16 bank penyalur KTA yang telah bekerja sama dengan CekAja yang bisa dimanfaatkan untuk pinjaman dana tanpa jaminan termasuk bagi ibu rumah tangga. Caranya juga mudah, kamu hanya tinggal mengakses situs CekAja dan pilih produk KTA yang menurut kami paling menarik dari sisi bunga dan plafon pinjaman.

Persyaratan KTA

-Berkewarganegaraan Indonesia.
-Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
-Berpenghasilan tetap minimal Rp2,5 juta per bulan.
-Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga).
-Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21.
-Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir.
-Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan profesional).
-Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki).
-Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta).
-Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain).
-Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta).
-Materai.

(Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Dana Rp5 juta Buat Modal Usaha)

Nah, itulah beberapa pilihan KTA bagi ibu rumah tangga yang memerlukan dana tanpa harus menjaminkan barang berharga. Pinjaman dari KTA ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari modal usaha, pengobatan, dana khitanan, hingga dana pendidikan. Nah mom, sekarang sudah gak bingung lagi kan milih KTA buat kebutuhan?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami