Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mudahkan Pemudik, Saldo E-Money Bisa Top Up Sampai Rp2 Juta

by Gentur Putro Jati on 22 Mei, 2019

Bank Indonesia (BI) mempermudah para pemudik dengan mengizinkan perbankan menaikkan saldo maksimum uang elektronik (E-Money) unregistered menjadi Rp2 juta dari sebelumnya Rp1 juta per kartu. Kebijakan tersebut dilakukan dengan diterbitkannya Peraturan BI Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik.

kartu kredit first jobber

“Kebijakan ini ditempuh guna merespons integrasi beberapa ruas tol yang efektif dilaksanakan tahun  ini telah 100 persen nontunai menggunakan kartu uang elektronik,” jelas Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam keterangan resminya.

Selain itu, BI juga meminta Perbankan maupun Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk bekerja sama menyediakan lebih dari 100 layanan gerak E-Money di sejumlah titik peristirahatan (rest area) baik pada saat arus mudik maupun arus balik terhitung H-7 sampai dengan H+7 Idulfitri 1440 H.

“Layanan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan penyediaan sarana top up uang elektronik  bagi pemudik yang melalui jalan tol,” katanya.

(Baca juga: E-Money Mudahkan Hidupmu! Mana Saja yang Terfavorit?)

Selain itu, perbankan juga akan menyediakan lebih dari 80 ribu keeping kartu E-Money untuk mengantisipasi adanya permintaan oleh pengguna jalan tol. Edukasi kepada masyarakat dan penyediaan call center juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kendala transaksi di lapangan.

Sugeng menambahkan, secara umum langkah BI menggandeng perbankan dan pengelola jalan tol untuk membantu pelaksanaan mudik berjalan lancar dilakukan melalui beberapa hal berikut:

  1. Memastikan kesiapan teknis sarana pembayaran di gerbang tol dan penyediaan back up alat pembayaran dalam kondisi yang cukup.
  2. Tersedianya stok kartu uang elektronik di sepanjang jalur tol dalam jumlah yang cukup.
  3. Memastikan ketersediaan sarana top up uang elektronik, dan
  4. Membuka posko mudik untuk membantu pelayanan perbankan.

“Bank Indonesia mengimbau agar seluruh masyarakat, khususnya pemudik, menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup, sekaligus merawat dan menjaga agar kartu tidak rusak,” pesan Sugeng.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada saat arus mudik, BI juga melaksanakan program Peduli Mudik dengan tema “Fitrah Bersama Rupiah” yang akan dilaksanakan pada 29 Mei-2 Juni 2019 di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Pada periode tersebut, bank sentral akan menyediakan fasilitas penukaran uang pecahan kecil, penjualan kartu top up E-Money, dan refreshment untuk pemudik.

(Baca juga: Harga Tiket Pesawat Masih Mahal? Simak Tips Aman Mudik dengan Bus)

So, buat kamu yang berencana mudik tahun ini dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk top up kartu E-Money kamu untuk memperlancar pembayaran di pintu tol ya. Jangan lupa juga untuk melindungi diri dan keluarga dengan asuransi terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum